Berikut Penyebab Burung Cendet Over Birahi (OB)

Berikut Penyebab Burung Cendet Over Birahi (OB) - Sobat kicau pasti pernah mengalami masalah umum yang terjadi pada burung cendet. Masalah tersebut cukup beragam, salah satunya yaitu burung cendet over birahi. Masalah tersebut cukup mempersulit dan merepotkan pemiliknya, karena burung cendet yang sudah over birahi dapat mempengaruhi performa dan perilakunya sehari-hari.

Burung cendet yang sudah terlalu over birahi akan memiliki perilaku yang mendadak buruk, nakal dan kurang bagus jika di ikut kan lomba. Over birahi yang terjadi pada burung cendet memanglah wajar dan sering terjadi. Karena saat di alam liar, burung cendet adalah pemangsa serangga atau biasa disebut karnivora.

Lalu, mengapa saat berada di alam liar burung cendet jarang over birahi? Jawabannya adalah karena birahi tersebut biasanya tersalurkan. Berbeda lagi dengan burung cendet yang berada di rumahan, namun apakah burung cendet di larang birahi? Sebenarnya, birahi pada burung cendet juga sangat diperlukan.

Baca Juga: Cara Jitu Mengatasi Burung Cendet Over Birahi

Apalagi saat berada di gantangan, burung cendet harus dalam kondisi top dan pastikan birahinya sedang meningkat. Namun, sobat harus memastikan bahwa birahinya pas. Nah, jika sobat sedang mengalami masalah tersebut dan kesulitan untuk mengatasinya jangan khawatir.


Penyebab Utama Burung Cendet Over Birahi

Yang perlu sobat ketahui terlebih dahulu yaitu penyebab over birahi pada burung cendet tersebut, karena tidak mungkin birahi burung cendet tiba-tiba meningkat tanpa sebab. Oleh karena itu simak beberapa penyebab cendet over birahi, antara lain:
  1. Penyebab over birahi pada burung cendet yaitu kandungan protein yang terdapat dalam pakan yang di konsumsi oleh burung cendet secara berlebihan.
  2. Pemberian perawatan yang kurang teratur atau tidak konsisten, contohnya seperti jarang melakukan penjemuran, jarang dimandikan dan proses perawatan lainnya.
  3. Burung cendet jantan yang seringkali melihat burung cendet betina sedang di gantung di dekatnya, sehingga mengakibatkan birahi yang berkepanjangan dan meningkat.
  4. Dalam melakukan pengumbaran kurang maksimal.
  5. Selalu menggunakan terapi full kerodong pada burung cendet.
  6. Durasi penjemuran burung cendet kurang lama dan kurang maksimal.

Demikian itulah beberapa penyebab burung cendet menjadi over birahi, jika sobat memberikan perawatan yang baik dan konsisten pasti burung cendet akan menjadi normal dalam waktu cepat. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat kicau semua. Salam Kicau Mania Indonesia!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url