Cara Ampuh Mengatasi Burung Cendet Macet Bunyi

Cara Ampuh Mengatasi Burung Cendet Macet Bunyi - Seperti yang kita ketahui, semua jenis burung pasti pernah mengalami masalah salah satunya macet bunyi. Nah, kali ini saya akan membahas seputar masalah yang dialami burung cendet yaitu macet bunyi berserta cara mengatasinya. Banyak orang yang mengenal burung cendet karena memiliki suara kicau yang merdu dan juga mempunyai variasi suara kicauan yang banyak.

Selain itu burung yang satu ini juga pandai menirukan suara kicauan burung lain. Maka tidak heran jika burung cendet ini dijadikan burung yang layak mengikuti lomba burung berkicau, karena dalam perlombaan burung berkicau juri lebih menonjolkan dalam penilaian suara burung. Sehingga jika memilih burung ini untuk diikutsertakan dalam lomba merupakan pilihan yang tepat bagi kita.

Dilansir dari https://www.jendelapet.com, burung cendet memiliki banyak jenis dan setiap jenisnya memiliki karakter yang berbeda. Jika kalian mengharapkan burung cendet cepat bunyi, maka kita juga harus memberinya perawatan yang baik dan peka terhadap kondisinya. Selain itu perhatikan juga makanan yang diberikan untuk mencukupi nurtisi yang di butuhkan burung.

Banyak sekali faktor-faktor penyebab burung cendet mengalami macet bunyi. Penyebab tersebut terjadi pastinya tidak lepas dari lingkungan sekitar kita, namun janganlah khawatir. Saya akan membagikan tips ampuh untuk mengatasi burung cendet yang macet bunyi, yang bisa kalian lakukan dirumah dengan mudah.


Berikut Cara Cepat Mengatasi Burung Cendet Macet Bunyi

1. Lakukan pengembunan secara rutin

Bagi yang pemula, pengembunan adalah suatu proses dimana burung cendet harus dikeluarkan pada saat fajar atau setelah shubuh. Kegiatan pengembunan wajib dilakukan sebelum matahari mulai terbit. Dengan begitu burung cendet nantinya akan merasakan relaksasi, sehingga burung akan lebih fresh jika di lakukan pengembunan setiap hari secara rutin. Selain itu pengembunan juga dipercaya para kicau mania dapat merangsang burung bakalan cendet agar bunyi.

2. Memberinya jahe

Burung cendet yang mengalami macet bunyi pasti memiliki penyebab, salah satu penyebab cendet macet bunyi yaitu burung mengalami sakit tenggorokan. Biasanya jika burung cendet mengalami sakit tenggorokan dapat disembuhkan menggunakan jahe, yakni dengan cara menumbuk jahe tersebut atau bisa juga digeprek lalu direndamkan ke dalam air minumnya.

Kenapa menggunakan jahe? Karena dengan jahe tenggorokan burung akan menjadi lebih hangat sehingga merasa lebih lega. Jika tenggorokannya lega, burung cendet yang awalnya macet bunyi bisa menjadi gacor lagi.

3. Memberikan pakan tambahan

Kalian harus tahu bahwa burung cendet juga membutuhkan tambahan makanan supaya burung cepat bunyi hingga gacor. Biasanya cendet yang macet bunyi juga disebabkan karena kurangnya pakan tambahan dan kurang nutrisi juga. Pakan tambahan yang bisa kalian berikan untuk burung cendet yaitu kroto, ulat, belalang, dan jangkrik. Untuk porsinya disesuaikan dengan kebutuhan burung saja, jika memang kurang nutrisi bisa ditambahkan dan jika normal bisa dikembalikan seperti biasanya.

4. Penjemuran

Pada dasarnya proses penjemuran untuk burung cendet mampu meningkatkan bunyi pada burung cendet. Untuk perawatannya, burung cendet bisa kalian jemur setiap harinya secara rutin. Dengan begitu nantinya burung cendet akan mengalami masa birahi yang stabil sehingga akan tetap semangat bunyi. Cara tersebut mampu mengatasi masalah yang terjadi pada burung cendet, yang awalnya macet bunyi menjadi bunyi kembali.

5. Memberikan madu dan buah

Biasanya burung cendet yang mengalami macet bunyi, bisa juga disebabkan karena burung cendet keracunan. Jika burung cendet kalian mengalami keracunan akibat memakan serangga yang beracun tanpa disengaja bisa kalian atasi dengan memberinya madu. Karena madu bisa menjadi obat pertolongan pertama bagi burung cendet yang sedang keracunan serangga. Selanjutnya, kalian juga bisa memberinya buah papaya yang di potong kecil-kecil.

Cara memberikan buah pada cendet cukup gampang, kalian bisa taruh di tempat pakan atau diberikan secara langsung. Kenapa memberikan papaya untuk cendet yang keracunan? Karena buah papaya dapat menetralisir racun dalam pencernaan burung. Setelah itu, perawatan selanjutnya bisa kalian berikan obat dan vitamin untuk pemulihan.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara ampuh untuk mengatasi burung cendet macet bunyi, jangan khawatir jika burung cendet kalian mendadak macet bunyi karena jika sudah mengetahui penyebabnya pasti akan sangat mudah untuk menanganinya. Salam Cendet Mania Indonesia!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url