Cara Ampuh Mengatasi Burung Cendet Gagal Mabung

Cara Ampuh Mengatasi Burung Cendet Gagal Mabung - Halo sobat cendet Indonesia! Jumpa lagi dengan saya, seperti biasa kali ini saya akan membagikan tips seputar burung cendet dan burung berkicau. Nah, tips yang akan saya bagikan yaitu cara mengatasi burung cendet yang gagal mabung. Saya membuat artikel ini sesuai permintaan dari para cendet mania yang memiliki burung cendet macet mabung atau lebih biasa disebut gagal mabung.

Burung cendet merupakan burung berkicau yang sangat disukai banyak orang, karena memiliki banyak ketrampilan. Selain itu burung cendet juga mampu menirukan berbagai suara jenis burung kicau dengan baik, oleh karena itulah burung cendet digemari para kicau mania. Selain itu pasti pada umumnya, semua jenis burung mengalami fase pergantian bulu.

Proses itulah yang disebut mabung pada burung. Namun, ada juga yang mengalami keterlambatan dalam pergantian bulu pada burung. Mungkin saat di alam liar proses mabung sangat lancar, tapi tidak bagi burung yang diperlihara atau sengaja diternak. Karena saat ini juga banyak seorang peternak burung cendet yang mengalami gagal mabung dan menjadi penyebab cendet macet bunyi dan tidak mau kawin.

Nah, jika sobat adalah salah satu pemelihara cendet atau peternak dan mengalamai permasalahan ini pada burung cendet kalian. Berikut ini adalah beberapa macam cara mengatasi cendet mabung yang bisa sobat lakukan dirumah.


Cara Cepat Mengatasi Cendet Gagal Mabung

1. Menggunakan daun pandan

Cara yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi burung cendet gagal mabung yaitu menggunakan daun pandan. Caranya yaitu potonglah daun pandang menjadi kecil-kecil, setelah itu letakkan di dasar sangkar burung cendet. Jika sobat ingin cara ini lebih efektif, sobat juga bisa mengkrodong sangkar tersebut secara full selama beberapa hari atau sampai terlihat bulu-bulunya mulai berjatuhan.

Jika sudah, sobat bisa mengganti daun pandan yang lama dengan yang baru dan fresh. Dalam hal ini daun pandan berfungsi sebagai pewangi di dalam sangkar, mengingat burung cendet yang dikerodong secara terus menerus tentunya bau kotoran pada sangkar akan membuat cendet kurang nyaman. Oleh karena itu diberikan daun pandan agar aroma wangi di dalam sangkar tetap terjaga dan lebih membuat burung cendet rileks untuk menyelesaikan masa mabungnya.

2. Menyuplai dengan voer ayam

Banyak sekali pemilik burung cendet yang menggunakan cara ini untuk mengatasi cendetnya yang gagal mabung, yaitu mengganti voer burung dengan voer ayam. Mungkin cara ini terdengar sangatlah aneh, namun jika dilihat secara logika spesies ini juga sama-sama unggas. Lagi pula cara ini juga termasuk cukup jelas yaitu bertujuan supaya merangsang burung menjadi cepat mabung dengan lancar.

Kenapa harus memilih voer ayam? Karena voer ayam memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan voer burung. Belilah voer ayam dengan kualitas yang paling bagus agar kadar proteinnya juga lebih tinggi.

3. Menggunakan kulit jeruk

Sangat menarik dan unik sekali, ternyata kulit jeruk juga mampu mengatasi masalah pada burung kicauan. Apalagi masalah burung mabung, kulit jeruk memang bisa mengatasi masalah yang terjadi pada burung saat proses mabung. Contohnya yaitu macet dan gagal mabung sehingga pergantian bulu tidak tuntas.

Jika sobat memang tertarik menggunakan cara ini, caranya yaitu kumpulkanlah terlebih dahulu kulit jeruk yang masih fresh. Jika sudah terkumpul, semuanya bisa di taruh pada dasar sangkar burung. Sama halnya seperti menggunakan daun pandan tadi, cara ini juga harus dibarengi dengan pengkerodongan selama beberapa hari kedepan. Saat kulit jeruk sudah mengering bisa diganti dengan yang baru agar aromanya fresh lagi.

4. Memberikan susu bubuk

Cara ampuh selanjutnya untuk mengatasi burung cendet gagal mabung yaitu dengan memanfaatkan susu bubuk yang berwarna putih tanpa rasa. Pemberian susu bubuk ini pada saat terjadi masalah selama proses burung mabung. Sobat bisa mencampurkan susu bubuk tersebut dengan voer, cara inilah yang diyakini dapat mempercepat proses kerontokan bulunya.

5. Menggunakan daun sirsak

Tahukah sobat, ternyata daun sirsak juga tidak kalah dengan kulit jeruk. Saat burung cendet sobat sedang mengalami gagal mabung, sobat bisa mengatasinya dengan daun sirsak. Caranya yaitu ambilah 7-10 helai daun sirsak yang menguning. Kemudian taruhlah didasar sangkar selama beberapa hari sampai daun kering. Untuk pemberian daun sirsak ini, bisa sobat berikan saat proses mabung masih berlangsung.

Akhir Kata

Demikian itu adalah beberapa cara merawat burung cendet gagal mabung. Lakukanlah cara diatas secara rutin supaya burung cendet cepat mabung dan lancar. Sekian artikel pada hari ini, semoga bermanfaat untuk sobat cendet semua. Nantikan artikel selanjutnya seputar burung cendet dan burung berkicau lainnya hanya di bangparid.com. Salam Cendet Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url