Cara Jitu Mengatasi Burung Cendet yang Terlalu Galak

Cara Jitu Mengatasi Burung Cendet yang Terlalu Galak  - Pernahkah kamu sebagai pemilik burung cendet mengalami permasalahan burung cendet terlalu galak? Bagi para pecinta burung cendet atau cendet mania pasti pernah mengalami hal ini, karena setiap orang yang memelihara burung cendet sudah lama pasti pernah mengalami hal tersebut.

Burung cendet adalah hewan yang agresif dan aktif, mereka sering memangsa serangga ketika di alam liar. Sehingga burung cendet ini memiliki naluri sebagai pemburu yang sangat agresif dan juga galak. Selain itu, burung cendet juga di juluki sebagai hewan karnivora. Burung cendet yang awalnya jinak menjadi galak sangatlah merepotkan pemiliknya. Coba bayangkan, betapa menderitanya sang pemilik karena burung cendet peliharaan selalu mematuki tangannya ketika mengganti pakan atau memberi air minum.

Perlu kamu ketahui, bahwa burung cendet memang mudah berubah sikap. Terkadang sangat manja dan kadang juga sangat galak. Namun sebagai pemilik jangan pernah menyerah dan membiarkannya begitu saja. Tetaplah memberikan perawatan yang terbaik supaya burung cendet bisa pulih seperti sedia kala.

Tetapi perubahan sikap burung cendet tersebut pasti ada penyebabnya. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui penyebab burung cendet terlalu galak. Mengapa harus mengetahui penyebabnya? Karena supaya lebih mudah untuk mengatasinya dan untuk kewaspadaan agar masalah yang sama tidak terulang lagi.


Berikut Cara Mengatasi Burung Cendet yang Terlalu Galak Dengan Perawatan Harian

1. Mengatur jadwal pemberian EF

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi burung cendet yang terlalu galak yaitu aturlah pemberian ulang EF. Tujuan pengaturan ulang EF yaitu agar burung cendet tidak bertambah galak. Jika saat ini porsi jangkrik sekitar 10 ekor perhari yang diberikan pada pagi dan sore, maka kurangilah menjadi 50-70% atau bisa juga sekitar 3-5 ekor jangkrik perhari.

Namun jika saat ini jangkrik hanya diberikan 2-3 ekor setiap harinya, untuk pengaturan ulangnya kamu bisa menambahkan porsi EF. Contoh yaitu bisa kamu berikan menjadi 5-7 ekor perhari hingga kondisinya normal. Atau sampai burung cendet menjadi tidak galak lagi, dan bisa kamu berikan perawatan seperti semula.

2. Jangan menjemur terlalu berlebihan

Burung cendet galak juga dapat disebabkan karena over birahi. Over birahi terjadi karena penjemuran yang terlalu berlebihan, untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa mengurangi durasi penjemuran pada burung cendet. Waktu ideal untuk penjemuran burung cendet yaitu sekitar 1,5 sampai 2 jam perhari, yang biasanya di mulai pukul 06.30 pagi atau jika matahri sudah mulai terbit.

Tapi ada juga jalan alternatifnya yaitu melakukan pengembunan. Keluarkan burung di waktu fajar atau paling lambatnya sebelum jam 5 pagi untuk diembunkan. Burung bisa kamu gantang di lokasi atau tempat yang akan terpapar sinar matahari ketika terbit.

3. Terapi mandi malam

Untuk mengatasi burung cendet galak, cara selanjutnya yaitu menggunakan metode mandi malam. Karena dengan mandi malam dapat menurunkan perilaku galak pada burung cendet. Metode mandi malam tersebut bisa kamu lakukan pada jam 19.30 sampai jam 21.00.

Jika burung sudah selesai dimandikan, jangan lupa segera dianginkan di tempat yang hangat berlampu. Jika bulunya sudah mengering, kemudian berikanlah kerodong supaya burung cendet dapat istirahat dengan tenang dan nyaman.

4. Menjauhkan dari burung kecil

Jika burung cendet masih dalam perilaku galaknya, usahakan jangan sampai melihat burung kecil. Karena insting burung cendet untuk membunuh kerap kali muncul di saat melihat mangsanya. Jika bermaksud untuk melakukan pemasteran, jangan lupa untuk mengerodong sangkar burung cendet.

Kalau sampai tidak di kerodong, proses pemasteran tidak akan berjalan lancer. Malah burung cendet akan bersikap agresif dan galak seperti ingin keluar dari sangkar untuk memangsa burung kecil tersebut.

5. Memperhatikan asupan nutrisi

Kamu ssebagai pemilik burung cendet harusnya selalu memperhatikan asupan nutrisinya. Jika kamu sudah memberikan makanan dan minuman yang cukup, kamu bisa menambahkan pemberian vitamin supaya stamina dan nutrisinya tetap terjaga. Karena jika nutrisi pada burung cendet tercukupi, burung tidak akan mudah berubah sikap.

Akhir Kata

Demikian itulah cara mengatasi burung cendet yang terlalu galak dengan perawatan yang benar. Jika kamu sedang berada di masalah tersebut, terapkanlah cara di atas dan lakukan dengan konsisten supaya hasilnya maksimal. Sekian artikel pada hari ini, jika ada pertanyaan, kritik dan saran langsung tulis di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa. Salam sobat kicau mania Indonesia!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url