Berikut Penyebab Burung Cendet Terlalu Galak

Berikut Penyebab Burung Cendet Terlalu Galak - Halo Cendet Mania Indonesia! Jumpa lagi dengan saya, seperti biasa saya akan mengulas setiap permasalahan yang ada pada burung berkicau. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas penyebab burung cendet terlalu galak. Seperti yang anda ketahui, bahwa burung cendet adalah burung yang agresif dan juga aktif. Burung satu ini di kenal sangat ganas, karena di alam liar nya selalu memangsa serangga dan burung-burung kecil.

Selain itu burung cendet juga biasa di sebut hewan karnivora, maka dari itu burung cendet memiliki sifat yang galak dan karakter yang buas. Hal tersebut memang dianggap wajar, apalagi jika burung cendet bakalan yang baru di rawat. Karena burung cendet bakalan yang baru di beli atau baru di tangkap dari hutan pasti akan memberontak atau biasa disebut dengan burung cendet giras.

Oleh karena itu burung cendet bakalan tersebut membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Namun, bagimana jika masalah ini terjadi pada burung cendet yang sudah lama di pelihara? Pasti anda sangat khawatir, karena burung cendet yang biasanya jinak menjadi galak.

Tenang, berubahnya sikap burung cendet menjadi galak pasti ada faktor penyebabnya. Dan pasti ada solusi untuk mengatasi burung cendet galak tersebut. Sebelum itu anda harus mengetahui penyebab burung cendet galak terlebih dahulu. Karena jika sudah mengetahui penyebabnya, anda bisa menghindari hal-hal tersebut.


Berikut Penyebab Burung Cendet Menjadi Galak

1. Burung cendet bertemu lawan jenisnya

Sama dengan manusia, ternyata burung cendet juga memiliki ketertarikan dengan lawan jenisnya. Tahukah anda, bahwa burung cendet yang tidak pernah di pertemukan dengan lawan jenisnya justru akan lebih galak dibandingkan dengan burung cendet lainnya.

Jika burung cendet dalam keadaan normal, mereka akan sering berkicau. Tapi karena tidak di pertemukan dengan lawan jenisnya burung cendet akan berubah menjadi sangat galak. Hal tersebut sangatlah berpengaruh terhadap kualitas kicauan burung cendet.

2. Burung cendet memasuki masa perkawinan

Sebagai pemilik burung cendet, anda harus bisa mengetahui kapan masa kawin burung cendet. Biasanya perubahan sikap burung cendet yang jinak menjadi galak, merupakan suatu tanda bahwa cendet sudah memasuki masa kawin.

Karena masa kawin pada burung cendet merupakan fase di mana anda tidak bisa melewatkannya. Maka dari itu, burung cendet harus mengalami masa kawin untuk berkembang biak.

3. Perawatan cendet kurang maksimal

Perubahan perilaku burung cendet juga dapat disebabkan dari pemberian perawatan yang kurang maksimal, sehingga burung cendet menjadi sangat galak dan buas. Jika anda memang berniat untuk memelihara burung cendet, berikanlah perawatan dengan maksimal.

Perawatan yang umum di berikan yaitu proses memandikan dan penjemuran secara rutin. Jangan sampai perawatan tersebut anda lewatkan, karena bisa membuat burung cendet berubah sikap.

4.  Burung cendet kekurangan nutrisi

Penyebab burung cendet menjadi galak selanjutnya adalah kekurangan nutrisi. Nutrisi sangatlah penting untuk burung cendet, jika burung cendet memiliki nutrisi yang cukup pasti akan berkicau dengan sangat keras dan lantang.


Maka dari itu anda harus memperhatikan kandungan nutrisi pada pakan burung cendet. Kekurangan nutrisi tidak hanya karena makanan, namun juga kurangnya air untuk minum. Apalagi jika tidak diberikan makanan tambahan, pasti kebutuhan nutrisinya akan semakin berkurang.

5. Karakter bawaan burung cendet

Penyebab burung cendet terlalu galak juga bisa terjadi karena faktor ekstrenal, tapi untuk masalah seperti ini faktor internal pun juga dapat menjadi penyebabnya. Burung cendet sangat berpengaruh dengan emosinya, maka dari itu bisa jadi burung cendet menjadi galak karena sifat alami yang sudah ada dalam dirinya. Karena tidak dapat dipungkiri, burung cendet yang memiliki sikap bawaan seperti itu akan dapat berubah menjadi galak.

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa penyebab burung cendet menjadi galak, berikanlah perawatan yang maksimal agar burung cendet tetap sehat dan tidak berubah karakter. Sekian artikel pada hari ini, jika ada pertanyaan, saran atau komentar langsung tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat untuk anda semua, dan terima kasih sudah berkunjung.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url