Dijamin Ampuh! Tips Jitu Mengatasi Burung Cendet Giras

Dijamin Ampuh! Tips Jitu Mengatasi Burung Cendet Giras - Seperti biasa pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar permasalahan pada burung cendet dan memberikan solusi atau cara untuk mengatasinya. Saya akan membagikan tips tentang cara mengatasi burung cendet yang giras. Burung cendet merupakan salah satu jenis predator alami yang berada di alam. Namun, burung ini sangatlah populer menjadi hewan peliharaan. Jika kamu mendapatkan burung cendet yang masih muda dan hasil dari tangkapan liar pasti memiliki sifat giras dan salto.

Hal itu karena sudah dapat dipastikan, jika burung cendet tersebut hasil dari tangkapan hutan tentu seringkali terlihat giras dan sulit untuk jinak. Jika di dekati oleh manusia, burung cendet tersebut akan ketakutan dan merasa tidak nyaman. Sehingga burung cendet tersebut akan menabrakkan dirinya ke dinding sangkar dan terbang kesana kemari.

Baca Juga: Seminggu Burung Cendet Langsung Jinak, Berikut Caranya

Burung giras sangat identik dengan burung yang penakut, biasanya mereka merasa terganggu dengan sesuatu. Apalagi burung hasil tangkapan liar, mereka sudah terbiasa tinggal dalam hutan. Sehingga saat ditempatkan di lingkungan baru mereka merasa terganggu dan tidak nyaman. Sesuatu yang membuat mereka merasa terganggu biasanya seperti motor, mobil, hewan predator lain atau orang-orang yang biasa berlalu-lalang di sekitarnya.

Oleh karena itulah burung cendet merasa ketakutan, bahkan untuk mengeluarkan suara pun mereka juga takut. Untuk mengatasinya, kamu harus merawatnya dengan penuh kesabaran. Biarkan burung cendet beradaptasi dengan lingkungan barunya. Supaya nantinya burung cendet tidak mudah stress. Berikut ini cara mengatasi burung cendet giras dengan mudah.


Cara Mudah Mengatasi Burung Cendet Giras Dengan Cepat

1. Terapi keramaian

Biasanya burung cendet yang baru dibeli atau hasil tangkapan liar memang giras dan galak. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba melakukan terapi keramaian pada burung cendet. Dengan cara letakkanlah burung cendet di lokasi yang ramai dan banyak orang berlalu-lalang. Contohnya, seperti di pinggir jalan, di teras rumah lantai dua, ruang tamu dan tempat ramai lainnya.

2. Terapi mandi basah kuyup

Cara mengatasi burung cendet yang giras tidak hanya di letakkan di tempat yang ramai saja. Namun kamu juga bisa mengatasinya dengan memandikan burung cendet sampai basah kuyup. Cara memandikannya cukup mudah, peganglah burung cendet tersebut dengan tangan lalu masukkanlah burung ke dalam baksom yang berisi air.

Kemudian, tangan yang satunya mengelus tubuh burung cendet dengan sentuhan lembut sampai burung basah kuyup. Kamu bisa melakukan cara tersebut sampai burung cendet tidak giras lagi.

3. Terapi lapar

Burung cendet yang giras dan galak, bisa diatasi dengan cara memberikan terapi lapar. Cara melakukan terapi lapar yaitu ambil lah makanan burung cendet pada jam 21.00 malam sampai keesokan harinya. Saat pagi hari, kamu bisa mengembunkan, dimandikan dan lanjut dijemur seperti biasanya.

Biarkanlah burung cendet hanya minum saja, supaya mereka merasa lapar. Jika mereka sudah merasa lapar, berikanlah jangkrik sedikit saja. Atau berikanlah pakan dengan porsi yang lebih sedikit di dalam cepuk. Jangan memberikan pakan langsung dari tangan, karena nantinya burung cendet terlalu jinak dan menjadi penyebab burung cendet miyik.

4. Terapi mandi malam

Untuk melakukan terapi mandi malam, tidak harus dilakukan pada tengah malam ya. Kamu bisa melakukan terapi tersebut dari setelah sholat isya sampai jam 21.00 malam. Jika kamu memandikan burung cendet terlalu malam, nantinya burung akan merasa kedinginan dan jatuh sakit.

Jadi, memandikannya cukup disemprot saja sampai bulunya terlihat basah. Kemudian angin-anginkan burung dekatkan dengan lampu. Setelah itu full kerodong lagi dan biarkan burung cendet beristirahat.

5. Sering ajak jalan-jalan

Jika kamu sudah melakukan empat cara diatas untuk mengatasi burung cendet agar tidak giras lagi, kamu bisa mengajak jalan-jalan burung cendet. Kenapa saya menyarankan hal ini? Sebenarnya manfaatnya cukup banyak, yaitu bisa membuat burung cendet tidak takut dengan orang sekitarnya dan melatih mental burung cendet agar nantinya bermental kuat dan fighter.

Akhir Kata

Demikian itulah cara mengatasi burung cendet yang giras dengan mudah. Lakukanlah terapi diatas untuk mengatasi burung cendet yang giras, jika dilakukan dengan telaten pasti hasilnya akan memuaskan. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa. Salam Cendet Legend Indonesia!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url