Seminggu Dijamin Burung Cendet Jinak Total! Berikut Caranya

Seminggu Dijamin Burung Cendet Jinak Total! Berikut Caranya - Halo sobat cendet Indonesia! Jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan membagikan tips cara menjinakkan burung cendet dengan cepat. Kebanyakan saat ini para pecinta burung dihadapkan dengan masalah burung yang grabakan atau giras. Burung grabakan itu apa sih? Burung grabakan seperti burung yang giras, atau burung yang gesit. Jika terjadi hal tersebut pada burung, cara menanganinya cukup sulit.

Namun bukan berarti sulit, burung yang giras tersebut tidak bisa dijinakkan. Jika anda memiliki burung cendet yang giras dan gampang takut dengan sesuatu, anda jangan khawatir. Burung yang giras itu termasuk burung yang penakut, sebaiknya anda harus mengamatinya terlebih dahulu. Burung yang giras pasti ada penyebabnya, biasanya karena faktor lingkungan juga.

Jika burung cendet peliharaan anda ditempatkan di tepi jalan atau di tempat yang ramai, mereka akan menganggap bahwa semua yang melintas sebagai ancaman baginya. Sehingga burung cendet ini menjadi semakin takut apalagi ditambah ada hewan predator lain, burung cendet akan stres dan macet bunyi.


Penyebab Burung Cendet Giras

Nah, sebelum masuk ke cara menjinakkan burung cendet. Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab burung cendet menjadi giras. Penyebab burung menjadi giras yaitu karena mereka baru ditangkap dari alam liar, sehingga belum terbiasa dengan rawatan manusia. Karena burung perlu adaptasi serta penyesuaian dengan lingkungan sekitarnya.


Selain itu bisa juga karena burung sedang stress, karena gangguan dari hewan lain. Hewan yang menurutnya sebagai pengganggu yaitu kucing, anjing atau hewan lainnya. Atau anda yang harus intropeksi, tanpa anda sadari perawatan yang diberikan tidak sesuai dengan kemauan burung dan tidak tepat dengan pola perawatan yang sesuai. Analisa dari giras yaitu terganggunya mental psikis burung cendet.

Berikut Cara Menjinakkan Burung Cendet Dengan Mudah dan Cepat

1. Memberikan terapi pemandian

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu anda harus lebih sering memandikan burung peliharaan. Meskipun katanya jika burung terlalu sering dimandikan bisa menjadi gembung dan berbagai penyakit lainnya. Tetapi proses pemandian ini harus dilakukan dengan aturan yang sesuai. Pemandian harus dilakukan setiap hari, dalam satu hari anda harus memandikan minimal 2 sampai 3 kali. Yaitu diberikan di waktu pagi, sore, dan malam hari, tergantung kondisi burung cendet.

Memandikan burung bertujuan agar burung cendet menjadi lebih tenang. Karena pada saat itulah burung mampu melihat lingkungan sekitarnya dengan santai. Jika burung masih dalam keadaan basah, mereka akan lebih tenang dibandingkan saat kering akan lebih grabakan. Jika anda menjinakkan burung cendet saat badannya kering, bisa-bisa burung akan terluka atau cidera karena sering menabrakkan tubuhnya ke sangkar.

Untuk cara pemandiannya, anda bisa memandikannya dengan cara disemprot memakai sprayer sampai basah seluruh badan. Setelah selesai dimandikan burung sudah basah lalu letakkan kandang atau sangkarnya di permukaan tanah, jangan digantung. Karena kalau digantung burung akan merasa sangat nyaman, jadi akan sulit untuk berkontak langsung dengan manusia dan hewan juga kendaraan yang ada disekitar, sehinga proses penjinakkannya akan gagal.

2. Siapkan sangkar yang tepat

Untuk menjinakkan burung cender, anda harus menggunakan sangkar yang tepat untuk menunjang burung cendet supaya cepat jinak. Bagaimana sih sangkar yang tepat untuk burung cendet dalam tahap penjinakkan? Yaitu dengan menggunakan sangkar yang agak kecil dengan ukuran 30x30 cm dengan jarak ruji ukuran 1/2 cm.

3. Penempatan sangkar burung

Cara yang kedua yaitu tentang penempatan sangkar atau kandangnya. Pada saat malam hari, burung harus dimasukkan ke dalam rumah tapi jangan digantung diatas, cukup letakkan di lantai saja. Namun, sebelum itu anda harus memastikan bahwa di dalam rumah tidak ada hewan predator lain seperti semut, serangga, kucing, dan tikus atau hewan predator lain yang bisa membuat burung cendet terganggu.

Jika burung cendet sering melihat orang berlalu-lalang disekitarnya itu adalah hal yang baik. Anda pun juga bisa menaruhnya di dekat ruang televisi, supaya burung bisa berbaur dengan sekeluarga sehingga akan terbiasa nantinya.

4. Terapi lapar

Mungkin bagi para kicau mania sudah tidak asing lagi dengan terapi yang satu ini. Terapi lapar merupakan terapi yang digunakan untuk melatih burung makan voer atau untuk menjinakkan burung. Cara untuk melakukan cara ini cukup mudah, anda hanya perlu mencopot pakan pada sangkar cendet dan hanya sisakan minumnya saja di malam hari.

Ketika sudah pagi hari sekitar jam 6, anda bisa mengeluarkan cendet dan tempatkan sangkar di tempat yang rendah hingga 1 jam. Lalu berikan jangkrik melalui tangan agar burung cendet mengira anda merupakan pahlawan yang memberikan makanan untuk menyelamatkan hidupnya dari kelaparan.

5. Tahap Penjemuran

Penjemuran juga penting untuk burung cendet yang sedang dalam tahap penjinakkan. Untuk penjemuran, anda bisa melakukan dari jam 08.00 sampai 09.00 saja. Meskipun begitu, anda harus tetap melakukan penjemuran di bawah atau pinggir jalan yang ramai orang lewat.

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa tips menjinakkan burung cendet dengan mudah dan cepat. Jika ada hal yang kurang jelas dari ulasan di atas, anda boleh komen langsung dikolom komentar ya sobat. Sekian artikel pada hari ini, semoga bermanfaat untuk sobat semua. Salam Cendet Legend Indonesia!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url