Cara Jitu Mengatasi Burung Kacer Keracunan

Cara Jitu Mengatasi Burung Kacer Keracunan - Halo sobat kacer mania dimanapun Anda berada! Jumpa lagi dengan saya di blog Bang Parid. Seperti biasa saya akan mengulas artikel dan membagikan tips seputar burung berkicau, dan di artikel kali ini saya akan memberikan tips seputar permasalahan pada salah satu burung berkicau yaitu burung kacer. Permasalahan kali ini yaitu burung kacer yang mengalami keracunan.

Burung kacer yang mengalami keracunan, tidak bisa dibiarkan begitu saja, Anda harus menangani permasalahan tersebut karena hal itu merupakan permasalahan yang serius. Jika Anda tidak segera menangani hal ini, maka akan membuat burung kacer nyilet dan berakibat fatal pada burung kacer Anda bahkan bisa menyebabkan burung kacer mati.

Tentu Anda tidak menginginkan burung kacer gacoan Anda mengalami hal tersebut. Namun untuk burung yang keracunan, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Lalu, apa saja penyebab burung kacer keracunan? Simak ulasan dibawah ini, sebagai berikut:

  • Keracunan cat sangkar baru.
  • Keracunan serangga yang mengandung racun.
  • Keracunan voer kadaluarsa.
Itulah beberapa penyebab burung kacer yang mengalami keracunan. Namun yang sering menjadi penyebab dari burung kacer keracunan yaitu memakan serangga beracun seperti kaper. Hal ini sering terjadi pada burung,terutama burung pemakan serangga. Lalu, bagaimana cara mengatasi kacer keracunan? Berikut beberapa cara untuk menangani burung kacer yang mengalami keracunan.

Cara Ampuh Mengobati Burung Kacer Keracunan

1. Menggunakan air kelapa hijau

Cara pertama untuk mengatasi burung kacer yang keracunan yaitu dengan menggunakan air kelapa hijau. Seperti yang kita semua tahu, sejak dulu air kelapa hijau dipercaya dapat menetralisir atau menghilangkan racun yang masuk kedalam tubuh. Anda bisa memberikan air kelapa hijau dengan menuang airnya di tempat minum. Tetapi jika burung kacer sudah lemas, Anda bisa memegang kacer dan meneteskan langsung di paruh si kacer.

2. Menggunakan getah daun pepaya

Untuk cara mengobati kacer yang keracunan, Anda juga bisa menggunakan getah daun pepaya. Siapa sangka ternyata dari getah daun pepaya bisa menghilangkan racun pada tubuh. Untuk cara pengobatannya yaitu dengan meneteskan langsung getah daun pepaya ke mulut burung kacer.

Namun bagi Anda yang masih ragu dengan cara yang satu ini, Anda bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan merebus daun pepaya lalu tambahkan madu secukupnya. Setelah air rebusan tersebut dingin, Anda bisa meminumkannya pada burung kacer.

3. Menggunakan gula aren

Cara terakhir untuk mengobati kacer yang keracunan yaitu dengan menggunakan gula aren. Gula aren dipercaya ampuh untuk mengatasi burung kacer keracunan. Caranya cukup mudah, Anda perlu mengiris gula kecil-kecil lalu lolohkan langsung ke mulut burung kacer.

Penutup

Itulah beberapa cara menangani burung kacer keracunan. Anda bisa langsung mempraktikkan salah satu cara tersebut sesuai ulasan diatas. Semoga cara tersebut bisa membantu Anda untuk menyembuhkan burung kacer gacoan Anda. Sekian dulu artikel kali ini, terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di artikel berikutnya.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url