Tips Merawat Burung Cendet Bakalan Agar Sehat dan Gacor Full Isian

Tips Merawat Burung Cendet Bakalan Agar Sehat dan Gacor Full Isian - Halo para cendeter dimanapun kamu berada! Hari ini masih seputar burung cendet ya, kali ini saya akan membagikan tips merawat burung cendet bakalan agar sehat dan gacor full isian. Perlu kamu ketahui, untuk mendapatkan burung yang gacor dan full isian pasti perlu dilatih secara maksimal. Semua jenis burung pasti membutuhkan latihan, sama halnya dengan burung cendet muda atau bakalan.

Kalau untuk burung cendet dewasa mungkin bisa cepat gacor, selain itu mereka juga mampu beradaptasi dengan cepat di lingkungan yang baru. Burung cendet dewasa juga sangat mudah menirukan suara burung kicau lainnya, maka dari itu yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas burung cendet bakalan kamu bagus atau tidak.

Karena saat ini memelihara burung cendet merupakan suatu pilihan yang tepat bagi pecinta burung berkicau. Selain itu harga burung cendet bakalan ini termasuk murah jika dibandingkan dengan burung cendet yang sudah jadi. Karena jika kamu merawat burung bakalan yang bisanya cuma ngeriwik dan dilatih sampai gacor penuh isian, pasti ada kepuasan tersendiri dalam merawatnya.

Ketahui Rawatan Burung Cendet Sebelum Membelinya

Namun banyak juga dari pecinta burung yang mengaku bahwa merawat burung bakalan tidaklah mudah. Burung cendet bakalan banyak sekali dijual di pasar burung dan juga kios-kios dipasar hewan. Jika saat kamu membeli dan tidak mengerti cara perawatannya, maka uang yang kamu keluarkan akan sia-sia karena tidak ada hasilnya.

Baca Juga: Tips Memilih Burung Cendet Bakalan Prospek

Dan jika sampai salah dalam perawatannya, dalam beberapa hari kedepan burung kamu bisa jadi akan mati. Bakalan rugi dua kali kan? Memang burung cendet dikenal sebagai burung yang tidak tahan banting, maksudnya yaitu burung cendet apabila sudah jadi akan memiliki mental yang kuat. Maka dari itu kamu harus mempelajari cara merawat burung cendet dengan benar apalagi cendet bakalan.

Nah, untuk itu simak terus artikel ini karena saya akan memberikan tips seputar cara merawat burung cendet bakalan agar tetap sehat dan gacor.


Berikut Cara Merawat Cendet Bakalan Agar Sehat & Cepat Gacor

  1. Persiapan pertama sebelum kamu membeli burung cendet bakalan yaitu kandang atau sangkar dan juga semua perlengkapannya. Jangan lupa untuk membersihkan kandangnya terlebih dahulu dari kotoran hewan sebelumnya dan juga debu.

    Jika kandang tersebut baru dibeli, bisa kamu cuci menggunakan sabun dan disemprot desinfektan. Karena sangkar burung harus di proteksi sejak dini, nantinya akan dipakai tempat tinggal burung selama masih dalam rawatan manusia.
  2. Selanjutnya pemberian voer, kamu bisa mencampurkan kroto dan voer lalu diberikan ke burung cendet. Voer yang kamu gunakan harus voer yang lembut dan ditaburi kroto secukupnya, kemudian beri sedikit air dan diaduk hingga merata.

    Bisa juga pada bagian atasnya ditaburi lagi dengan kroto. Selain voer dicampur kroto, bisa juga dicampurkan dengan jangkrik. Pemberian voer ini harus dilakukan secara cepat, jika terjadi kegagalan dalam satu menu. Kamu harus memberinya menu yang lain dengan kombinasi yang baru.
  3. Jika burung sudah mau makan voer, tahap selanjutnya adalah penjinakkan. Cara menjinakkan burung cendet bakalan yaitu kamu bisa menggantung sangkar burung tersebut di tempat yang ramai. Tujuannya agar burung terbiasa dengan situasi kondisi seperti itu, dengan begitu burung tidak akan mudah ketakutan jika ada yang melewati sangkarnya.
  4. Memandikan burung adalah cara agar burung cepat jinak. Cara memandikannya bisa memakai spray yang di semprotkan ke tubuh burung hingga basah kuyup. Jika dirasa sudah cukup, burung bisa di angin-anginkan dan sambil diberi pakan.
  5. Melakukan pengkerodongan setengah, jika proses ini dilakukan untuk burung dewasa dirasa cukup sulit. Karena jika ada orang atau hewan yang melewati sangkarnya burung akan kelabakan dan menabrakan dirinya ke jeruji sangkar.

    Namun kamu bisa mengatasinya dengan memberinya koran di bagian sisi kanan kiri serta belakang. Untuk sementara waktu sampai burung tidak ketakutan lagi.
  6. Berikanlah jangkrik untuk cendet di pagi hari. Dengan takaran 10 ekor dan juga kroto satu sendok makan. Kemudian untuk sore hari berikanlah 5 ekor jangkrik dan juga kroto 1 sendok makan saja.
  7. Tambahkan porsi jangkrik di saat akhir pekan yaitu setiap hari jumat dan juga sabtu. Untuk porsi jangkrik di pagi hari ditambah menjadi 15 ekor, serta ulat hongkong 3 ekor. Dan pada malam harinya berikanlah jangkrik 7 ekor sedangkan ulat hongkong tetap 3 ekor.
  8. Kemudian jika ingin menaikkan naluri predator burung cendet, saya sarankan berikan mangsa atau pakan yang alami seperti tikus, kadal, burung kecil atau katak. Jika burung cendet kamu masih bakalan, maka porsi yang diberikan harus kecil.

    Tetapi jangan terlalu sering memberinya pakan seperti itu, karena dikhawatirkan burung cendet akan menyerang burung lain saat berada di perlombaan, jadi cukup berikan seminggu sekali saja hanya untuk membuat burung cendet fighter dan cepat gacor.

Demikian itulah cara merawat burung cendet bakalan yang masih muda, lakukanlah cara diatas dengan konsisten dan maksimal saya yakin sobat pasti berhasil. Sekian dulu artikel kali ini jika ada pertanyaan atau request boleh tulis dikolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Sampai jumpa!




Next Post Previous Post
1 Comments
  • Unknown
    Unknown 18 Februari 2022 04.41

    Berkat tuto dari ini burung saya jadi gacor👍

Add Comment
comment url