Berikut Cara Jitu Meningkatkan Emosi Burung Cendet

 

Berikut Cara Jitu Meningkatkan Emosi Burung Cendet - Hai sobat kicau mania! Jumpa lagi nih dengan saya di blog bangparid.com. Di kesempatan ini saya akan membahas topik seputar burung cendet yaitu cara meningkatkan emosi burung cendet. Burung cendet merupakan salah satu burung yang populer di kalangan kicau mania. Karena burung ini memiliki berbagai keunikkan dan ketrampilan, keunikkan yang dimiliki burung cendet yaitu mampu menirukan suara kicauan burung lain dan ketrampilannya adalah burung cendet memiliki variasi suara kicauan yang banyak atau tidak monoton.

Selain itu burung cendet juga dikenal sebagai burung predator yang ganas. Di habitatnya, burung cendet suka memangsa burung kecil dan serangga. Burung cendet juga memiliki mental petarung yang luar biasa, jika ada burung sejenis yang menempati wilayahnya akan langsung diserang dan dihabisi. Mental burung seperti itulah yang banyak disukai kicau mania. Karena sudah dapat dipastikan akan menjadi jawara saat diperlombaan nanti.

Namun jika sobat menginginkan burung cendet yang sempurna, totalitas, dan berkualitas pastinya tidak mudah untuk didapatkan. Untuk menciptakan burung cendet yang berkualitas, pasti dibutuhkan perawatan yang konsisten dan pemilihan bakalan yang bagus. Memang burung cendet identik dengan emosi, jika burung cendet over emosi maka akan berdampak buruk bagi cendet. Begitupun sebaliknya jika burung cendet kurang emosi, maka burung cendet akan manja dan miyek.


5 Cara Menaikkan Emosi Burung Cendet Dengan Mudah

1. Tambah durasi penjemuran

Cara pertama yang bisa sobat lakukan untuk meningkatkan emosi burung cendet adalah dengan melakukan penjemuran secara rutin. Jika selama ini sobat jarang sekali menjemur burung cendet, mulai besok lakukanlah penjemuran secara rutin. Jika sobat sudah mulai rutin melakukan penjemuran, mulailah untuk melihat durasinya. Sobat bisa menaikkan durasi penjemuran saat burung cendet sudah terbiasa.

2. Mengurangi pemandian

Berbeda dari cara pertama, dimana sobat bisa menaikkan durasi penjemuran burung cendet. Jika sobat saat ini sangat rajin memandikan burung cendet, cobalah untuk mengurangi jadwal mandi si burung. Memang benar, dengan memandikan burung cendet membuat burung lebih sehat. Namun jika dimasa sedang proses memperbaiki mental atau emosi burung cendet, frekuensi mandi bisa dikurangi sampai mental fighter burung cendet kembali normal.

3. Rutin melakukan pengembunan

Selanjutnya cara ketiga, meskipun sudah dibahas pada artikel sebelumnya dimana dengan melakukan pengembunan akan sangat bagus untuk kesehatan dan kicauan burung cendet. Karena dengan melakukan pengembunan secara rutin, maka saluran pernafasan burung akan membaik dan akhirnya akan berdampak baik pada kualitas kicauan burung cendet. Selain itu tanpa sobat sadari proses pengembunan juga merupakan rahasia untuk menaikkan emosi burung cendet dengan cepat.

4. Memberikan umbaran

Salah satu penyebab burung cendet terlihat loyo dan kurang fighter yaitu karena burung kurang bergerak yaitu hanya berdiam diri dalam sangkar. Jika sudah seperti itu jangan dibiarkan terlalu lama, sobat bisa memberikan kandang yang lebih besar dan lebar untuk umbaran burung. Dengan memasukannya ke dalam kandang umbaran, stamina burung cendet akan lekas membaik serta dapat mengembalikan mental dan emosinya.

5. Tambahkan ekstra fooding

Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan sudah menjadi faktor utama yang paling menentukan emosi dan mental burung cendet. Dengan memperbaiki pemberian pakan tambahan pada burung, juga bisa menjadi cara ampuh untuk menaikkan emosi burung cendet. Sobat bisa memberikan tambahan ekstra fooding (EF) seperti kroto, jangkrik, dan ulat hongkong untuk mendongkrak emosinya.

Penutup

Demikian itulah beberapa cara untuk meningkatkan emosi pada burung cendet. Sangat mudah bukan? Perhatikan cara diatas dan lakukanlah secara rutin pasti sobat berhasil. Baiklah, sekian artikel pada hari ini semoga bermanfaat untuk sobat kicau mania dan terima kasih sudah berkunjung di blog Bang Parid. Salam kicau mania Indonesia!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url