Cara Ampuh Mengatasi Burung Cendet Dewasa Miyik

 

Cara Ampuh Mengatasi Burung Cendet Dewasa Miyik - Di kesempatan kali ini saya akan membahas cara ampuh mengatasi buurng cendet dewasa yang miyik atau manja. Mungkin burung cendet banyak dikenal oleh kicau mania karena berbagai keahliannya. Selain itu burung cendet juga memiliki sifat petarung yang hebat. Namun tanpa kamu sadari dibalik sifat fighternya burung cendet ada satu sisi negatifnya loh!

Sisi negatif burung cendet akan banyak kamu jumpai saat berada dirumah. Burung yang awalnya tenang dan normal, mendadak berubah jadi manja. Sehingga sifatnya berubah menjadi kekanak-kanakan alias miyik. Sifat manja seperti itulah yang sewaktu-waktu bisa muncul, apalagi jika kamu sering memanjakannya.

Dalam keadaan normalnya, burung cendet dewasa atau yang berusia 8 bulan lebih sudah tidak memperlihatkan sifat manjanya. Namun karena faktor alami dengan perlakuan yang diperolehnya sejak kecil, ada beberapa burung cendet yang masih menunjukkan sifat manja atau miyik di usia yang sudah dewasa. Lalu, bagaimana cara mengatasi burung cendet anakan miyik? Tedapat beberapa faktor yang menjadi penyebab utama burung cendet miyik. Berikut ulasan lengkapnya, simak terus.

Cara Mengatasi Burung Cendet Dewasa yang Miyik

Dalam mengatasi burung cendet manja memang menjadi tantangan para pemilik. Namun ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan ini, berikut ini caranya:
  • Mengembalikan mental predator.
  • Full kerodong.
  • Membuat burung cendet jadi giras / liar.
  • Menggantung di tempat sepi.
  • Memberikan terapi kejut
Terapi kejut pada burung cendet dapat memberikan trauma pada burung setiap kali mereka membunyikan nada manja. Contoh terapi kejut yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengguyur burung cendet hingga basah kuyup, memberinya makan sampai kekenyangan, menggebrak kandang, atau memukul burung sampai merasa ketakutan. 

Cara yang paling halus dan sangat direkomendasikan yaitu menyiram menggunakan air es. Cara itulah yang bisa kamu lakukan agar burung cendet kembali normal dan tidak manja. Baiklah, dibawah ini saya juga akan menyertakan perawatan harian untuk mencegah burung cendet kembali manja, simak terus artikelnya.

Perawatan harian mencegah cendet kembali manja

  1. Memberikan ekstra fooding yang bervariasi untuk burung cendet, misalnya seperti jangkrik, belalang atau kadal, ikan kecil dan daging mentah.
  2. Selalu rutin memandikan burung cendet setiap pagi, lalu diangin-anginkan dan dijemur selama kurang lebih 2-3 jam.
  3. Berikanlah multivitamin merek apapun, untuk membantu burung cendet memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya.
Demikian itulah beberapa cara untuk mengatasi miyik pada burung cendet dewasa. Bagi yang masih pemula dalam merawat burung cendet, perhatikan baik-baik cara diatas agar mencapai hasil yang maksimal. Sekian artikel kali ini, jika ada kekurangan dalam penulisan saya mohon maaf. Semoga bermanfaat untuk cendet mania semua dan terima kasih sudah berkunjung. Sampai jumpa, salam cendet mania Indonesia!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url