Berikut Penyebab Utama Burung Cendet Miyik

Berikut Penyebab Utama Burung Cendet Miyik - Jumpa lagi dengan saya di blog Bang Parid. Seperti biasa saya akan mengulas artikel tentang burung cendet. Di kesempatan kali ini saya akan membahas penyebab utama burung cendet miyik. Dalam merawat burung cendet memang tidak semudah seperti yang dibayangkan. Karena selama masa perawatan pasti ada saja masalah yang terjadi, banyak sekali pemilik cendet yang mengeluhkan bahwa peliharaannya tidak mau berkicau.

Burung cendet cenderung bersikap manja, mbedesi, dan mbagong yang ditandai dengan tingkah miyiknya. Seolah-olah burung cendet seperti burung anakan yang ingin minta makan. Tahukah kamu bahwa sifat miyik yang terjadi pada burung cendet disebabkan karena berbagai hal, salah satunya yaitu pola perawatan.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Burung Cendet Miyik

Dimana kamu sebagai pemilik harus memperhatikan pola makan burung yang tepat dengan waktu yang tepat dan porsi yang pas. Selain itu, kamu juga harus konsisten dalam memberikan ekstra fooding, karena jumlah EF memang menjadi kunci keberhasilan dalam mengatasi cendet miyik.


Penyebab Utama Burung Cendet Mengalami Miyik

Burung cendet memang sudah dikenal sebagai burung pemakan serangga, seperti jangkrik dan belalang yang mudah dijinakkan. Tapi, tidak jarang burung cendet juga bersikap miyik atau manja. Sebagai pecinta burung kicau, miyik bukanlah hal baru bagi pecinta burung. Namun, jika burung cendet dewasa mbayi hal itu sudah menjadi masalah yang serius bagi pemilik. 

Karena jika burung cendet tersebut mengurai bisa di diskualifikasi saat perlombaan nanti. Oleh karena itu, sebagai pemilik kamu harus sigap dan segera mengatasi masalah tersebut supaya tidak semakin parah. Sehingga, sangatlah penting bagi kamu untuk mengetahui penyebab cendet miyik ini.

Tahukah kamu, bahwa ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan burung cendet miyik meskipun sudah dewasa. Dan pola perawatan yang kurang tepat juga bisa menyebabkan burung cendet tetap manja. Berikut ini penyebab burung cendet miyik :

1. Pemberian makanan yang tidak teratur

Akibat pemberian pakan yang tidak teratur dan tidak mencukupi kebutuhan nutrisi burung cendet, dapat membuat burung cendet menjadi miyik. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan burung cendet kekurangan nutrisi (malnutrisi). Selain itu cendet juga bisa kekurangan mineral dan vitamin.

2. Kesalahan dalam pemberian pakan

Burung cendet memiliki paruh yang bercagak merupakan ciri khasnya sebagai predator. Biasanya burung cendet suka memangsa ikan kecil, kadal dan burung kecil. Jika kamu hanya memberikan voer atau jangkrik, maka naluri sebagai predator akan menghilang. Hal itulah yang menjadi penyebab mental burung cendet menurun dan menjadi manja atau miyik.

3. Menjelang masa mabung dan pasca mabung

Jika burung cendet sudah memasuki masa mabung atau pasca mabung, maka mereka akan cenderung bersikap miyik atau manja. Dengan memakan jangkrik porsi banyak, warna bulunya kusam, jatuh bulu dan mata melotot. Oleh karena itu kamu harus tahu bagaimana rawatan burung cendet mabung yang tepat agar burung cendet tidak miyik.

4. Terlalu memanjakan burung

Jika kamu memberikan makanan pada burung cendet dari tangan langsung, burung cendet cenderung bersifat miyik. Sesekali burung cendet harus diberikan makanan seperti dihabitat aslinya, sehingga jiwa predatornya tidak hilang. Selain itu, kebiasaan buruk yang harus dihindari adalah menggoda burung dan melambaikan tangan di depan cendet. Karena perilaku tersebut dapat menyebabkan burung cendet menjadi manja.

5. Sakit atau drop mental

Penyebab lain yang membuat cendet miyik adalah karena sakit atau sedang ngedrop mental. Biasanya dalam kedaan seperti ini burung cendet menunjukkan gejala seperti: tidak mau makan, tidak terdapat bulu yang jatuh, mata menjadi sayu, dan terlihat sedang tidak sehat.

Kesimpulan

Demikian itulah beberapa penyebab burung cendet miyik yang wajib kamu ketahui. Terkadang sebagai pemilik belum menyadari tentang pola perawatan yang pas untuk burung peliharaan, oleh sebab itu, kamu harus pandai dalam memberikan pola perawatan yang pas supaya burung cendet tetap sehat. Sekian dulu artikel kali ini, sampai jumpa sobat cendet dan terima kasih sudah berkunjung.





Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url