Cara Paling Ampuh Mengatasi Burung Cendet Anakan Miyik

Cara Paling Ampuh Mengatasi Burung Cendet Anakan Miyik - Banyak permasalahan yang terjadi saat memelihara burung jenis apapun. Salah satunya adalah burung cendet, burung cendet adalah jenis burung predator yang dikenal sangat aktif dan agresif. Burung cendet juga biasa disebut dengan burung pentet. Burung cendet tersebut seringkali memangsa serangga yang ada disekitarnya. Serangga yang menjadi mangsanya seperti reptile kecil dan terkadang juga memangsa burung kecil.

Namun pada saat burung cendet berada di dalam kandang tidak dapat menyalurkan kebutuhannya. Karena semua kebutuhan dan keperluannya sudah disediakan oleh pemiliknya. Meskipun tidak sama dengan habitat aslinya, setidaknya kebutuhan burung cendet sudah terpenuhi.

Biasanya pemilik juga salah dalam melakukan perawatan sehingga menjadi penyebab burung cendet giras ataupun miyik. Fenoma burung cendet miyik sudah sering terdengar para pemilik burung cendet. Cendet miyik adalah suatu keadaan atau masalah dimana burung cendet bertingkah manja dan terlihat berlebihan.

Masalah ini bukanlah hal yang wajar terjadi, karena burung cendet dikenal sebagai burung predator. Jika di habitat aslinya, burung cendet ini merupakan burung predator yang memangsa burung lain yang lebih kecil. Tidak hanya memangsa burung kecil, burung cendet juga sering memangsa serangga yang ada di sekitarnya.

Burung cendet memanglah burung predator yang bisa berubah sikap atau perilaku karena terbiasa di pelihara manusia. Biasanya jika terlalu lama di pelihara dalam sangkar, burung cendet akan kehilangan sifat berburunya. Jika hal tersebut di lakukan terus menerus, burung cendet akan berubah menjadi manja.


Cara Jitu Mengatasi Burung Cendet Miyik

1. Memberi pakan dengan benar

Jika kalian tidak ingin burung cendet bersifat manja, saya sarankan berikanlah burung cendet makanan dari hewan hidup. Jadi, saat diberikan pada burung cendet jangkrik jangan di potong-potong. Berikanlah secara utuh dan jangan menyuapi burung cendet saat memberikan makanan.

Sifat alami burung cendet sebagai predator harus selalu dilatih, yaitu dengan memberi kesempatan untuk membunuh sendiri mangsanya. Jika kemampuan tersebut selalu diasah, nantinya burung cendet tidak akan bersikap manja.

2. Tempatkan sangkar di tempat yang sepi

Untuk mencegah sifat manja pada burung cendet, kalian harus meletakkan kandangnya jauh dari keramaian manusia. Namun kalian juga bisa mencegahnya dengan mengurangi interaksi burung cendet dengan manusia yaitu dengan kerodong kandang.

Pada waktu tertentu, kalian harus menutup kandang burung dengan kerodong agar burung cendet tidak melihat manusia. Dengan begitu, sifat manja pada burung cendet akan hilang.

3. Terapi kejut

Lakukanlah terapi kejut pada burung cendet supaya tidak miyik berkelanjutan. Cara melakukan terapi kejut yaitu dengan memberikan trauma pada burung cenbdet saat mereka miyik. Contohnya yaitu kalian bisa menyiram burung dengan air es saat mulai miyik, kalian juga bisa menggebrak sangkarnya supaya merasa heboh dan akhirnya menjadi tenang.

4. Memberikan perawatan terbaik

Berikanlah perawatan yang benar dan baik untuk burung cendet kalian, dengan begitu burung cendet akan merasa sangat diperhatikan. Sehingga nantinya burung cendet akan menjadi jarang miyik. 

Berikanlah juga EF pada burung cendet secukupnya, namun secara teratur dan rutin. Karena burung cendet sudah dapat memperkirakan sendiri sesuai porsinya, jika mereka sudah kenyang burung akan menjadi lebih semangat.

5. Berikan burung kecil

Supaya burung cendet tidak memunculkan sifat manjanya, kalian bisa memberikan burung kecil yang masih hidup ke burung cendet. Kalian pasti tahu bahwa burung cendet adalah burung predator, maka pilihlah makanan seperti di habitatnya. Seperti burung kecil yang biasa di mangsa di habitat aslinya, sebenarnya, mungkin cara tersebut dianggap sangat ekstrem.

Karena burung kecil yang menjadi korbannya pasti kalian merasa kasian, namun hewan kecil tersebut bertujuan untuk mempertahankan sifat asli burung predator tersebut untuk mengonsumsi daging. Selain itu, dengan mengonsumsi daging kebutuhan protein burung cendet menjadi terpenuhi.

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa cara mengatasi burung cendet miyik dengan mudah. Jika cara diatas kalian lakukan dengan rutin, pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Sekian artikel pada hari ini, jika ada pertanyaan, kritik dan saran langsung tulis dikolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung. Salam sobat kicau mania Indonesia!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url