Cara Cepat Mengatasi Burung Cendet Mabung Dengan Benar

Cara Cepat Mengatasi Burung Cendet Mabung Dengan Benar - Pernahkah anda sebagai pemilik burung cendet mengalami masalah mabung pada burung cendet anda? Jika anda sudah lama dalam merawat burung cendet, tentu anda pernah mengalami hal ini pada burung cendet anda. Karena setiap burung pasti akan mengalami proses mabung, mabung sebenarnya adalah proses pergantian bulu pada burung.

Pada saat itulah, bulu-bulu burung yang sudah rusak akan digantikan dengan bulu baru. Ketika burung cendet memasuki masa mabung, mereka akan lebih sering diam. Bahkan bisa menyebabkan burung cendet miyik, sehingga anda harus memberinya perawatan ekstra agar burung cendet dapat melewati masa mabungnya dengan lancar tanpa merubah sifat atau karakternya.


Pentingnya Mengetahui Masa Mabung Pada Burung Cendet

Ketika burung cendet sedang mengalami masa mabung, mereka akan mengeluarkan seluruh energinya untuk menjatuhkan bulu yang rusak. Lalu akan digantikan dengan bulu baru yang lebih kuat dan berkilau. Pada saat itulah, burung cendet mengalami masa penuh dengan ketenangan, kenyamanan dan kesenangan.

Gangguan terus-menerus pada saat mabung, bisa membuat burung cendet mengalami mabung stres atau biasa disebut dengan istilah gagal mabung. Hal itu bisa berakibat burung cendet menjadi macet mabung atau malah mabung yang berkepanjangan. Jika sudah seperti itu, anda sendiri nanti yang repot. Banyak sekali burung cendet yang mabung sangat lama.

Bahkan, setelah melewati masa mabung pun performa burung cendet akan menurun drastis jika dibandingkan pada saat sebelum mabung. Bahkan dalam beberapa bulan kemudian atau pada saat mabung berikutnya prestasi burung cendet tidak lagi sehebat dulu. Maka dari itu, sebagai pemilik anda harus pandai mengetahui tanda-tanda burung cendet mabung. Jika sudah memasuki masa mabung, segera berikanlah perawatan mabung dengan tepat.


Berikut Rawatan Burung Cendet Mabung Dengan Tepat

1. Mencampurkan voer utama

Perlu anda ketahui, bahwa para pemilik burung cendet atau cendet mania memilih untuk memberikan voer ayam broiler pada burung cendet mereka yang sedang dalam masa mabung, voer tersebut di pilih untuk menjadi makanan utama pada saat mabung.

Sebagian pemilik burung cendet, mencampurkan voer ayam dengan voer burung dengan perbandingan 50/50. Hal tersebut dilakukan supaya bulu pada burung cendet cepat rontok setelah mengonsumsi pakan tersebut.

2. Menambah porsi ekstra fooding

Untuk pemberian ekstra fooding pada burung cendet, harusnya di tambah porsinya saat masa mabung. Karena pakan yang memiliki protein hewan yang tinggi sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi pada burung cendet selama mabung.

Contoh, pemberian EF pada burung cendet yaitu berupa jangkrik yang biasanya diberikan 3 ekor setiap pagi dan sore saat tidak mabung, bisa anda tambahkan menjadi 6 ekor yang diberikan pada saat pagi dan sore.

3. Memberikan vitamin

Jangan salah, vitamin juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada burung yang sedang mengalami masa mabung. Apalagi untuk burung cendet yang sangat aktif dan juga agresif, pastinya sangat membutuhkan asupan vitamin untuk menambah stamina pada proses mabungnya. Karena jika kebutuhan nutrisinya tidak dapat terpenuhi, maka burung cendet akan berubah menjadi sangat manja.

4. Jangan dimandikan dan jemur seperlunya

Pada saat burung cendet sudah menjatuhkan bulunya, saat itulah burung cendet tidak boleh dimandikan. Burung cendet bisa dimandikan, sampai bulu-bulunya sudah rontok semua dengan di iringi bulu baru yang mulai tumbuh. Untuk penjemuran hanya dilakukan seperlunya saja, tapi jangan terlalu sering atau terlalu lama, karena suhu panas dan udara yang berdebu dapat menghambat pertumbuhan bulu baru nya.

5. Buat burung merasan nyaman dan tenang

Burung cendet merupakan hewan predator kecil yang sangat agresif. Jadi hindarilah dalam menggantang burung cendet yang sedang mabung berada di dekat burung jenis lainnya. Karena bisa membuat burung cendet merasa emosi dan langsung ingin menyerang burung lain yang berada di dekatnya.


Hal tersebut sangat jelas dapat menganggu proses mabungnya. Sebaiknya saat burung sedang dalam proses mabung pindahkan sangkarnya berada di ruangan yang sepi dan tenang tanpa gangguan hewan lain. Namun jika tidak ada tempat kosong yang tertutup, anda bisa menggunakan teknik full kerodong.

Penutup

Demikian itu adalah beberapa cara perawatan yang tepat untuk mengatasi burung cendet mabung. Jangan lupa untuk dipahami dan dilakukan secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Sekian artikel pada hari ini, semoga bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url