Penyebab Burung Kacer Serak dan Cara Mengatasinya

 

Penyebab Burung Kacer Serak dan Cara Mengatasinya - Halo pecinta kicau mania dimanapun anda berada! Berjumpa lagi dengan saya di blog Bang Parid. Seperti biasa, saya akan mengulas seputar dunia burung. Di kesempatan kali ini saya akan membahas penyebab burung kacer serak dan cara mengatasi burung kacer serak. Sebagai pemilik burung kacer, pastinya anda sudah mengetahui bahwa dalam merawat burung tersebut tidak semudah yang dibayangkan.

Ada banyak masalah yang sering muncul menganggu mental dan kualitas burung kacer. Masalah yang membuat pemilik kesulitan dalam mengatasinya yaitu saat burung kacer serak. Dengan memahami cara mengatasi burung kacer serak dapat membantu anda untuk menjaga kualitas volume burung kacer agar tetap maksimal.

Apalagi jika sudah mendekati musim lomba, pasti anda menginginkan burung kacer kesayangan selalu dalam kondisi fit agar dapat tampil dengan maksimal di perlombaan. Serak yang terjadi pada burung kacer merupakan masalah umum dan sering terjadi, bahkan dari semua jenis burung kicau juga sering mengalami gangguan pernafasan dan suara yang menyebabkan suara kicauannya terdengar kasar dan tidak begitu jelas.

Namun anda jangan khawatir, karena ada banyak cara dalam mengobati burung kacer yang serak. Sebelum membahas cara mengatasi serak pada burung kacer, alangkah baiknya jika anda mengetahui penyebab serak pada burung kacer. Simak penjelasannya berikut ini:


Penyebab Burung Kacer Serak

Sama seperti manusia, penyebab serak yang terjadi pada burung kacer yaitu karena masalah pernafasan pada burung. Karena pada umumnya terdapat lendir pada tenggorokan burung kacer, semua itu dipicu karena adanya faktor berikut:
  • Tenggorokan burung kacer terluka.
  • Akibat terserang bakteri.
  • Adanya parasit pada pernafasan burung kacer.
  • Overtrain (pemaksaan ketika latihan/ditrek).
  • Tinggal di dekat kawasan industri (pabrik).
  • Penjemuran terlalu lama.
  • Setelah perjalanan jauh.
  • Membawa burung keluar di malam hari.
  • Setelah kehujanan sangat lama.
  • Burung kacer dimandikan saat sakit atau mabung.
  • Terlalu sering dimandikan sampai basah kuyup.
  • Lingkungan sekitar tidak memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Polusi udara.
Selain dari penyebab diatas, yang membuat burung kacer serak yaitu karena salah dalam pemberian pakan. Contohnya: jika anda memberikan EF berupa kroto yang sudah jamuran, jangkrik yang sudah mati dan mulai membusuk, atau memberikan pakan utama seperti voer yang sudah berjamur dan pucat.

Cara Mengatasi Suara Burung Kacer Serak

1. Jangan menjemur atau memandikan burung kacer

Jika burung kacer masih dalam keadaan serak, jangan menjemurnya atau memandikannya terlebih dahulu. Karena dengan berhenti melakukan penjemuran dapat menjadi cara untuk menghilangkan lendir pada burung kacer supaya kondisinya tidak semakin memburuk.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika burung kacer terlalu lama dijemur pasti akan menyebabkan serak. Selain itu jangan memandikan burung kacer kecuali dengan terapi daun sirih atau ketika burung kacer ingin dimandikan.

2. Mengganti air minum dengan larutan

Anda bisa menggant air minum menggunalan larutan atau madu. Namun jika anda tidak memiliki madu dirumah, lagipula harga madu juga lumayan mahal, anda bisa menggantinya dengan larutan. Larutan juga dapat di konsumsi hewan selain untuk mengobati tenggorokan manusia, larutan juga sangat baik untuk tenggorkan kacer yang serak.

Cara memberikan pada burung kacer juga sangat mudah, yaitu tuangkan larutan pada cepuk minuman burung kacer. Yang harus anda perhatikan gantilah air tersebut dalam waktu 12 jam disetiap harinya. Di setiap pagi dan sore dengan air larutan yang baru.

3. Memberikan obat silamex

Obat silamex adalah salah satu obat yang dikhususkan untuk burung kacer yang serak dan sangat mudah ditemukan. Anda bisa mendapatkan obat tersebut di kios atau pasar burung terdekat. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan menetaskan obat 1 sampai 3 kali tetes silamex ke dalam air minum burung kacer anda.

Tapi karena obat silamex ini adalah obat kimia, anda harus memperhatikan cara pemakiannya dengan teliti pada kemasan obat tersebut. Sebab takaran pemakaian dapat berbeda, tergantung dari tingkat keparahan penyakit burung kacer.

4. Terapi daun sirih

Cara menggobati burung kacer serak selanjutnya adalah menggunakan daun sirih. Caranya juga mudah, yaitu rebuslah 3 helai daun sirih di dalam satu liter air. Setelah itu diamkan dan buang daunnya, kemudian taruhlah air rebusan daun sirih ini dalam semprotan air untuk mandi.

Jika waktunya mandi semprotkan air tersebut pada tubuh kacer. Jadi lakukanlah cara tersebut jika burung kacer ingin dimandikan, dengan melihat tandanya jika burung kacer berusaha masuk ke wadah minumnya.

5. Rutin diembunkan

Terapi pengembunan di pagi hari bisa menjadi cara utama dalam mengatasi burung kacer serak. Terapi pengembunan tersebut bisa anda lakukan dirumah pada pagi hari sebelum matahari muncul. Sudah bukan rahasia lagi kalau pengembunan sangat bagus untuk pernafasan burung kacer.

Selain bagus untuk burung, terapi pengembunan juga baik untuk manusia. Embunkanlah burung kacer anda setiap hari untuk memulihkan suaranya, waktu pengembunan yang baik yaitu dimulai sekitar jam 04.30 atau selepas shubuh.

Penutup

Demikianlah cara mengatasi burung kacer yang serak dengan mudah. Terapkanlah cara diatas secara konsisten dan rutin supaya suara burung kacer yang serak bisa cepat pulih. Sekian artikel kali ini dan terima kasih sudah berkunjung di blog Bang Parid. Salam Kicau Mania!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url