Berikut Kunci Rahasia Bongkar Isian Cendet Saat Lomba

 Berikut Kunci Rahasia Bongkar Isian Cendet Saat Lomba

Berikut Kunci Rahasia Bongkar Isian Cendet Saat Lomba - Hai pecinta kicau mania dimanapun kalian berada! Berjumpa lagi dengan saya di blog Bang Parid. Seperti biasa saya akan membahas seputar burung cendet, di kesempatan kali ini saya akan membahas kunci rahasia burung cendet bongkar isian saat lomba. Bagi kalian khususnya pemain lapangan atau gantangan burung cendet pemula wajib tahu ya, karena akan ada banyak cara yang gampang dan harus dilakukan agar burung cendet bisa bongkar isian dan menjadi juara.

Kalian harus menerapkannya pada burung peliharaan dirumah sebelum mengikuti perlombaan dengan tujuan supaya burung juara. Seperti yang kalian tahu, bahwa burung cendet ini sering diadakan perlombaan di berbagai lokasi yang di selenggarakan oleh pecinta kicau mania. Sehingga hal ini membuat para pemilik harus berpikir keras untuk menemukan settingan burung cendet lomba.

Namun mayoritas pemilik burung cendet memberikan EF yang berbeda dengan porsi lebih seperti sebuah eksperimen. Tapi ekstra fooding hanya dikonsumsi sebagai pendamping burung cendet saja. Mungkin dengan pemberian EF dapat membuat burung cendet bongkar isian saat di adu atau digantangkan nantinya. Karena porsi setiap harinya naik, berapa banyak EF yang harus dikeluarkan?

Jika kalian menginginkan burung cendet bisa bongkar isian saat dilombakan, maka kalian jangan menyepelekannya. Oleh karena itu, kali ini saya akan memberikan tips rahasia agar cendet bongkar isian. Supaya nanti dapat menjadi rujukan bagi kalian yang menginginkan burung cendet bongkar isian saat lomba. Tapi sebelum membahas settingan burung cendet, alangkah baiknya jika kalian mengetahui penyebab burung cendet tidak bongkar isian.


Berikut Penyebab Burung Cendet Tidak Bongkar Isian

  • Kurangnya keberanian burung cendet untuk tampil membongkar isian dan tidak siap menyerang karena mental turun saat mengikuti lomba.
  • Karena kurangnya pemasteran, sehingga materi isian yang dimiliki burung cendet tidak banyak.
Oleh karena itu, kalian harus memberikan settingan yang tepat untuk burung cendet. Supaya suara burung cendet yang tadinya ngeban dapat bongkar isian dan tampil dengan berani. Lalu, bagimana caranya supaya burung cendet bisa bongkar isian? Jawabannya yaitu dengan melakukan settingan setiap hari dan pada saat mendekati lomba. Disini saya akan memberikan settingan harian dan menjelang lomba agar burung cendet bisa bongkar isian saat digantang.

Settingan Harian Burung Cendet Bongkar Isian

Tidak hanya saat mendekati lomba saja, namun setiap harinya kalian harus melatih burung cendet tampil dengan berani dan bongkar isian. Di bawah ini adalah perawatan harian burung cendet agar bongkar isian:
  1. Pada setiap jam 5 pagi, lakukanlah pengembunan pada burung cendet dan berikanlah jangkrik yang sudah dipotong kakinya sebanyak 5 ekor.
  2. Jika waktu sudah menunjukkan pukul 7, bawalah burung cendet ke dalam kandang umbaran supaya burung dapat berjemur dan berolahrga.
  3. Di saat burung cendet sedang dijemur dalam kandang umbaran, burung cendet jangan diberikan voer dan air minum. Hal tersebut bertujuan supaya burung cendet dapat terbiasa tidak makan dan minum saat digantang dan sekaligus memiliki ketahanan fisik.
  4. Jika sudah 10 jam, keluarkanlah burung cendet dari kandang umbaran dan masukkan kembali dalam kandang harian. Kemudian, angin-anginkan burung cendet selama 30 menit.
  5. Lalu, mandikanlah burung cendet dalam bak keramba sampai mereka puas dan angin-anginkan lagi sampai bulu burung cendet tersebut mulai mengering.
  6. Jika bulu burung cendet sudah mengering, segera berikanlah kroto sebanyak 2 sendok makan yang sudah dibersihkan dari semutnya.
  7. Selanjutnya sekitar pukul 11 siang sampai jam 4 sore, burung cendet harus dikerodong dan ditempatkan di tempat yang tenang. Untuk memperbanyak materi isian, kalian bisa memutar suara burung dari mp3 player atau dari youtube. Jangan lupa untuk mendekatkan burung cendet dengan burung masteran seperti kenari, cililin, lovebird, kapas tembak dan cucak jenggot.
  8. Setelah jam 4 sore, buka lagi kerodong burung cendet dan diangin-anginkan. Jangan lupa untuk memberikan jangkrik sebanyak 5 ekor.
  9. Jika sudah jam setengah 6 kembali kerodongkan burung cendet agar istirahat sampai pagi.

Settingan Burung Cendet Bongkar Isian Menjelang Lomba

Selain memberikan beberapa settingan setiap hari, untuk mengeluarkan isian burung cendet saat lomba perlu dilakukan settingan khusus. Dibawah ini merupakan settingan burung cendet khusus sebelum lomba:
  1. Berikanlah jangkrik dengan porsi yang banyak, sampai burung cendet benar-benar kenyang saat menjelang h-3 sampai hari perlombaan.
  2. Campurkanlah vitamin khusus pada air minum burung cendet. Untuk takaran vitamin yang dilarutkan cukup sesuaikan saja dengan jumlah takaran yang ada di kemasan.
  3. Saat menjelang h-2 perlombaan, burung cendet sudah mulai dijemur dalam kandang harian jadi bukan di kandang umbaran lagi.
  4. Jika sudah mendekati h-1, kalian harus memindahkan burung cendet di tempat yang sepi dan tenang supaya burung tidak mendengar suara burung cendte lainnya dan terpancing ingin bertarung.
  5. Di saat hari H perlombaan, berikanlah lima ekor jangkrik pada pagi harinya dan jangan lupa mandikan burung cendet di bak keramba terlebih dahulu sebelum berangkat ke arena perlombaan.
  6. Jangan lupa untuk dijemur dan diangin-anginkan sebentar, sambil diberikan kroto yang fresh sesuai porsi hariannya.
  7. Jika sudah sampai di lapangan, berikanlah jangkrik lagi sebanyak lima ekor. Kemudian tambahkan cilung atau ulat bambu satu ekor, tapi kalian juga bisa memberikan ulat daun pisang dengan serbuk-serbuk putih yang sudah dibersihkan sebanyak satu ekor saja.
  8. Jangan lupa untuk memberikan vitamin penggacor burung dengan takaran sesuai pada kemasan. Campurkan vitamin tersebut pada minumannya.
Demikian rahasia settingan burung cendet agar bongkar isian saat lomba. Membuat burung cendet lebih berani saat tampil dan mau bongkar isian memang tidaklah mudah. Kalian harus melatihnya setiap hari bukan saat ingin mengikuti lomba saja. Baiklah, selamat mencoba dan semoga kalian berhasil.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url