Settingan Burung Cendet Tampil Bagus Saat Lomba

Settingan Burung Cendet Tampil Bagus Saat Lomba

Settingan Burung Cendet Tampil Bagus Saat Lomba - Halo sobat kicau mania indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tips settingan burung cendet tampil bagus saat lomba. Burung cendet atau pentet adalah salah satu burung yang sangat populer di kalangan kicau mania. Burung cendet ini sering dijadikan peliharaan sebagai ocehan dirumah, namun terkadang ada juga para kicau mania yang menjadikannya burung lomba.

Perlombaan burung kicau sekarang juga semakin ramai, apalagi burung cendet sudah masuk kelas utama dalam lomba burung kicau di Indonesia. Bagi kalian yang termasuk pecinta kicau mania atau pemula yang masih awam dalam memahami burung cendet, tapi ingin melombakan gacoan kalian simak terus artikel ini ya. Karena saya akan membagikan settingan yang ampuh untuk burung cendet tampil bagus saat lomba.


Berikut Settingan Burung Cendet Untuk Lomba Agar Tampil Maksimal

Seperti yang kita ketahui, bahwa ekstra fooding merupakan kunci utama dalam menyeting burung cendet. Dengan memberikan ekstra fooding yang pas dan perawatan yang maksimal bisa membuat burung cendet tampil ngotot di lapangan. Baiklah tidak perlu lama-lama, langsung saja ke pokok pembahasan.

Pemberian Ekstra Fooding dan Settingan EF Harian

  • Ulat hongkong, ekstra fooding pemberian ulat hongkong bisa kalian berikan setiap hari 3 sampai 4 ekor. Jika tidak rutin dalam memberikan ekstra fooding tidak masalah atau cukup diberikan 2-3 kali dalam seminggu saja.
  • Kroto, pemberian ekstra fooding telur semut rangrang ini cukup diberikan satu sendok teh setiap harinya. Jika tidak sempat memberikan kroto pada cendet setiap hari, berikan saja 2-3 kali dalam seminggu.
  • Jangkrik, untuk pemberian ekstra fooding jangkrik cukup diberikan 3 ekor di pagi hari dan 2 ekor di sore hari. Namun jika dirasa burung cendet berkicau kurang maksimal, berikan jangkrik 5 ekor di pagi dan sore harinya.

Pemberian Ekstra Fooding dan Settingan Sebelum Lomba

  • Jika sudah mendekati hari H perlombaan, pemberian ekstra fooding harus ditambah yaitu pemberiannya 2 hari sebelum perlombaan dimulai. Tambahkan porsi pemberian jangkrik, jika bisanya kalian berikan 3 ekor di pagi hari maka ditambah menjadi 5 ekor. Jika sore harinya 2 ekor, maka bisa ditambahkan menjadi 4 ekor.
  • Untuk H-2 perlombaan, pemberian kroto jumlahnya jangan ditambah jumlahnya, cukup satu sendok makan saja.
  • Pada H-2 perlombaan, burung cendet sebaiknya jangan dimandikan. Namun, usahakan selalu di kerodong full dan bisa kalian buka setiap 15 menit saat kalian memberikan pakan ekstra fooding. Jika sudah diberikan makanan bisa langsung ditutup kembali dengan kerodong full. Perlu diingat, bahwa tips ini hanya boleh dilakukan untuk burung cendet over birahi.
  • Jika sudah memasuki H-1 perlombaan, permberian ekstra fooding harus naik perporsinya. Di pagi hari berikan 7 ekor jangkrik dan pada sore harinya 5 ekor. Sedangkan untuk porsi kroto tetap sama pada siang harinya dan untuk malam harinya berikan kroto sebanyak satu sendok teh saja. Pemberian kroto tersebut bertujuan agar burung cendet tetap adem dan tidak over birahi saat hari H perlombaan nanti.
  • Settingan ekstra fooding pada hari H, sebelum berangkat ke arena perlombaan berikanlah burung cendet ulat hongkong sebanyak 2 ekor dan jangkrik 3 ekor. Untuk kroto usahakan jangan diberikan terlebih dahulu. Jika sudah sampai di tempat perlombaan, dan sebelum lomba dimulai kalian bisa memandikan burung cendet dengan sprayer sampai basah kuyup.
  • Setelah itu berikanlah jangkrik 1 ekor lalu burung cendet diangin-anginkan. Jika burung cendet sudah kering, bisa kalian kerodong lagi sampai perlombaan dimulai.
Tips diatas merupakan tips untuk burung cendet bahan yang sudah gacor dan kondisi. Bagi kalian yang masih ingin belajar mengikuti lomba burung cendet, kalian wajib melatih burung cendet tersebut dengan melakukan adaptasi area atau lingkungan lomba. Hal itu dikarenakan lingkungan rumah dan lomba tentu saja berbeda, oleh karena itu burung harus mengenal situasi dan kondisi tempat perlombaan tersebut.

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa tips settingan dan rawatan agar burung cendet tampil bagus saat lomba. Silahkan mencoba perawatan settingan ekstra fooding harian dan sebelum lomba diatas agar burung cendet bisa tampil maksimal di perlombaan. Sekian artikel kali ini, semoga dengan tips diatas gacoan kalian bisa menjadi juara.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url