Berikut Manfaat dan Efek Samping Kroto Untuk Burung Cendet

Manfaat dan Efek Samping Kroto Untuk Burung Cendet

Manfaat dan Efek Samping Kroto Untuk Burung Cendet - Selamat datang di blog Bang Parid! Nah, jumpa lagi dengan saya dimana pada kesempatan kali ini saya akan membahas manfaat dan efek samping kroto untuk burung cendet. Seperti yang kita ketahui, bahwa kroto adalah salah satu makanan tambahan untuk burung cendet yang biasanya disebut ekstra fooding. Banyak sekali para sobat kicau mania yang memberikan kroto untuk burung cendetnya.

Karena kroto mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan burung cendet. Apalagi kroto adalah salah satu ekstra fooding terbaik untuk burung kicauan seperti burung cendet. Selain itu kroto juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan lemak yang rendah, sehingga jika dikonsumsi oleh burung cendet tidak akan menyebabkan obesitas atau kegemukan pada burung.

Menurut penelitian, di setiap 100 gram kroto mengandung protein 8,2 gram. Serta terdapat kandungan lemak sekitar 2,6 gram yang lebih rendah daripada telur ayam yaitu sekitar 11,7 gram. Kroto tidak hanya mengandung protein dan lemak saja, tapi juga mengandung beberapa mineral seperti zat besi, kalsium, sodium, vitamin B1, vitamin B2, Niacin dan potasium. Itulah beberapa kandungan yang dimiliki kroto untuk burung cendet.

Banyaknya nutrisi yang terkandung pada kroto, maka akan sangat baik jika dikonsumsi oleh burung cendet. Tapi kita harus tahu, bahwa sesuatu yang berlebihan justru tidak akan berdampak baik. Oleh karena itu, jangan sampai kita memberikan kroto pada burung cendet secara berlebihan. Karena tanpa kita sadari, bisa saja menyebabkan hal-hal negatif pada burung gacoan kita. Maka berikanlah kroto sebagai tambahan makanan secukupnya saja atau sesuai porsinya.

Namun, terkadang juga bisa ditambahkan porsinya pada saat dan kondisi tertentu. Kroto sangat banyak digunakan sobat kicau untuk pakan tambahan, sebenarnya apa manfaat yang dimiliki kroto untuk burung cendet? Dan apakah ada efek samping kroto untuk burung cendet? Jika ingin tau lebih lengkapnya, simak penjelasannya dibawah ini.


Berikut Manfaat dan Efek Samping Kroto Untuk Burung Cendet

Manfaat Kroto Untuk Burung Cendet

  1. Memberikan kroto untuk burung cedet dapat menjaga burung tetap fit, sehingga burung akan lebih aktif dan rajin bunyi.
  2. Memberikan kroto pada burung cendet trotolan sangat dianjurkan. Karena hal ini sangat bagus untuk menjaga fisik burung supaya tetap sehat. Selain itu juga bagus untuk melatih burung cendet bakalan agar lebih ngevoer dengan menambahkan kroto dan Voer halus yang dicampurkan menjadi satu. 
  3. Pemberian kroto untuk burung cendet trotol sangat bagus, karena hal ini dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak sehingga burung cendet akan lebih cerdas dan bisa dengan cepat menangkap suara-suara isian saat pemasteran. 
  4. Dengan memberikan kroto setiap hari untuk burung cendet dapat menyembuhkan penyakit burung cendet seperti stres, macet bunyi, dan kurang fit. Biasanya hal ini ditandai dengan burung cendet yang selalu mengembangkan bulu-bulunya atau bisa di bilang nyekukruk atau gembung.

Efek Samping Kroto Untuk Burung Cendet

Banyak orang menganggap bahwa memberikan banyak kroto untuk burung cendet maka akan semakin baik. Padahal kenyataannya tidak sama sekali, perlu diketahui pemberian ekstra fooding apapun termasuk kroto jika diberikan terlalu berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan burung cendet. Kita harus tahu, bahwa protein yang berlebihan dapat meningkatkan birahi burung cendet secara drastis.

Oleh karena itu, kita harus benar-benar jeli dalam memberikan kroto untuk burung cendet. Sebaiknya kita pahami dahulu kondisi burung cendet, apakah kurang birahi atau over birahi? Barulah kita bisa memberikan kroto sedikit demi sedikit sesuai kondisi burung cendet. Jika burung cendet malas berbunyi, kita bisa menambahkan porsinya menjadi lebih banyak. Tapi jika burung cendet terlihat giras saat mendekati lomba, kita bisa mengurangi porsi kroto.

Selain itu, kelemahan kroto adalah cepat basi. Kroto yang sudah basi tidak boleh diberikan pada burung cendet, karena bisa menyebabkan keracunan. Jika burung cendet keracunan bisa saja akan mati. Kroto hanya bisa disimpan dalam kulkas selama 3 hari saja, jika lebih dari tiga hari berarti kroto sudah tidak layak makan.

Akhir Kata

Jadi, itulah manfaat dan efek samping kroto untuk burung cendet. Perlu diingat, jangan memberikan ekstra folding apapun terlalu berlebihan agar tidak memberikan dampak buruk pada burung cendet. Semua harus dengan takaran dan porsi masing-masing yang disesuaikan dengan kondisi burung tersebut. Sekian artikel kali ini, semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk semuanya. Salam Cendet Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url