Tips Merawat Burung Cendet Trotolan Agar Cepat Ngeplong

Tips Merawat Burung Cendet Trotolan Agar Cepat Ngeplong - Halo sobat cendet dimanapun anda berada! Jumpa lagi dengan saya di blog bangparid.com. Seperti biasa kali ini saya akan mengulas dan membagikan tips seputar burung berkicau. Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips tentang cara merawat burung cendet trotolan agar cepat ngeplong. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak terus ulasannya dibawah ini.

Semua pemilik burung cendet pasti pernah mengalami berbagai kasus tentang masalah burung cendet yang di peliharanya. Salah satunya yaitu burung cendet yang sudah dipelihara sejak kecil suaranya tidak mau mecah atau ngeplong, hal ini juga termasuk permasalahan pada cendet. Jika burung cendet demikian, tentu membuat materi dan isiannya pun menjadi tidak jelas karena burung hanya ngriwik saja.

Masalah tersebut tentunya membuat pemilik menjadi kebingungan, apalagi usia burung cendet mungkin sudah sekitar 4 atau 5 bulan ke atas. Lantas, umur berapa burung cendet trotolan suaranya bisa ngeplong? Jadi idealnya, burung cendet yang berusia 4 sampai 5 bulan sudah mampu dan fasih dalam membawakan lagu.

Tetapi ada saja masalah yang kerap terjadi, yakni meskipun burung cendet sudah berusia 5 bulan ke atas suaranya belum juga mecah atau ngeplong. Maka dari itu pemilik burung cendet trotolan menjadi resah dan galau akibat masalah ini. Namun perlu anda ketahui, bahwa burung cendet trotol yang suaranya tak kunjung ngeplong ternyata identik dengan burung cendet yang tidak berganti bulu dewasa.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cendet Mabung Dengan Cepat

Karena pergantian bulu dewasa dan proses ngeplong merupakan dua hal yang beriringan. Jika anda sedang mengalami masalah ini, sebaiknya harus segera di diselesaikan karena masalah inilah yang dapat menganggu perkembangan burung cendet trotol, baik secara fisik ataupun psikologisnya.


Berikut Tips Merawat burung Cendet Trotol Agar Cepat Ngeplong

1. Perbaiki perawatan harian

Suatu perawatan dalam perkembangan kondisi burung berkicau sangat berpengaruh besar. Dengan memberikan perawatan yang tepat, tidak hanya membuat burung cendet menjadi aktif dan lincah tetapi burung cendet juga menjadi sehat dan aktif bunyi. Selain itu dengan memberikan perawatan terbaik juga dapat membantu perkembangan dalam pertumbuhan burung.

Apalagi burung cendet trotol pasti mengalami perkembangan yang optimal, baik secara fisik maupun segi psikologis. Perawatan yang perlu diperbaiki ini merupakan perawatan sehari-hari seperti mandi, penjemuran, pemberian pakan, pengkerodongan dan lainnya. Semua itu adalah sebuah rangkaian perawatan yang sangat berpengaruh untuk perkembangan burung cendet kedepannya.

Namun perlu anda ingat, bahwa perawatan burung cendet trotol tidaklah sama dengan burung cendet dewasa. Burung cendet trotol tidak membutuhkan mandi dan penjemuran setiap hari. Tetapi pengkerodongan wajib dilakukan setiap harinya, apalagi pada saat tahap pemasteran.

2. Berikan asupan nutrisi

Dalam perkembangannya burung cendet trotol membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Bahkan jika anda bisa dan mampu, buatlah burung cendet trotolan seperti di habitatnya dengan nutrisi yang tercukupi dari indukannya. Namun cara tersebut tentunya tidak dapat menjamin asupan nutrisi dapat terpenuhi karena pakan yang ada di pasaran sangat terbatas.

Tetapi apabila anda memberikan makanan yang berkualitas tinggi, setidaknya anda sudah membantu untuk memenuhi kebutuha nutrisi pada burung cendet. Jika nutrisi burung cendet terpenuhi, saya yakin pasti suara cendet trotol akan cepat mecah dan segera berganti dengan bulu dewasa.

3. Tahap pemandian

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa untuk burung cendet trotol belum membutuhkan perawatan mandi rutin seperti burung cendet dewasa. Untuk proses dalam memandikannya hanya dilakukan seperlunya saja karena air yang dingin dapat menghambat proses optimalisasi pita suara burung cendet trotol.

Bukan hanya itu saja, air yang dingin juga dapat membuat bulu cendet trotol menjadi kencang sehingga akan susah untuk berganti bulu. Hal itulah yang menjadi penyebab burung cendet gagal mabung.

4. Tahap penjemuran

Proses penjemuran burung cendet trotol tidak harus dillakukan setiap hari. Tapi setidaknya dalam waktu seminggu burung cendet trotol harus dijemur minimal dua kali. Hal ini dikarenakan selain sangat penting untuk tulang punggung dan kesehatan, sinar matahari juga bisa membantu memaksimalkan pita suara burung cendet trotol.

Itu alasan mengapa setiap bertambahnya umur burung cendet trotol, frekuensi penjemurannya harus ditambah. Bahkan saat burung cendet sudah berganti dengan bulu dewasa full, proses penjemuran harus lebih ditingkatkan. Tapi jika burung cendet sudah berpower dan mecah dengan maksimal, proses penjemuran bisa anda lakukan secara normal seperti biasa.

5. Pilih voer yang sesuai

Berikanlah voer yang bagus dan harus sesuai dengan usia burung cendet. Anda bisa mencari merek voer yang mengandung protein tinggi supaya perkembangan burung menjadi bagus. Karena burung cendet trotol sangat membutuhkan asupan protein yang banyak untuk tumbuh kembangnya.

Maka dari itu, jangan memberikan makanan yang berprotein rendah (14%) tapi berikanlah makanan yang mengandung protein tinggi yaitu (18%). Untuk pemilihan voer berprotein tinggi, anda bisa melihat di kemasan voer tersebut.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara perawatan burung cendet trotol supaya cepat ngeplong. Anda harus menerapkan cara diatas agar suara burung cendet trotol anda cepat mecah dan segera berganti bulu dewasa. Sekian dulu artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Salam Cendet Mania Indonesia!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url