Cara Ampuh Mengembalikan Mental Burung Cendet Dengan Mudah

 Cara Ampuh Mengembalikan Mental Burung Cendet Dengan Mudah

Cara Ampuh Mengembalikan Mental Burung Cendet Dengan Mudah - Hai ssobat kicau mania, berjumpa lagi dengan saya di blog Bang Parid. Di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengembalikan mental burung cendet dengan mudah. Mengapa saya mengulas topik tersebut, karena hal ini sangat menarik untuk dibahas dan banyak dikeluhkan oleh para cendet mania.

Pada dasarnya burung cendet merupakan burung kicau yang bertipe petarung atau fighter yang sangat digemari oleh sobat kicau mania. Burung cendet memiliki kemampuan untuk menirukan suara jenis burung kicau diatas rata-rata. Bahkan burung cendet sering menjadi favorit banyak orang diberbagai event bergengsi. Hal itulah yang membuat sobat kicau mania sangat menyukai burung cendet tersebut. 


Mencetak Mental Burung Cendet

Jika memiliki burung cendet yang bermental bagus, kuat saat di trek dengan sesama jenis cendet lain pasti menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Akan tetapi untuk mendapatkan burung cendet yang bermental baja memang tidak semudah yang anda bayangkan. Harus membutuhkan kesabaran yang ekstra, karena nanti membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Dan yang paling penting dalam hal ini, terletak pada bagaimana anda dalam memberikan perawatan yang tepat untuk melatih mental burung cendet tersebut.

Perlu anda ketahui, burung cendet yang memiliki mental kuat dapat mempengaruhi kualitas dari burung cendet itu sendiri. Karena sebagus apapun kicauannya dengan berbagai variasi yang dihasilkan tanpa disertai mental yang kuat dan bagus, dapat dipastikan saat bertemu dengan cendet lain akhirnya akan kalah mental bahkan bisa menyebabkan burung cendet macet bunyi.

Sehingga hal ini tentunya akan menjadi permasalahan bagi anda saat mental burung cendet ngedrop. Jika dibiarkan tanpa diberikan perawatan khusus, akan menjadi penyebab burung cendet macet bunyi dan stres. Jadi sebaiknya anda harus tetap berhati-hati meskipun burung cendet sudah memiliki mental yang bagus sekalipun. Jika burung cendet anda sedang mengalami masalah seperti yang saya jelaskan diatas, maka saya akan membagikan cara untuk mengatasinya.


Cara Memulihkan Mental Burung Cendet

Pada umumnya, mental burung cendet yang masih labil terjadi pada burung cendet yang masih muda. Entah itu hasil dari tangkapan hutan atau hasil penangkaran, sehingga hal ini sangat wajar apabila terjadi. Karena burung cendet masih sangat muda jadi membutuhkan proses perawatan untuk menjadi burung cendet yang berkualitas. Sebagai pemilik, anda harus berperan penting dengan selalu memberikan pola perawatan secara khusus. Supaya kelak burung cendet menjadi berkualitas seperti yang diharapkan. 

Jangan sampai anda memberikan perawatan yang asal-asalan saja, karena sebagus apapun burung cendet yang anda miliki jika diberikan perawatan yang ngasal dan sembarangan maka burung cendet akan malas berkicau dan membuat mentalnya menurun. Padahal awalnya memiliki mental yang bagus dan menjadi rusak gara-gara perawatan yang sembarangan.

Jadi, perlu diingat sekali lagi berikanlah pola perawatan yang benar serta teratur. Karena hal itu sangatlah penting untuk dilakukan, berikut beberapa cara mengembalikan mental cendet.

1. Tempel dengan burung cendet betina

Kehilangan mental pada burung karena ketakutan dengan jenis sendiri merupakan hal wajar dalam dunia burung. Bukan berarti dengan hal ini, anda menjauhkan burung peliharaan dengan sesama jenisnya. Karena hal tersebut tidak bisa mengembalikan mentalnya. Supaya mentalnya segera pulih, anda bisa menempelnya dengan burung cendet betina hingga burung mau bunyi kembali.

2. Memberikan makanan dan vitamin

Ketika dalam kondisi normal memberikan makanan yang cukup pada burung cendet dan vitamin merupakan prioritas utama. Namun pada kondisi tertentu, kalian bisa menambah jumlah pemberian makanan seperti EF dan vitamin. Cara ini bertujuan untuk mempercepat perbaikan kondisi pada tubuh burung cendet.

3. Memberikan terapi alam

Cara ketiga yang bisa anda lakukan yaitu memberikan terapi alam. Terapi alam adalah mendekatkan burung cendet dengan suara-suara alam seperti gemricik air, suara angin, dan suara hujan. Tujuannya adalah untuk mengembalikan suasana burung cendet ke habitat aslinya. Karena bagaimanapun juga burung kicau di alam liar sangat suka bermain air.

4. Pancing agar bunyi

Setelah burung cendet diasingkan, berikanlah sedikit pancingan untuk membangkitkan semangatnya. Ketika memberikan pancingan, anda tidak perlu menampakkan burung cendet dengan burung lainnya. Anda bisa memberikan pancingan dengan cara mendengarkan suara kicau burung cendet dari sebuah rekaman atau video youtube.

5. Tempatkan pada lingkungan yang nyaman

Jangan menyandingkan burung cendet yang sedang ngedrop dengan burung fighter lainnya, karena nantinya akan berdampak burung pada burung cendet. Hal itu dapat menambah turunnya mental burung cendet, untuk mengatasinya cobalah mengasingkan burung cendet di kandang tersendiri dalam beberapa saat.

Penutup

Demikian itulah beberapa cara untuk mengatasi atau mengembalikan mental burung cendet dengan mudah. Cobalah untuk menerapkan cara diatas untuk mengembalikan mental cendet, semoga berhasil. Sekian artikel kali ini dan terima kasih sudah berkunjung, untuk request artikel dan pertanyaan bisa tulis dikolom komentar. Sampai jumpa Sobat Kicau Indonesia!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url