Cara Tepat Merawat Burung Cendet Ombyokan Atau Hasil Pikatan

Cara Tepat Merawat Burung Cendet Ombyokan Atau Hasil Pikatan

Cara Tepat Merawat Burung Cendet Ombyokan Atau Hasil Pikatan - Berjumpa lagi dengan saya di blog bangparid.com. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips mengenai burung berkicau yaitu cara merawat burung cendet ombyokan atau hasil pikatan. Jika teman-teman penasaran, simak terus ya penjelasannya sampai habis.

Burung cendet atau yang biasa disebut burung pentet ini memiliki suara gacor, ngeplong, ngerol, serta ngekek yang sangat luar biasa. Kemampuan burung cendet yang satu ini, menjadi bukti betapa cerdasnya burung cendet tersebut. Pasti teman-teman juga menginginkan burung cendet yang memiliki suara merdu dan durasi panjang.

Untuk membuat burung cendet selalu gacor memanglah tidak mudah. Jika ingin menginginkan burung cendet gacor sangat diperlukan perawatan ekstra dan rutin. Jangan menggunakan pola perawatan yang asal-asalan. Selain itu agar burung cendet bisa cepat bunyi, kalian harus memberikan pakan yang bagus untuk cendet.

Pola perawatan yang baik dan benar bisa menentukan hasil yang maksimal pula, yang penting semuanya dilakukan dengan konsisten. Saat memiliki burung cendet yang sangat gacor pasti menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya. Lalu, bagaimana pola perawatan yang tepat untuk burung cendet ombyokan atau hasil pikatan agar cepat gacor?


Berikut Pola Perawatan Harian Burung Cendet Ombyokan

Bagi teman-teman yang masih sangat awam atau pemula, dan baru saja menggeluti dunia burung kicau pastinya membutuhkan penjelasan mengenai pola perawatan burung cendet hasil pikatan agar cepat gacor dan menjadi rajin bunyi setiap harinya. Maka dari itu, kali ini saya akan menjelaskan tips perawatan yang tepat supaya bisa teman-teman terapkan dirumah.

Sebenarnya dalam merawat burung cendet ini sangatlah mudah, karena pola perawatan yang digunakan hampir sama seperti merawat burung kicau lainnya. Selama burung yang teman-teman pelihara masih bertipikal jenis burung petarung, maka metode pola perawatan hariannya tidak jauh berbeda dari burung kicau lain. Burung kicau yang bertipikal jenis petarung, contohnya seperti burung cendet, ciblek, murai batu, kenari, cucak ijo dan jalak suren.

Dari semua jenis burung tersebut, cara perawatannya hampir sama semua. Namun ada beberapa cara khusus yang membedakan dalam perawatan setiap jenis burung kicau tersebut. Salah satunya adalah burung cendet, pola perawatan burung cendet juga memiliki rahasia khusus. Di bawah ini ada beberapa ulasan singkat mengenai pola perawatan rahasia burung cendet yang bisa dengan mudah teman-teman lakukan dirumah.

Siapkan peralatan atau perlengkapan merawat burung cendet

  1. Siapkan kandang atau sangkar untuk burung cendet dengan ukuran standart yang paling bagus yaitu 45x54x20cm.
  2. Buatkan tempat tenggeran untuk burung cendet dari bahan dasar kayu besar.
  3. Selanjutnya, teman-teman bisa menyiapkan full kerodong, karena ini sangat penting yang berfungsi sebagai tempat istirahat dan perkembangan mental burung cendet tersebut. Jika burung cendet teman-teman masih muda, sebaiknya gunakan full kerodong putih saja.
  4. Menyediakan tempat pakan cendet, untuk memberikan pakan berupa ekstra fooding. Teman-teman bisa memberikan 10 ekor jangkrik dan satu sendok makan kroto setiap pagi hari. Selanjutnya, memberikan 5 ekor jangkrik dan 1 sendok kroto pada malam harinya.
  5. Teman-teman juga bisa memberikan pakan voer cendet yang memiliki kadar protein 12-18%.
  6. Jenis serangga yang digunakan sebagai tambahan makanan atau ekstra fooding yaitu jangkrik, belalang, ulat hongkong, kelabang, dan cacing.

Pola Rawatan Harian Cendet Ombyokan

  1. Sebelum teman-teman mulai memandikan burung cendet, teman-teman bisa mengangin-anginkan terlebih dahulu dengan waktu kurang lebih 20 menit sebelum cendet dimandikan.
  2. Selanjutnya, jika burung cendet sudah selesai diangin-anginkan, maka burung cendet bisa langsung dimandikan dengan metode keramba atau menggunakan metode semprot. Mandikanlah burung cendet sampai basah kuyup, hal ini bertujuan untuk melatih fisik burung cendet. Sehingga burung cendet memiliki stamina yang kuat dan bisa gacor dengan durasi panjang.
  3. Jika burung cendet sudah selesai dimandikan, teman-teman bisa langsung memberikan 4 ekor jangkirk di cepuk makanan cendet. Kemudian burung cendet bisa dijemur sampai bulunya mengering. Durasi penjemuran burung cendet ini maksimal bisa mencapai 2,5 jam namun semua itu tergantung dari sinar matahari di daerah masih-masing. Jika sinar matahari sangat panas, teman-teman bisa menjemur selama 1 setengah jam saja.
  4. Setelah melakukan penjemuran, burung cendet bisa diangin-anginkan kembali selama 30 menit. Jika sudah 30 menit, burung cendet harus di full kerodong lagi.
  5. Pada saat jam 3 sore, teman-teman bisa membuka kerodongnya sambil memberikan 2 ekor jangkrik, jika cuaca pada saat itu mendukung teman-teman boleh memandikannya lagi.
  6. Pada pukul 6 sore, burung cendet harus full kerodong lagi sampai pagi.
  7. Ulangi rawatan diatas setiap harinya sampai burung cendet mau bunyi walaupun belum rajin.

Racikan Pakan Untuk Burung Cendet Hasil Pikatan

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa setiap perawatan burung kicau semua jenis hampir sama. Dalam pola perawatan yang bisa membedakan satu dari lainnya yaitu setiap rahasia racikan yang digunakan dalam metode tersebut. Maka dari itu, saya juga akan membagikan tips racikan rahasia pakan cendet agar cepat gacor.

Berikut caranya:
  1. Pertama, teman-teman bisa menyiapkan bahan-bahannya, bahan yang digunakan yaitu tahu 1 kg atau boleh lebih sesuaikan saja dengan kebutuhan.
  2. Lalu, ikan yang berukuran sedang tidak terlalu besar.
  3. 3 butir telur.
  4. 1,5 kg tepung jagung
  5. 1 buah tomat segar.
Cara pengolahannya yaitu ikan harus dibersihkan dari sisiknya terlebih dahulu. Setelah itu ikan bisa digiling sampai halus, lalu campurkan dengan potongan tahu, telur, tomat dan tepung. Kemudian aduklah adonan sampai tercampur rata, perlu diperhatikan untuk cangkang telur sebaiknya jangan dibuang. Teman-teman bisa menumbuk cangkang telur sampai halus. 

Jika semua sudah tercampur rata, tumbukan kulit telur tadi bisa dicampurkan pada adonan. Selanjutnya, semua adonan tersebut bisa langsung di oven sekitar 20 sampai 30 menit. Namun jika sudah 30 menit dan adonan belum kering juga boleh dioven lagi sampai benar-benar kering. Jadi sesuaikan saja dengan kondisi oven masing-masing.

Tapi usahakan jangan sampai gosong ya, jika teman-teman takut adonan gosong bisa di oven sampai setengah kering lalu adonan bisa dijemur. Bahan adonan tersebut bertujuan sebagai pengganti pakan voer.

Akhir Kata

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai pola perawatan yang tepat untuk burung cendet ombyokan agar gacor dan rajin bunyi. Lakukanlah cara diatas supaya burung cendet kalian bisa cepat bunyi ngeplong hingga gacor. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk teman-teman semua, selamat mencoba dan semoga berhasil. Sekian artikel kali ini untuk pertanyaan dan request bisa tulis dikolom komentar. Salam Kicau Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url