Dijamin Sembuh! Cara Mengobati Burung Cendet Jamuran

 

Cara Mengobati Burung Cendet Jamuran- Halo sobat kicau mania Indonesia! Berjumpa lagi dengan saya di blog bangparid. Seperti biasa saya akan membahas seputar burung cendet, di mana pada kesempatan kali ini saya akan mengulas cara mengobati kaki burung cendet yang jamuran. Sebagai kicau mania pastinya kalian sudah mengetahui bahwa burung cendet juga kerap menjadi sasaran jamur. Jamur pada tubuh burung cendet, biasanya tumbuh pada kaki atau sela-sela jari kaki burung cendet.

Adanya jamur pada tubuh burung cendet ini disebabkan oleh banyaknya kuman yang bersarang dalam sangkar. Oleh karena itu, kebersihan sangkar sangatlah penting untuk diperhatikan. Tanpa kalian sadari, kotoran yang menempel pada sangkar apalagi di bagian tangkringan jika tidak segera dibersihkan akan semakin menumpuk dan menyebabkan tumbuhnya kuman serta bakteri. Tangkringan burung yang lembab di tambah dengan adanya sisa makanan dan fases burung membuat tempat tersebut sangat cepat ditumbuhi jamur.

Kebersihan sangkar sangat penting untuk menjaga kesehatan burung cendet, apalagi dibagian tangkringannya. Karena jamur yang tumbuh pada burung cendet disebabkan karena kurang menjaga kebersihan. Sebagai pemilik kalian harus selalu rutin untuk membersihkan sangkar burung agar terlihat bersih. Jika sangkar burung cendet bersih dan rapi, dapat dipastikan burung cendet juga akan nyaman di dalam sangkarnya.

Pada umumnya penyebab utama jamur pada kaki burung cendet adalah tidak tejaganya kebersihan tangkringan pada sangkar. Dari seluruh ruang yang ada dalam sangkar, yang paling sering menjadi tempat burung cendet adalah tangkringan. Sehingga kalian perlu memperhatikan kebersihannya. Lalu, bagaimana cara mengobati kaki burung cendet yang sudah terlanjur tumbuh jamur? Tenang, jangan khawatir di bawah ini ada beberapa tips cara mengobati jamuran pada kaki burung cendet dengan mudah. Jika kalian penasaran dengan tipsnya, simak terus ulasannya berikut ini.

Cara Mengobati Jamur Pada Kaki Burung Cendet

  1. Cara pertama yaitu peganglah kaki burung cendet yang berjamur dengan tenang dan juga santai. peganglah secara perlahan.
  2. Selanjutnya, cucilah kaki burung cendet yang jamuran dengan menggunakan air hangat sampai jamur pada kakinya bersih dan benar-benar hilang jamurnya.
  3. Jika sudah dibersihkan menggunakan air hangat, kalian bisa mengeringkan kakinya menggunakan lap kain bersih.
  4. Setelah dipastikan kakinya cukup kering, langkah selanjutnya adalah mengoleskan minyak tanah pada kaki burung cendet. Lalu biarkan kaki cendet mengering dengan sendirinya tanpa perlu di keringkan.
  5. Kemudian, oleskan salep yang khusus antijamur seperti daktarin, salep 88 dan canesten yang pastinya sudah ampuh untuk mengatasi jamur.
  6. Jika burung cendet sudah diberikan salep anti jamur pada kakinya burung cendet jangan dimandikan. Burung cendet tidak perlu dimandikan sampai dua hari setelah pemberian salep.
  7. Setelah dua hari tidak dimandikan, langkah selanjutnya adalah mencuci kaki burung cendet menggunakan air hangat seperti yang dilakukan pada tips pertama.
  8. Jika sudah kering, selanjutnya adalah mengoleskan minyak pada kaki burung cendet dan biarkan sampai kering, lalu oleskan lagi salep anti jamurnya.
  9. Kalian harus melakukan cara diatas dengan rutin dan konsisten agar hasilnya maksimal. Untuk menghilangkan jamur pada kaki cendet biasanya membutuhkan waktu 3 minggu sampai benar-benar jamurnya bersih.
  10. Setelah tiga minggu perawatan, jamur pada kaki burung cendet akan semakin kering dan mengelupas. Sehingga kaki burung akan sembuh dan kembali seperti semula.
Jika kalian rutin membersihkan sangkar burung, dapat dipastikan burung cendet akan terhindar dari penyakit jamuran. Maka dari itu, kalian tidak boleh malas membersihkan sangkarnya. Jamuran pada kaki burung cendet dapat menganggu penampilan dan psikisnya. Selain itu, jamuran ini juga dapat menyebabkan burung cendet macet bunyi.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url