100% Sehat! Cara Mengobati Burung Cendet Cacingan

 

Burung cendet atau burung pentet merupakan salah satu burung kicau yang banyak disukai oleh kicau mania. Karena burung cendet ini memiliki suara kicau yang lantang dan mampu menirukan suara kicauan burung lainnya. Selain itu burung cendet juga mempunyai banyak variasi suara kicauan burung. Cara mengatasi cendet nyekukruk, namun perlu diketahui bahwa merawat burung cendet tidaklah mudah.

Maka dari itu, saat anda ingin memelihara burung cendet berikanlah perawatan terbaik supaya burung cendet tidak terkena penyakit. Karena kesehatan burung cendet juga terletak pada perawatan hariannya. Selain dari perawatan cara mengatasi cendet kelabakan, burung cendet yang terserang penyakit juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan yang tidak mendukung.

Salah satu penyakit yang sering terjadi pada burung cendet yaitu cacingan. Penyakit cacingan tersebut merupakan penyakit yang sering menyerang saluran pencernaan. Jenis cacing yang menyerang burung cendet tidak beda dengan cacing yang menyerang burung lovebird. Cacing tersebut diantaranya adalah cacing pita, cacing tambang, cacing giling, dan cacing hati.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cendet Kurang Nafsu Makan

Biasanya burung cendet yang mengalami cacingan akan menunjukkan gejala atau ciri-cirinya yaitu mudah mengantuk, kurang bergairah, nafsu makan menurun, lemas, kotoran burung cair, badan semakin kurus dan bulu yang tidak teratur. Lalu, apa penyebab cacingan pada burung cendet? Sebelum membahas cara mengatasi burung cendet cacingan, sebaiknya anda mengenali lebih jelas apa saja penyebab cacingan pada burung cendet.

Penyebab Burung Cendet Cacingan

Pembahasan selanjutnya adalah penyebab cacingan pada burung cendet. Perlu diketahui, bahwa penyebab utama burung cendet cacingan adalah karena sangkar dan tempat makan atau minumnya yang kotor. Untuk mencegah cacingan pada cendet, anda harus selalu rajin menjaga kebersihan sangkar dan tempat makan atau minumnya. Jika tempat tersebut sangat kotor, akan menjadi perkembangbiakan kuman yang sangat berbahaya untuk burung cendet.

Dalam masalah cacingan ini, ada beberapa orang yang menggunakan obat cacing untuk manusia, jika terjadi ketidakcocokan dalam obat tersebut tidak memunculkan dampak negatif apapun. Namun, jika anda tidak yakin untuk memberikan obat tersebut jangan dilakukan. Karena dosis obat tersebut tidak sama dan akan menyebabkan burung pentet mengeluarkan kotoran dari mulut, seharusnya obat tersebut untuk dikonsumsi manusia.

Cara Mengobati Burung Cendet Cacingan Dengan Mudah

Untuk melihat kondisi burung cendet, jangan lupa melakukan kontrol setiap harinya. Sebab syarat utama burung terhindar dari penyakit cacingan adalah dengan memberikann perawatan yang baik dan menjaga kebersihan sangkarnya. Dan tidak hanya itu saja, anda juga wajib membersihkan peralatan lainnya, seperti tepat makan, minum, tenggeran dan untuk pakan serta air minumnya usahakan harus steril.

Anda bisa memberikan air yang sudah matang untuk dikonsumsi burung cendet, karena air yang sudah matang tidak terdapat bakteri di dalamnya. Ingat, anda harus tetap berhati-hati jika memberikan air minum dari sumur, sebab air yang berasal dari sumur dapat terkontaminasi oleh cacing. Maka, lebih baik gunakanlah air mineral atau air minum yang sudah dimasak.


Anda bisa mengatasi cacingan pada burung cendet dengan menggunakan obat-obatan alami seperti wortel, kulit mangga, jambu, daun papaya, krokot, kelapa dan biji jeruk. Cara pengolahannya bisa dengan direbus, lalu diambil air sarinya dan diberikan pada burung cendet untuk air minum.

Akhir Kata

Demikian itulah cara mengatasi cacingan yang terjadi pada burung cendet. Pahami apa saja yang menjadi penyebab burung cendet cacingan, supaya bisa anda hindari. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan sangkar dan peralatan lainnya. Berikanlah perawatan yang baik agar cendet selalu sehat.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url