Cara Ampuh Mengobati Kaki Burung Cendet Yang Bengkak

Cara Mengobati Kaki Bengkak Pada Burung Cendet - Halo sobat kicau mania indonesia, jumpa lagi dengan saya di blog Bang Parid. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengatasi kaki burung cendet yang bengkak. Perlu kamu ketahui pembengkakan pada kaki burung cendet memang sering terjadi, dan banyak sekali penyebab kaki burung cendet bengkak.

Hal ini biasanya disebabkan karena tangkringan burung yang tidak nyaman dan banyak bakteri. Kebersihan sangkar dan semua peralatan dalam sangkar sangatlah penting, sebagai pemilik harus rajin-rajin membersihkan sangkar agar tidak menjadi sarang bakteri yang dapat menimbulkan cara mengobati kaki burung yang tidak nyengkram pada penyakit burung peliharaan.

Baca Juga: Cara Mengobati Kaki Jamuran Pada Burung Cendet

Lalu, bagaimana cara mengobati kaki burung cendet yang bengkak? Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Mengobati Kaki Burung Cendet Bengkak

Menggunakan Larutan Garam

Kaki burung luka atau bengkak yang terjadi pada cendet bisa diobati dengan larutan garam, berikut caranya:
  1. Cara pertama yang bisa kalian lakukan yaitu menyiapkan air hangat.
  2. Kemudian masukkan garam ke dalam air hangat dan diaduk sampai tercampur merata. 
  3. Selanjutnya ambil burung cendet dari dalam sangkar, lalu pegang kakinya yang bengkak pelan-pelan saja agar burung cendet tidak stres.
  4. Lalu masukkan kaki burung cendet tersebut dalam larutan air garam tersebut sampai terendam semua selama 5 sampai 10 menit.
  5. Kamu bisa menggunakan cara ini selama 2 sampai 3 hari berturut-turut. Dapat dipastikan kaki burung cendet yang bengkak akan langsung sembuh.

Menggunakan Minyak Tawon

Untuk mengatasi pembengkakan pada kaki burung, minyak tawon bisa menjadi solusinya . Dengan menggoleskan minyak tawon di area kaki yang mengalami bengkak dapat mengurangi rasa kaku seperti bird cream.

Sehinga lama kelamaan kaki burung cendet akan kempes dan kembali normal. Pengolesan minyak tawon pada kaki burung, cukup dilakukan satu kali oles saja yaitu satu hari sekali. Namun jika pembengkakan sudah terlanjur parah, pengolesan bisa dilakukan 3 kali sehari.

Menggunakan Salep 88

Cara mengatasi pembengkakan pada kaki burung cendet adalah dengan menggunakan salep 88. Karena pada dasarnya salep 88 dapat mengatasi kaki burung yang kaku akibat pembengkakan yang terjadi. Oleh karena itu, salep 88 bisa dijadikan salah rangkaian pengobatan pembengkakan kaki pada burung cendet.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kaki burung cendet yang bengkak. Cara diatas sudah banyak yang menerapkan dan hasilnya pun efektif. Kamu harus menerapkannya dirumah dengan rutin dan tepat agar kaki burung cendet segera kembali normal.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url