Cara Jitu Mengatasi Burung Cendet Keracunan

CARA MENGATASI CENDET KERACUNAN

Cara Mengatasi Cendet Keracunan - Seperti yang kita ketahui, burung cendet adalah salah satu burung petarung yang sangat agresif. Selain itu burung cendet juga termasuk burung yang aktif bergerak dan memiliki banyak variasi suara kicau dari burung jenis lain. Karena berbagai keterampilan yang dimilikinya, burung cendet jadi banyak penggemarnya. Sehingga banyak yang menjadikannya gacoan dalam perlombaan burung kicau.

Kenapa burung tidak mau makan? Karena banyaknya permintaan burung cendet, maka tidak sedikit orang-orang melakukan perburuan liar dihutan untuk menangkap sebanyak-banyaknya burung cendet. Yang di khawatirkan hanya terjadinya kelangkaan terhadap populasi burung cendet di alam liar.

Burung cendet yang diburu dari hutan biasanya menggunakan ramuan yang dicampurkan ke dalam makanannya untuk menjebak burung. Makanan tersebut nantinya akan dimakan oleh burung cendet, setelah itu burung cendet akan menjadi lemas setelah memakannya. Namun ramuan yang digunakan untuk memburu burung cendet seringkali menyebabkan keracunan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Burung Sakit Tidak Mau Makan

Sehingga sangat disayangkan apabila berburu burung cendet menggunakan ramuan ini, burung cendet bisa saja mati sia-sia sebelum dijual di pasaran. Maka dari itu, kali ini saya akan membahas cara mengatasi burung cendet keracunan berdasarkan ciri-ciri burung sakit. Ingin tahu lebih lengkapnya, simak terus penjelasannya berikut ini.

Cara Ampuh Mengatasi Cendet Keracunan

1. Menggunakan getah kemiri dan getah gambir

Menggunakan getah kemiri dan getah gambir untuk mengatasi keracunan pada burung cendet adalah cara yang sudah banyak dikenal orang dan banyak juga yang sudah membuktikan dengan cara tersebut. Mengapa harus menggunakan getah kemiri dan getah gambir? Karena getah kemiri dan getah gambir dapat membunuh bakteri yang ada dalam tubuh.

Cara memberikan getah kemiri dan getah gambir pada burung cendet yaitu dengan mencampurkan getah tersebut pada makanan cendet atau bisa juga menyuntikkan pada jangkrik yang nantinya akan diberikan ke burung cendet. Untuk pemberian getah hanya boleh diberikan seujung kuku saja. Caranya bisa digerus atau dihancurkan terlebih dahulu sampai benar-benar halus, kemudian ditetesi air sebanyak 5 tetes.

Jika getah sudah tercampur dengan air bisa langsung diberikan pada burung cendet. Cara memperoleh getah kemiri dan getah gambir yaitu dengan menyayat batang pohonnya, lalu ditampung. Tapi jika tidak memiliki pohon kemiri dan gambir jangan khawatir, kita bisa mendapatkan getah tersebut di pasaran atau toko yang menjual aneka rempah-rempah.

2. Menggunakan air kelapa muda

Burung cendet yang keracunan biasanya tubuhnya akan lemas dan tidak bisa bergerak karena kekurangan cairan. Maka dari itu, memberikan air kelapa hijau bisa menjadi solusi mengatasi keracunan akibat memakan kaper dengan memberikan tambahan cairan supaya burung tidak lemas. 

Kita bisa meletakkan air kelapa hijau tersebut dalam tempat minum burung cendet, pastikan burung cendet akan meminumnya. Biarkan burung cendet minum air kelapa hijau satu buah untuk 2 hari yang harus diberikan rutin setiap hari selama satu minggu sampai keadaannya membaik. Seperti yang kita ketahui, air kelapa hijau memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah dapat mengembalikan ion tubuh yang hilang karena dehidrasi.

Selain itu air kelapa hijau juga berguna untuk menetralisir racun dalam tubuh burung cendet. Mengapa air kelapa hijau bisa mentralisir racun? Karena air kelapa hijau mengandung unsur nitrogen yang tinggi dan memiliki kandungan nitrogen yang tersusun atas asam amino.

3. Memberikan suntikan antitoxin

Pemberian suntikan antitoxin sangat berguna untuk burung cendet yang sedang keracunan. Namun pemberian suntikan antitoxin ini harus berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu. Karena jika pemberian antitoxin ini terlalu berlebihan dapat memperparah racun yang ada dalam tubuhnya.

Manfaat antitoxin pada tubuh yaitu dapat menetralisir dan bahkan dapat mematikan virus yang ada dalam tubuh burung cendet yang sedang keracunan. Tidak hanya untuk burung cendet, antitoxin juga bisa diberikan pada burung yang keracunan dan juga ayam.

Demikian itulah beberapa cara dalam mengatasi burung cendet yang keracunan. Cara di atas bisa kita terapkan agar burung cendet yang keracunan segera sembuh kembali. Semoga tips diatas bisa menambah pengetahuan sobat kicau dalam menangani burung cendet yang keracunan.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url