Cara Mengobati Kaki Burung Cendet Lumpuh


Cara Mengobati Kaki Cendet Lumpuh - Halo sobat kicau mania dimanapun anda berada! Jumpa lagi dengan saya di blog Bang Parid, seperti biasa saya akan membahas seputar burung cendet. Di mana pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengatasi burung cendet lumpuh. Penasaran bagaimana caranya? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Burung cendet selalu banyak tingkah saat di sangkar ataupun diluar sangkar. Keterampilan yang dimilikinya membuat banyak kicau mania menyukai burung cendet tersebut. Namun dalam merawat burung cendet tersebut tidaklah mudah seperti yang anda bayangkan. Banyak masalah yang sering muncul pada burung cendet sampai membuat pemiliknya khawatir.

Salah satunya adalah kaki burung cendet yang mendadak lumpuh dan kaku atau kaki burung tidak bisa mencengkeram. Masalah kelumpuhan pada burung cendet sering kali terjadi pada semua jenis burung kicau. Contohnya seperti burung kenari, anis merah dan burung murai batu. Kelumpuhan ini terjadi karena beberapa penyebab seperti malnutrisi, infeksi penyakit, gangguan saraf.

Baca Juga: Cara Mengobati Kaki Bengkak Pada Burung Cendet

Kelumpuhan pada burung cendet harus segera ditangani dengan obat syaraf kaki burung agar cepat pulih kembali. Oleh karena itu, dibawah ini saya akan menjelaskan cara mengatasi burung cendet lumpuh dengan baik dan benar. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya dan tahapan dibawah ini ya supaya tidak salah dalam menerapkannya.

Cara Mengatasi Burung Cendet yang Lumpuh

  1. Pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan sangkat khusus untuk tempat penyembuhan.
  2. Biasanya para senior menggunakan sangkar modifikasi. Seperti apakah sangkar modifikasi? Yaitu sangkar yang idealnya memiliki bagian bawah yang bisa dicabut seperti laci. Kemudian, sekat bagian bawah yang berguna untuk menampung kotoran dan jeruji dilepas. Dengan begitu, bagian dasar sangkar adalah triplek tempat penampung kotoran. Bagian dasar tersebut selanjutnya berikan alas seperti koran atau karpet, sehingga diharapkan burung cendet menjadi lebih nyaman dan empuk.
  3. Bagian atas sangkar bisa anda pasangi lampu bohlam 10 watt, pemasangan lampu bohlam ini berfungsi untuk menghangatkan tubuh burung. Karena burung yang mengalami trauma seperti ini akan mengembangkan bulu-bulunya akibat menahan sakit. Maka dari itu, burung cendet membituhkan kehangatan.
  4. Untuk tangkringan burung cendet bisa anda turunkan sedikit lebih rendah, supaya saat burung jatuh dari tangkringan tidak merasa kesakitan.
  5. Jika semua sudah tertata, selanjutnya pindahkan burung cendet yang lumpuh ke dalam sangkar modifikasi tersebut.

Cara Mengobati Cendet yang Lumpuh

  1. Cara mengobati burung cendet yang lumpuh bisa menggunakan minyak tawon. Oleskan kaki burung yang lumpuh menggunakan minyak tawon, sambil diberikan pijatan perlahan yang dimulai dari bagian paha dan bawah kaki.
  2. Untuk pemberian ekstra fooding seperti jangkrik dan kroto dan obat tradisional kaki burung lumpuh harus lebih ditingkatkan.
  3. Selanjutnya, supaya burung cendet cepat sembuh anda bisa memberikan multivitamin.
  4. Jika sudah berjalan selama 4 hari, pemberian minyak tawon bisa dihentika terlebih dahulu. Kemudian gantikan dengan cream khusus kesleo seperti counterpain biru yang tidak menyebabkan rasa panas pada kulit.
  5. Karena burung cendet tidak bisa mengambil makanannya sendiri, maka taruhlah wadah pakan di dasar sangkar yang dekat dengan tubuhnya. Namun, lebih dianjurkan menggunakan wadah kecil atau ceper contohnya seperti tatakan gelas dari plastic.
  6. Lakukanlah tahapan perawatan tersebut secara rutin dan konsisten supaya burung cendet dapat sembuh dengan sepat dan normal kembali.
Demikian itulah beberapa langkah dan tahapan dalam mengatasi burung cendet yang lumpuh. Anda bisa menerapkan cara tersebut dengan rutin dan konsisten supaya kaki burung tidak bisa mencengkeram bisa lekas sembuh dan pulih. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Sekian artikel kali ini semoga penjelasan diatas dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk anda semua.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url