Cara Merawat Burung Cendet Dorong Ekor Agar Cepat Tuntas dan Gacor

Cara Merawat Cendet Dorong Ekor - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tips merawat cendet dorong ekor agar cepat tuntas dan gacor sekaligus memberikan cara mempercepat cendet dorong ekor. Salah satu ciri yang dimiliki burung cendet yaitu memiliki bulu ekor yang panjang.

Tingkat kelenturan ekor burung cendet ini bisa bervariasi, dan panjang maksimal ekor cendet tergantung dari ras atau jenis dan faktor genetiknya. Dengan ekor panjang yang dimiliki burung cendet, tampilan burung cendet akan semakin menawan dan indah. Kelebihan itulah yang dapat memikat hati para kicau mania selain dari suara kicauannya.

Maka dari itulah, cara merawat cendet sulam merupakan hal utama dan paling penting untuk anda ketahui apakah cendet trotol harus full kerodong?. Jika burung cendet sudah selesai dalam proses mabungnya, maka yang harus diselesaikan yaitu bagian proses pemanjangan ekornya. Karena secara bertahap ekor tersebut akan bertambah panjang, sampai batas waktu tertentu dan sesuai dengan kualitas genetic selama perawatan ataupun masa mabung.

Perawatan Cender Dorong Ekor Selesai Mabung

Di saat burung cendet dorong ekor, perawatan yang tepat harus dilakukan agar cendet memiliki bentuk ekor yang sempurna, berkilauan, kuat dan sehat. Jika anda sampai salah sedikit saja dalam perawatannya saat burung cendet dorong ekor, maka dapat menganggu proses tersebut dan dapat menyebabkan ekor cendet menjadi mudah rusak atau patah, bercabang, nyerit dan tidak sepanjang yang sebelumnya.

Oleh karena itu, anda harus memberikan perawatan yang baik saat cendet dorong ekor. Pada dasarnya, dalam merawat burung cendet dorong ekor tidaklah sulit. Namun dalam hal tersebut sangatlah menuntut perhatian anda sebagai pemilik burung agar tidak kecewa dengan hasil akhir tumbuhnya ekor burung cendet kesayangan anda.


Pada saat burung cendet dorong ekor, perawatan yang diberikan sebenarnya sama seperti saat burung cendet mabung. Meskipun begitu, masih banyak pecinta cendet yang belum menyadari hal tersebut dan berapa lama ekor cendet tumbuh setelah dicabut? yang terpenting tetap memberikan perawatan harian seperti biasa. Sehingga hasilnya bisa ditebak, bulu ekor cendet menjadi mudah rusak, bercabang, keriting dan nyerit.

Bahkan panjang ekornya pun juga tidak sama seperti biasa. Jika anda ingin pertumbuhan ekor lebih maksimal, lakukanlah perawatan khusus. Saat burung cendet dorong ekor, banyak pemilik yang memberikanpakan tambahan seperti EF untuk burung cendet. Dengan begitu pakan tambahan seperti EF dapat mendorong tumbuhnya bulu-bulu ekor secara maksimal.

Namun, perawatan tersebut bisa anda lakukan jika sudah terbiasa atau jika anda memiliki banyak waktu untuk merawat burung yang mengonsumsi EF saja, berikut cara cepat pentet dorong ekor.

1. Pakan Tercukupi

Karena banyak sekali para pemilik burung cendet yang memberikan ekstra fooding saat burung cendet dorong ekor. Hal itu disebabkan makanan tambahan buurng cendet dapat mempercepat tumbuhnya bulu-bulu ekor dengan maksimal. Seperti yang saya katakana, anda bisa menggunakan cara tersebut ketika anda sudah terbiasa.

Atau anda memiliki banyak waktu dalam merawat cendet dengan EF saja. Dengan memberikan 4-5 ekor jangkrik untuk burung cendet di pagi hari dan sore hari. Jangan lupa berikanlah pakan alami seperti ulat hongkong untuk cendet mabung, kroto segar sebanyak satu cepuk wadah pakan, setiap 2-3 kali dalam seminggu. Namun, jika anda memiliki kroto yang lebih banyak bisa anda berikan setiap pagi hari.

2. Pemandian

Apakah cendet mabung boleh dimandikan? Proses pemandian sebaiknya dilakukan di kandang keramba. Tapi anda harus menyediakan bak mandi dalam sangkarnya. Dengan melukan terapi mandi, burung cendet akan menjadi lebih fresh dan bersemangat.

Jadi, sangat bagus untuk memulihkan tenaga burung cendet. Anda bisa memandikan burung cendet setelah burung selesai penjemuran. Pemandian cendet ini bisa disemprot dengan sprayer sampai tubuh cendet basah kuyup.

3. Penjemuran

Perawatan penjemuran ini harus anda lakukan secara rutin. Cara merawat burung cendet dorong ekor, bisa anda lakukan dengan menjemur burung cendet minimal dua kali dalam seminggu. Penjemuran burung cendet tersebut hanya dilakukan saat pagi hari saja, setelah matahari terbit dan dengan durasi yang singkat yaitu sekitar kurang lebih 15 menit.

Saat dalam masa perawatan, sebaiknya burung cendet ditempatkan di tempat yang sejuk, nyaman dan aman dari gangguan hewan lain. Selain itu anda juga bisa mmeberikannya full kerodong supaya burung bisa beristirahat dengan nyaman.

4. Menjaga Kebersihan Sangkar

Jika anda sangat suka memelihara burung cendet, maka jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan sangkar dan peralatan burung lainnya. Dengan menjaga kebersihan sangkar, burung cendet akan terhindar dari serangan tungau atau kutu. Memberikan tambahan vitamin dan suplemen untuk cendet dapat mendukung dan mempercepat pertumbuhan ekor lebih maksimal.

5. Melakukan Pemasteran

Jika burung cendet masih dalam perawatan, alangkah baiknya anda juga harus melakukan pemasteran. Supaya burung cendet bisa berlatih lagi dengan berbagai variasi suara kicau burung lain. Proses pemasteran ini bisa anda lakukan dengan mendengarkan mp3 player pada burung cendet saat cendet sedang di kerodong pada tempat yang sepi.

Kenapa pemasteran dilakukan pada tempat yang sepi? Karena jika tempat sepi, burung cendet akan lebih fokus  mendengarkan suara masteran tersebut, sehingga proses pemasteran akan lebih cepat masuk dan terekam di otak cendet.

Penutup

Demikian itulah cara ampuh mengatasi burung cendet dorong ekor. Lakukanlah perawatan diatas secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Sekian artikel kali ini, untuk request dan pertanyaan silakan tulis dikolom komentar.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url