Cara Merawat Burung Cendet Trotol Agar Cepat Ganti Bulu

 

Cara Merawat Cendet Trotol Agar Cepat Ganti Bulu

Cara Merawat Cendet Trotol Agar Cepat Ganti Bulu - Halo sobat kicau mania dimanapun anda berada, jumpa lagi dengan saya di blog Bang Parid. Seperti biasa saya akan membahas seputar permasalahan, tips, dan perawatan cendet lepas trotol. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tips merawat burung cendet trotol agar cepat ganti bulu.

Bagi kicau mania yang sudah lama menggeluti dunia burung kicau, pastinya sudah paham dan hafal bahwa burung cendet muda pasti mengalami pergantian bulu atau ngurak pertama yaitu di usia 4 sampai 5 bulan, itu adalah usia cendet lepas trotol.

Baca Juga: Cara Menjinakkan Cendet Trotolan

Namun, banyak pemilik burung cendet yang ingin mempercepat pergantian bulu tersebut karena cendet mabung tidak tuntas. Sehingga mereka mencari cara tentang rawatan untuk mempercepat burung cendet trotol ganti bulu dan cara merawat cendet trotol agar tidak miyik. Di bawah ini ada beberapa cara rawatan burung cendet trotol cepat ganti bulu.

Cara Mempercepat Cendet Trotol Ganti Bulu

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat cendet mabung atau ganti bulu. Untuk ulasan selengkapnya mengenai cara merawat cendet mabung tidak tuntas, bisa kalian simak dibawah ini.

1. Full kerodong

Perawatan pertama yaitu burung cendet harus selalu dikerodong siang dan malam. Kerodong boleh dibuka hanya saat membersihkan sangkar dan memberi makanan saja. Untuk pemberian pakan sama seperti harian biasanya, hanya saja selama burung cendet trotol ngurak harus dilakukan kerodong full.

Usahakan untuk membersihkan sangkar minimal seminggu 3x dan mandikan burung cendet setiap seminggu sekali juga. Penjemuran hanya dilakukan 15 menit dan resleting kerodong dibuka.

2. Meningkatkan pemberian EF

Perawatan kedua yaitu dengan meningkatkan pemberian ekstra fooding. Ekstra fooding ini bisa ditambahkan selama burung cendet mabung, yang biasanya diberikan jangkrik 3 ekor maka pada saat ngurak bisa ditambah menjadi 5 ekor.

Selain jangkrik, kalian juga bisa memberikan ulat hongkong 5 ekor di sore harinya. Namun ingat burung cendet harus selalu dikerodong seperti cara pertama.

3. Peningkatan EF kedua

Perawatan ketiga yaitu meningkatkan lagi pemberian ekstra fooding seperti cara kedua, namun harus diberikan kroto dua hari sekali full satu cepuk. Untuk kerodong, penjemuran dan pemandian seperti cara pertama.

4. Peningkatan EF ketiga

Setelah memberikan kroto dua hari sekali full satu cepuk untuk perawatan cendet lepas trotol agar cepat mabung, kalian bisa menambahkan susu bubuk pada kroto tersebut. Namun untuk kroto yang dicampur susu bubuk, saya sarankan untuk memberikannya seminggu 1x saja.

5. Menerapkan terapi sauna

Cara merawat pentet trotol biar cepat gacor yaitu dengan melakukan perawatan terapi sauna. Caranya burung dikerodong full lalu dijemur dibawah sinar matahari dan sesekali disemprot kerodongnya agar sedikit lembab dan panas di dalam sangkar tidak terlalu terasa.

Saat menyempot resleting kerodong harus dibuka, ingat air minum dalam sangkar harus tersedia. Hal itu karena agar burung tidak dehidrasi atau merasa gelisah di dalam sangkar.

Akhir Kata

Semikian itulah beberapa tips pola perawatan untuk burung cendet trotol supaya cepat ganti bulu. Mungkin tips diatas bisa membantu kalian dalam merawat burung cendet trotol yang ngurak. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam Cendet Mania!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url