Cara Mudah Mengatasi Penyakit Tetelo Pada Burung Cendet

CARA MENGATASI BURUNG CENDET TETELO

Cara Mengatasi Burung Cendet Tetelo - Memang dalam merawat burung cendet supaya gacor dan bongkar isian tidaklah mudah. Banyak sekali kendala yang menyebabkan burung cendet terkena penyakit dan berakhir mati. Padahal sudah diberikan perawatan yang tepat agar burung tetap sehat dan gacor. Namun burung cendet adalah makhluk hidup tentunya burung cendet juga dapat terserang penyakit.

Penyakit yang sering menyerang burung cendet salah satunya adalah penyakit tetelo. Penyakit tersebut disebabkan oleh virus NDV yang banyak menyerang unggas. Oleh karena itu, sebagai pemilik kita harus mengetahui cara mengatasi penyakit tetelo tersebut dengan obat tetelo burung. Jika kita sampai terlambat dalam memberikan penanganan, penyakit tetelo pada burung cendet akan semakin parah dan menyebabkan kematian.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kaki Cendet Lumpuh

Hal itu dikarenakan virus NDV yang menyebabkan penyakit tersebut sangatlah mematikan karena adanya penularan tetelo. Penyakit tetelo merupakan penyakit yang sering menyerang unggas dan penyakit tersebut sangat fatal. Tetapi jangan panik, kali ini saya akan memberikan cara mengatasi penyakit tetelo pada burung cendet. Maka dari itu, simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Mengobati Penyakit Tetelo Pada Burung Cendet

1. Jangan terlalu panik dan gegabah

Sebelum mengatasi penyakit tetelo pada burung cendet, hal pertama yang perlu dilakukan adalah tetap bersikap tenang dan jangan panik. Hal ini sangat penting dilakukan, karena di saat orang sedang panik dan bingung mereka tidak akan tahu apa yang harus dilakukan.

Sebaiknya tenangkan fikiran terlebih dahulu, kemudian mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Namun jangan berfikir terlalu lama juga karena kondisi burung sangat dipertaruhkan.

2. Memberikan perawatan ekstra

Cara selanjutnya untuk mengatasi penyakit tetelo pada burung cendet adalah dengan memberikan perawatan ekstra. Perawatan yang perlu dilakukan yaitu selalu menjaga kebersihan kandang dan juga peralatan burung lainnya, maka penyakit enggan mendekat. Selain itu kebersihan badan burung cendet juga sangat penting agar terhindar dari kuman dan bakteri.

Menjaga kebersihan burung cendet dengan menjemurnya setiap 15 menit dapat menghilangkan bakteri dan kuman karena tetelo disebabkan oleh bakteri dan kuman. Burung cendet yang sedang terserang penyakit tetelo sebaiknya jangan dimandikan sampai burung sembuh untuk menjaga kekebalan tubuhnya.

3. Menggunakan obat alami

Untuk mengatasi burung cendet yang terserang penyakit tetelo bisa menggunakan obat-obatan alami. Mengapa menggunakan obat-obatan alami? Karena bahan-bahannya yang sangat mudah ditemukan. Obat alami yang digunakan kali ini banyak sekali mulai dari larutan gula, madu asli hingga daun saga pun bisa digunakan.

Tentunya bahan-bahan tersebut sangat murah meriah dan dapat ditemukan dengan mudah. Memanfaatkan daun saga untuk pengobatan sangat mudah sekali. Pertama kita harus meremas daun saga sampai mengeluarkan air dan selanjutnya air remasan tadi diberikan pada burung cendet, itu adalah obat tetelo paling ampuh.

4. Menggunakan obat kimia

Selain menggunakan obat-obatan herbal atau alami, kita juga bisa menggunakan obat-obatan kimia yang lebih praktis. Dengan memberikan obat anti saraf burung yang banyak dijual di kios-kios burung berbagai wilayah. Obat anti saraf tersebut berfungsi untuk memvaksin tubuh burung cendet dari ancaman virus NDV.

Jika tidak ingin memberikan obat anti saraf, bisa juga menggunakan obat metabolisme agar kekebalan tubuh burung tetap terjaga. Namun jika dengan cara ini belum juga maksimal sebaiknya bawalah burung cendet ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan.

Kesimpulan

Jadi, begitulah cara mengatasi penyakit tetelo pada burung cendet. Jika kita memberikan perawatan sehari-hari dengan baik dan selalu menjaga kebersihan, maka burung cendet tidak akan mudah terjankit penyakit ataupun virus. Oleh karena itu menjaga kebersihan tubuh burung cendet dan sangkar serta perlengkapannya sangatlah penting untuk mencegah penyakit.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url