Berapa Kali Memandikan Burung Cendet? Simak Ulasannya

BERAPA KALI MEMANDIKAN BURUNG CENDET

Berapa Kali Memandikan Burung Cendet - Halo sahabat kicau mania! Jumpa lagi dengan saya di blog Bangparid. Seperti biasa saya akan membahas seputar burung kicau. Di kesempatan hari ini saya akan membahas tentang berapa kali memandikan burung cendet. Merawat burung cendet memang tidaklah mudah, namun berbeda bagi orang yang sudah hobi memelihara burung kicau.

Merawat burung cendet menjadi sangat menyenangkan dengan begitu pemilik akan memberikan perawatan sebaik mungkin. Burung cendet memang sangat memikat hati banyak orang. Mempunyai suara kicau yang merdu dan cantik membuatnya sangat anggun dan menawan.

Burung kicau seperti itulah yang banyak menjadi idaman kicau mania. Jika burung kicau mempunyai kualitas suara yang indah dan bagus, maka burung cendet akan memiliki harga jual yang lebih tinggi. Semakin berkualitas burung kicau harganya pun juga tidak main-main. Banyak orang yang merawat burung cendet untuk menjadi peliharaan dirumah, namun tidak jarang juga ada yang menjadikannya gacoan di arena perlombaan.

Perawatan untuk burung cendet lomba memang tidak jauh berbeda dari burung cendet peliharaan ruma. Meskipun digunakan dalam hal yang berbeda, nyatanya perawatan yang diberikan juga sama. Hanya saja settingan khusus yang membuatnya berbeda dari burung cendet lain. Settingan sangat diperlukan untuk cendet lomba, dengan setingan yang bagus maka burung cendet akan memiliki performa yang jauh lebih bagus dari biasanya.

Merawat burung cendet memang tidak lepas dari cara memandikan burung cendet. Pemandian untuk burung cendet sudah menjadi salah satu bagian dari rangkaian perawatan burung cendet sehari-hari. Jadi, memandikan burung cendet memang diwajibkan untuk semua kicau mania jika ingin burung cendetnya berkualitas dan sehat.

Seringkali terdengar pertanyaan dari sahabat kicau pemula yaitu berapa kali memandikan burung cendet? Pertanyaan itulah yang sering dilontarkan oleh sahabat cendet pemula. Proses memandikan burung cendet memang tidak sama bagi setiap pemilik burung kicau. Ada beberapa yang memandikannya dua kali sehari atau satu kali sehari.

Baca Juga: Settingan Burung Cendet Pilis Supaya Gacor

Semua itu dilakukan tergantung kebutuhan masing-masing dengan air garam untuk burung cendet. Selain itu sebagai pemilik pastinya sudah mengenal karakter burung cendet mereka, sehingga dapat menentukan perawatan yang pas untuk burung kicau peliharaannya dengan manfaat mandi malam untuk cendet.

Cara Memandikan Burung Cendet Dengan Benar

Jadi, memandikan burung cendet tidak dibatasi. Namun, sahabat juga harus tau kondisi burung cendet, jangan terus-terusan dimandikan meskipun tidak ada aturannya. Pada umumnya, para kicau mania senior sering memandikan burung cendet di siang hari dan malam hari.

Namun, hal ini pastinya sudah benar-benar disesuaikan dengan karakter burung terapi cendet malam hari. Apakah cendet trotol boleh mandi malam? Jika sudah selanjutnya yaitu cara memandikan cendet malam hari.

1. Memandikan burung cendet pagi hari

Sebenarnya memandikan burung cendet sangatlah mudah, tetapi bagi pemula terkadang memang sulit dilakukan. Mengapa demikian? Karena hal ini memang wajar, seorang pemula pasti sangat awam dengan perawatan burung. Sehingga mereka membutuhkan pembelajaran atau praktek terlebih dahulu.

Waktu terbaik untuk memandikan burung cendet yaitu pada pagi hari setiap jam 08.00 hingga jam 10.00. Ketika sahabat sedang memandikan burung cendet, usahakan jangan memberikan makanan berupa jangkrik atau makanan lainnya terlebih dahulu.

Jadi, alangkah baiknya memberikan makanan setelah burung cendet dimandikan. Memandikan burung cendet memang harus dilakukan setiap hari supaya cendet lebih nyaman. Tetapi, anda tidak perlu memandikannya sehari 3 kali cukup mandikan sekali dalam sehari sudah membuat burung cendet sehat dan bugar.

2. Menurunkan sangkar dari gantungan

Jika waktu memandikan burung cendet sudah selesai, langkah selanjutnya yaitu menurunkan burung cendet dari gantungan atas dan turunkan ke tanah. Saat memandikan burung cendet, sebaiknya ambil terlebih dahulu makanan yang ada dalam sangkar atau makanan penampung dalam sangkar terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk mengambil penambung kotoran burung. Hal ini memang sangat perlu dilakukan supaya saat dimandikan air  dan shampo burung cendet tidak membasahi penampung tersebut.

3. Gunakan metode penyemprotan

Proses memandikan burung cendet dengan menggunakan metode penyemprotan. Saat melakukan cara ini sebaiknya sahabat menyemprotkannya dengan halus. Cara terbaik saat melakukan penyemprotan adalah mennyemprot bagian atas burung sampain bawah hingga tubuhnya basah.

Namun, penyemprotan mandi ini bisa sahabat lakukan dari arah manapun  yang penting burung cendet merasa nyaman. Jika burung cendet sudah dalam posisi nyaman, sahabat bisa menambahkan kecepatan sprayer menjadi sedang. Usahakan jangan terlalu keras supaya burung cendet tidak merasa kesakitan.

Dalam pemandian penyemprotan ini biasanya akan menghabiskan satu hingga dua botol saja. Memandikan burung cendet yang sehat dan juga banyak bergerak umumnya akan menghabiskan satu botol atau dua botol saja, jadi jangan terlalu sedikit cukup sampai burung cendet merasa puas.

4. Biarkan sejenak setelah disemprot

Apabila bulu burung cendet sudah terlihat cukup basah, maka penyemprotan sudah selesai. Setelah melakukan penyemprotan burung cendet harus di diamkan selama 5 menit. Dan pada saat itu pula burung cendet akan mengibaskan bulunya yang sudah basah karena air.

Pada saat burung cendet istirahat selama 5 menit, sahabat bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk membersihkan kotoran pada tubuh burung cendet, lalu bisa disemprotkan lagi. Jika saat menyemprot burung cendet masih tetap kudis, berarti burung cendet masih senang dimandikan. Tetapi, jika burung saat disemprot menghindari air berarti burung cendet sudah puas dimandikan.

5. Keringkan sangkar

Jika sahabat sudah selesai memandikan burung cendet, jangan lupa untuk mengeringkan sangkarnya. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk menjaga sangkar burung tetap awet. Pembersihkan sangkar bisa sahabat lakukan dengan menggunakan lap.

Untuk melakukan semprotan sebaiknya gunakan semprotan pompa daripada semprotan manual. Karena semprotan pompa dapat dilakukan dalam jarak jauh dan memiliki kapasitas tabung yang manyak. Jadi, proses penyemprotan jadi lebih maksimal.

6. Angin-anginkan burung cendet

Perawatan selanjutnya setelah pemandian yaitu mengangin-anginkan burung cendet. Cara ini dilakukan supaya burung cendet menjadi cepat kering dan tidak kedinginan. Sahabat bisa mengangin-anginkan burung cendet tersebut di depan rumah atau teras rumah.

Mengangin-anginkan burung cendet memang harus dilakukan secara rutin supaya cendet bisa lebih energik dan sehat. Apabila burung cendet sudah mulai kering karena penjemuran cendet yang baik, selanjutnya sahabat bisa memberikan makanan apapun sesuai selera seperti kroto, ulat hongkong, jangkrik dan belalang.

Penutup

Bagimana sudah jelas kan jawabannya diatas, selain menjawab pertanyaan berikut saya juga sudah memberikan tips cara memandikan burung cendte dengan benar. Semoga saja tips diatas dapat membantu sahabat kicau pemula untuk melakukan perawatan burung kicau menjadi lebih baik.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url