Cara Bikin Burung Cendet Buka Paruh, Terbukti Ampuh!

CARA BIKIN CENDET BUKA PARUH

Cara Bikin Cendet Buka Paruh - Halo kicau mania indonesia! Jumpa lagi dengan saya di blog Bangparid. Informasi seputar burung kicau ya bang parid solusinya. Seperti biasanya saya akan mengulas tentang burung kicau dan pada kesempatan hari ini saya akan membahas cara membuat cendet rajin bunyi. Burung cendet dikenal sebagai burung yang agresif, selain itu burung yang satu ini mempunyai banyak kelebihan yaitu suara kicauannya yang merdu dan tentunya sangat bervariasi.

Merawat burung kicau memanglah tidak mudah, meskipun para senior pecinta burung kicau merawatanya mereka juga akan mengungapkan keluhan yang sama. Perawatan burung kicau memang harus maksimal dengan ramuan untuk cendet biar gacor supaya burung tersebut dapat gacor dan buka paruh. Banyak sekali cara yang dilakukan kicau mania diluaran sana untuk membuat gacoannya bisa buka paruh.

Meskipun begitu tidak sedikit pula yang gagal, artinya merawat burung kicau tersebut memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan penuh. Dengan konsisten memberikan perawatan ekstra, dapat dipastkan burung cendet akan semakin gacor dan buka paruh. Tidak hanya berlaku untuk burung cendet, perawatan diatas juga dapat dilakukan untuk jenis burung kicau lainnya.

Karena cara membuat cendet berdiri tegak susah-susah gampang, maka banyak sahabat kicau yang menemui kegagalan dalam perawatannya sehingga menggunakan manfaat burung emprit untuk cendet. Karena dalam hal ini memang banyak sekali menguras pikiran, tenaga dan juga waktu. Tapi jika dilakukan dengan cara memancing suara cendet, hasilnya akan sangat memuaskan nantinya.

Baca Juga: Perawatan Cendet Tanpa Jemur

Jika sudah diberikan perawatan dengan benar, namun burung cendet tidak buka paruh bagaimana cara mengatasinya? Tenang, sahabat kicau tidak perlu khawatir, kali ini saya akan membagikan tips perawatan cara membuat suara cendet keras. Berikut langkah-langkah perawatan untuk cendet buka paruh.

Cara Menyeting Burung Cendet Agar Buka Paruh

  1. Pada pagi hari sebelum matahari muncul, burung cendet sebaiknya diangin-anginkan selama 30 menit sebelum burung cendet mulai dimandikan. Mengangin-anginkan burung cendet bertujuan agar burung tidak kaget saat dimandikan dan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
  2. Setelah burung cendet mulai dimandikan, sebaiknya gunakanlah bak keramba untuk memandikannya atau bisa menggunakan sprayer lalu disemprotkan ke burung hingga basah kuyup.
  3. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang dan jangan lupa mengganti air minumnya dan pakan.
  4. Selanjutnya berikanlah makanan 4 hingga 5 jangkrik ke dalam cepuk ekstra fooding, usahakan jangan memberikan jangkrik langsung dari tanga agar cendet tidak menjadi manja dan bisa kurang ganas saat bertarung di arena perlombaan.
  5. Setelah itu, jemur burung cendet selama 1 hingga 2 jam yaitu sekitar pukul 8 sampai 11 siang. Dan pada saat burung cendet dijemur, jangan sampai melihat burung sejenis.
  6. Kemudian jika sudah dijemur, burung cendet harus diangin-anginkan terlebih dahulu sekitar 10 sampai 20 menit.
  7. Saat melakukan pemasteran pada burung cendet, usahakan burung dalam keadaan dikerodong dan pemasteran dilakukan 10 hingga 15 menit.
  8. Pada sore harinya, berikanlah jangkrik 2 atau 3 ekor dan diangin-anginkan kembali.
  9. Jika sudah jam 18.00 WIB. Burung cendet harus dikerodong full sampai besok pagi.
  10. Untuk pemberian kroto usahakan diberikan setiap seminggu sekali, dan satu ekor cacing harus diberikan seminggu sekali. Berikanlah vitamin 2 sampai 3 kali dalam seminggunya yang dicampurkan pada air minum.

Penutup

Cara menaikan mental cendet memang selalu membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Jika sahabat melakukannya dengan penuh kesabaran maka hasilnya juga akan memuaskan dan membuat sahabat terkagum-kagum dengan hasilnya yang maksimal dan sesuai harapan. Jadi, intinya lakukanlah perawatan diatas dengan benar agar tidak menimbulkan kesalahan yang fatal untuk cendet.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama