Cara Melatih Burung Cendet Gacor Dengan Tangan

CARA MELATIH CENDET GACOR DENGAN TANGAN

Cara Melatih Burung Cendet Gacor Dengan Tangan - Merawat Burung kicau seperti burung cendet sangatlah menyenangkan. Apalagi burung cendet ini mempunyai suara kicauan yang merdu dan bervariasi, selain itu burung cendet juga memiliki fisik yang gagah dan ekor panjang menjuntai. Gaya bertarung burung cendet ini juga sangat atraktif  yaitu memainkan ekornya naik turun.

Namun, terkadang banyak pemilik burung yang mengeluh saat merawat burung cendet yang mendadak tidak mau bunyi. Bahkan ada yang masih giras dan glabrakan padahal burung cendet sudah cukup lama dipelihara. Lalu, bagaimana cara mengatasi cendet giras agar jinak dan cara merawat burung cendet anakan? Tenang, biasanya burung cendet yang mempunyai karakter liar dan susah jinak adalah burung cendet hasil tangkapan hutan yang sudah berusia dewasa atau cukup tua.

Namun, ada juga burung cendet muda yang susah jinak jadi semua itu tergantung dari karakter masing-masing burung dan cara perawatannya. Burung yang sudah benar-benar jinak biasanya akan selalu berkicau meskipun ada orang asing di sekitarnya. Tapi, jika ada orang asing disekitarnya dan burung cendet langsung macet bunyi dapat dipastikan burung cendet takut orang. Terus, bagimana solusinya agar burung cendet tidak takut orang?

Baca Juga: Cara Mendongkrak Emosi Cendet

Cara cendet cepat gacor dan tidak takut orang yaitu kita harus membuatnya jinak total. Jinak total inilah yang di inginkan oleh semua pemilik burung kicau, karena saat burung cendet jinak total ketika di dekati atau di cetreki burung tersebut tetap berkicau. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk membuat burung cendet jinak total dan gacor. Supaya burung cendet tidak merasa tertekan dengan lingkungan sekitarnya, sehingga burung cendet akan berani berkicau dengan lantang meskipun banyak orang di sekelilingnya.

Itulah yang dinamakan gacor. Jika kita memelihara burung cendet muda hasil tangkapan dari hutan, akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membuatnya menjadi mapan dan gacor. Tapi, biasanya burung cendet ini akan gacor ketika suasana sekitar mulai sepi atau hanya saat di trek dengan burung cendet lain dengan cara menyeting burung cendet.

Namun, semua itu hanyalah berlaku untuk burung cendet yang bermental tangguh sedangkan bagi burung cendet yang bermental lemah akan semakin membisu saat ditrek dengan burung cendet lain, dan bahkan bisa membuatnya stres dan macet bunyi.

Cara Melatih Burung Cendet Yang Giras Agar Jinak Total dan Gacor

1. Rajin memandikan cendet

Memandikan burung cendet setiap hari merupakan cara yang paling umum dilakukan oleh kicau mania yang ingin menjinakkan burung cendet bakalan yang masih liar atau hasil tangkapan dari hutan. Cara memandikannya sangatlah mudah, cukup menyemprotakan air dengan sprayer sampai bulu-bulunya basah kuyup. Proses memandikannya bis akita lakukan di dalam keramba atau di dalam kandang hariannya.

Namun, akan lebih bagus lagi jika burung cendet dipegang langsung dengan tangan seperti memandikan burung perkutut. Jika seluruh bulunya sudah basah kuyup, burung cendet akan lebih tenang karena sedang merasa kedinginan dan lapar. Pada saat itu, kitab isa memberikan jangkrik langsung ke dalam kandangnya menggunakan tangan langsung sampai burung cendet menjadi tenang.

Mungkin car aini sedikit ekstrim, tapi jika tidak mencoba menggunakan car aini maka burung cendet akan tetap liar meskipun sudah laam dipelihara. Hal itu juga akan merepotkan kita saat merawatnya sehari-hari atau saat dibawa keluar karena saat didekati burung cendet akan glabrakan. Burung cendet yang masih giras dan takut orang tidak akan bisa berkicau dengan maksimal karena selalu waspada dengan sekitar.

2. Menerapkan terapi lapar

Selanjutnya yaitu kitab isa mencoba terapi lapar, caranya sangatlah mudah. Pada malam hari ambillah cepuk pakan dan minumanya, hal ini bertujuan agar burung cendet merasa kelaparan di pagi harinya. Setelah itu, pagi harinya kitab oleh memberikan jangkrik pada burung cendet langsung dari tangan sambil menyiuli atau di cetreki.

Lakukanlah cara tersebut setiap pagi hari supaya burung cendet mengenal dan merasa bergantung pada pemiliknya sampai burung cendet birahi dengan cara menaikkan birahi cendet agar gacor.

3. Menggantang cendet di tempat ramai

Dengan menggantang burung cendet ditempat yang ramai merupakan salah satu cara yang bisa kita gunakan agar burung cendet dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Jika cara tersebut dilakukan setiap hari, maka nantinya burung cendet akan terbiasa dengan aktivitas manusia yang ada disekitarnya. Gantanglah kandang burung cendet di tempat yang ramai dan dilalui banyak orang atau kendaraan.

Lakukanlah setiap hari tapi jangan terlalu tinggi. Kira-kira sekitar 1,5 meter dari permukaan tanah. Memang pada awalnya burung cendet akan nglabrakan dan mulai ketakutan saat ada orang yang mnéndekati kandangnya. Bahkana da juga yang menabrakkan dirinya ke jeruji sangkar, sehingga menyebabkan kepalanya terluka.

Lalu, bagaimana cara mengatasi cendet giras nabrak jeruji? Caranya ya kita harus melakukan perawatan diatas, semua rangkaian perawatan harus dilakukan dengan konsisten supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Jika kita melakukannya dengan sabar, lama kelamaan burung cendet giras akan berubah menjadi tenang dan tidak merasa ketakutan saat ada orang yang mendekat.

Namun, tidak semua burung cendet bisa cepat jinak saat menggunakan cara ini, karena setiap burung cendet memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada burung cendet yang cepat jinak dan adapula yang sulit jinak. Biasanya burung cendet yang cepat jinak saat di gantang di tempat ramai selama beberapa minggu sudah mulai jinak dan gacor. Sedangkan burung cendet yang sulit jinak mau digantang berapa lama pun juga tetap giras.

4. Letakkan sangkar cendet di bawah

Meletakkan kandang burung cendet di lantai dapat menjadi cara membuat burung cendet cepat jinak. Cara ini harus dilakukan di lantai rumah ya, lalu pintu harus dalam keadaan tertutup supaya terhindar dari serangan kucing. Letakkan kandang burung cendet di tempat biasa kita berkumpul dengan keluarga.


Sehingga lama-kelamaan burung cendet tersebut akan mulai terbiasa dengan keberadaan orang sekitar. Namun, jika khawatir burung diserang kucing. Kita bisa membuatkan cantelan kecil yang tidak terlalu tinggi. Setiap kali berjalan melewati kandangnya, bisa kita berikan jangkrik langsung dari tangan sambil di cetrek I atau di siuli agar burung cendet mengenali perawatnya.

Sehingga nanti saat melihat perawatnya, burung cendet akan mengejar dan meminta makan. Jika sudah menerapkan car aini 2 sampai 3 minggu dapat dipastikan burung cendet yang sebelumnya giras akan berubah menjadi jinak dan menjadi tenang saat mencoba di dekati.

Akhir Kata

Jadi itulah artikel tentang cara melatih cendet gacor dengan tangan yang bisa dicoba. Perawatan diatas harus dilakukan secara rutin dan konsisten supaya hasilnya juga maksimal. Sekian artikel kali ini, semoga penjelasan artikel diatas dapat di pahami dan dimengerti serta bisa dijadikan referensi dalam perawatan burung cendet gacor dan jinak total.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url