Cara Merawat Burung Cendet Baru Beli Ombyokan

CARA MERAWAT CENDET BARU BELI OMBYOKAN

Cara Merawat Cendet Baru Beli Ombyokan - Halo pecinta kicau Indonesia! Terima kasih sudah berkunjung di blog Bangparid. Informasi seputar burung kicau? Bangparid solusinya! Oke, kali ini saya akan membahas cara merawat cendet baru beli ombyokan agar cepat gacor. Seperti yang kita ketahui, bahwa burung cendet adalah salah satu burung kicau yang menjadi primadona di kalangan kicau mania. Keunikkan dan kelebihannya lah yang membuat kicau mania tertarik untuk memeliharanya.

Burung cendet sangat mudah ditemui kita bisa mendapatkannya di hutan atau membelinya di pasar. Jika kita ingin mendapatkannya tanpa bersusah payah, kita tinggal membelinya di pasar burung saja dengan mengetahui cara menjinakkan cendet muda hutan. Dengan begitu kita bisa mendapatkannya secara langsung dan sekaligus bisa memilih burung cendet mana yang berkualitas.

Baca Juga: Cara Memilih Cendet Muda Hutan yang Bagus

Namun, bagi pemula cara ini mungkin sangat sulit dilakukan mengatasi cendet macet total. Karena mereka baru saja menggeluti dunia burung kicau, pastinya belum tau cara memilih cendet bakalan yang prospek. Oleh karena itu, sangat disarankan sebelum melakukan pembelian di pasar burung kita harus mempelajari cara memilih cendet bakalan yang prospek.

Usahakan jangan bertanya pada penjual, karena seorang penjual biasanya akan mengatakan bahwa semua burung cendet bakalan yang mereka jual berkualitas. Apalagi kita sebagai pemula pasti sangat awam dengan ciri-ciri tersebut jadi akan sangat mudah untuk dikelabuhi. Namun, jika kita mempunyai teman yang paham tentang burung kicau khususnya burung cendet, kita bisa mengajaknya agar nanti bisa membantu dipilihkan cara mengatasi cendet miyik dan macet bunyi.

Tapi tetap usahakan untuk mempelajari ciri-ciri cendet bakalan yang prospek dan cara merawat cendet muda biar cepat gacor, supaya tidak bergantung pada orang lain. Pada saat ini burung cendet bakalan yang terjual di pasaran adalah hasil tangkapan hutan atau pasokan dari pemikat burung dari desa. Supaya burung cendet bakalan muda hutan tersebut bisa bertahan hidup dan diharapkan dapat berkicau maka burung cendet harus dirawat dengan sebaik mungkin.

Perawatan utama yang perlu diperhatikan adalah pemberian makanan yang mudah dicerna dan dimakan oleh burung cendet. Mungkin pada satu bulan pertama adalah masa transisi yang cukup sulit, sehingga pada waktu ini pemilik harus benar-benar memperhatikan supaya burung cendet selamat dengan cara menjinakan cendet stres.

Cara Merawat Cendet Ombyokan

  1. Pertama yang perlu diperhatikan adalah pemberian makanan untuk cendet. Makanan yang paling disukai burung cendet bakalan muda hutan adalah ulat kandang. Mengapa sangat disukai? Karena serangga ini sangat mudah di temukan di hutan, sehingga sering menjadi incaran burung cendet muda sebagai makanan. Tips yang harus diperhatikan adalah jika kita baru saja membeli burung cendet bakalan, usahakan jangan langsung cendet ganti voer murni atau kroto murni. Karena burung cendet bakalan tidak akan mungkin memakan kedua makanan enak tersebut.
  2. Selanjutnya adalah memasukkan ulat kandang kedalam wadah makanan burung cendet lalu ditaburi dengan voer diatasnya.
  3. Setiap pagi hari, kita harus selalu mengecek pakannya. Setelah itu tambahkan ulat kandang dan juga voer.
  4. Pada hari kedua, kita bisa memberikan 4 ekor jangkrik yang dibagi menjadi 2 untuk pagi hari dan sore harinya. Untuk mempercepat penjinakkan , kita bisa memberikan jangkrik dengan menggunakan sapu lidi.
  5. Apabila burung cendet nabrak atau sedang kelabakan, maka tutuplah seluruh bagian sangkar kecuali bagian depannya atau dibagian pindu dengan menggunakan kertas koran. Hal ini bertujuan untuk mencegah burung cendet tidak melihat keluar atau berusaha kabur. Jika burung cendet merasa terpojok, maka lama kelamaan burung cendet tersebut akan mulai jinak dengan sendirinya asalkan pemberian jangkriknya menggunakan lidi atau tangan.
  6. Setelah berjalan seminggu dan burung cendet dapat bertahan hidup, barulah burung cendet bisa dimandikan. Setelah mandi, keringkan burung cendet lalu berikanlah jangkrik 2 ekor dan ulat kandang 1 sendok.
  7. Jika semua tahapan dilakukan, selanjutnya adalah menggantang burung cendet ditempat yang dingin. Kita bisa menggantangnya di bawah pohon atau teras, dimanapun itu yang penting sepi dan aman. Setelah diberikan jangkrik dan ulat kandang, biasanya burung cendet akan senang dan langsung berkicau.
  8. Pada malam harinya, usahakan untuk melakukan pengrodongan secara full agar burung cendet dapat beristirahat dengan tenang ciri-ciri cendet stres dan cara mengobatinya.
  9. Pada siang harinya, burung cendet harus digantang di tempat yang ramai. Gantanglah di tempat dimana banyak manusia yang berkativitas. Dengan begitu dapat melatih mental burung cendet agar tidak takut dengan orang.
  10. Jangan pernah mempertemukan burung cendet muda dengan burung cendet sejenis yang sudah tua. Karena hal ini justru dapat menurunkan mental burung cendet dan membuatnya lambat berkicau.
Demikianlah artikel tentang cara merawat cendet bakalan baru beli. Semoga sahabat kicau bisa menerapkan tips diatas, jangan lupa selalu konsisten dan sabar. Jika kita sabar merawat burung cendet muda dan masih bakalan, dapat dipastikan hasilnya akan sangat memuaskan setelah dewasa nanti. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam Cendet Mania!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url