Cara Merawat Burung Cendet Tanpa Doping

CARA MERAWAT CENDET TANPA DOPING

Cara Merawat Cendet Tanpa Doping - Seperti biasa saya akan membahas seputar burung cendet. Di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara merawat cendet tanpa doping. Merawat burung kicau sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. Dalam merawatnya pasti membutuhkan waktu, tenaga dan uang.

Namun, bagi pecinta burung kicau hal itu dianggap biasa saja karena mereka sudah hobi memelihara burung kicau dan mengetahui minuman agar cendet gacor. Berbeda lagi dengan orang yang memelihara burung untuk dijual, mungkin akan merasakan kesulitan dan kecapekan selama perawatannya. Membuat burung cendet tetap stabil dalam perlombaan adalah hal yang paling diinginkan oleh kicau mania.

Tetapi, mereka tidak mampu memberikan perawatan cendet rumahan yang baik dan konsisten. Ada juga yang tidak sabaran, sehingga banyak yang menggunakan jalur instan. Mungkin karena rasa ketidaksabarannya itu, banyak pula kicau mania yang menggunakan doping untuk burung cendet. Tujuan pemberian doping ini untuk meningkatkan kekuatan dan memberikan lebih banyak tenaga.

Padahal, tanpa mereka sadari efek samping pemberian doping pada burung kicau sangatlah berbahaya. Hal ini bisa saja menganggu kesehatannya, karena doping tersebut dapat membuat seseorang tidak tidur selama 24 hingga 48 bahkan hingga 72 jam. Apalagi dikonsumsi burung dengan cara merawat cendet ombyokan agar cepat bunyi om kicau.

Hal ini justru akan menyiksa burung kicau tersebut. Meskipun cara ini sudah banyak digunakan, tetapi penggunaan doping tidak dibenarkan. Buat pemula yang belum mengetahui doping, doping itu seperti obat-obatan terlarang. Obat tersebut mengandung zat adiktif dan penggunaannya pada burung cendet sudah dilakukan sejak tahun 90 an.

Baca Juga: Cara Merawat Cendet Biar Suara Keras

Jadi, jika ingin cendet gacor tanpa kerodong, berikanlah perawatan yang tepat tanpa doping. Dengan memberikan perawatan yang terbaik, maka burung cendet pun akan semakin sehat dan gacor dengan sendirinya. Selain itu, perawatan tanpa doping juga sangat bagus untuk cara mengkrodong burung cendet

Cara Merawat Cendet Cendet Tanpa Menggunakan Doping

Perawatan yang baik tidak akan memberikan efek samping untuk burung cendet. Jadi, pastinya lebih aman untuk kesehatannya. Nah, dibawah ini ada perawatan burung cendet tanpa doping.
  1. Pertama yaitu memandikan cendet setiap hari dengan cara di semprot sampai bulunya basah kuyup. Pemandian ini biasanya dilakukan pada pukul 7 setelah burung cendet melakukan pengembunan. Setelah dimandikan burung cendet harus jemur sampai bulunya kering.
  2. Jika tubuh burung cendet sudah kering, langkah selanjutnya yaitu memberikan jangkrik 1 hingga 2 ekor saja jangan terlalu banyak, disesuaikan dengan porsi hariannya.
  3. Setelah diberikan jangkrik, burung cendet siap dikerodong kembali, dan ditempatkan pada tempat yang sepi dan kondusif supaya burung dapat beristirahat dengan tenang.
  4. Selanjutnya, sobat bisa melakukan pemasteran. Pemasteran ini biasanya dilakukan saat burung cendet sedang tidak aktif misalnya sedang tidur, atau berdiam diri saat malam hari. Pada saat itulah burung cendet akan lebih berkonsentrasi atau fokus dengan suara masteran yang diberikan dan nantinya akan lebih cepat diingat oleh cendet.
  5. Pemasteran ini bisa menggunakan suara pancingan burung kicau asli, tapi jika tidak punya sobat boleh menggunakan mp3 dari hp atau mencari di youtube. Dalam memasteri burung cendet harus menggunakan volume yang pelan dan mengalun supaya cendet dapat mendengarkan dengan baik dan jelas.
  6. Jangan mencari suara masteran yang kasar, karena akan menyebabkan burung cendet  jatuh mental. Pemilihan masteran yang cocok untuk cendet sangatlah penting, karena itu semua juga menjadi kunci keberhasilan pemasteran. Suara masteran yang bagus dan cocok untuk cendet biasanya seperti cucak jenggot, lovebird, ciblek dan lain sebagainya.

Dalam memberikan perawatan untuk cendet, sebaiknya jangan menggunakan doping. Obat terlarang tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan cendet. Efek samping yang diberikan pun juga tidak main-main, oleh karena itu usahakan untuk melakukan perawatan secara alami dan melalui proses yang tepat jangan mencari jalan instan dan jangan sampai melakukan kesalahan dalam merawat burung cendet.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url