Apakah Burung Cendet Harus Dikerodong Pada Siang Hari? Simak Penjelasannya

APAKAH CENDET HARUS DIKERODONG PADA SIANG HARI?

Apakah Cendet Harus Dikerodong Pada Siang Hari? - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah pertanyaan yang ditanyakan oleh cendet mania Indonesia yaitu Apakah burung cendet harus dikerodong pada siang hari? Sebagai pemilik burung kicau pastinya anda semua sudah tahu bahwa kerodong sangat penting dan bermanfaat untuk burung cendet.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika rajin melakukan pengrodongan pada burung cendet. Burung cendet adalah burung kicau yang sangat lincah dan agresif, sifat fighternya mudah sekali naik ketika melihat musuh atau serangga yang sering dijadikan makanan berkeliaran disekitarnya.

Jadi untuk mengatasi sifat tersbeut banyak pemilik melakukan pengrodongan pada burung cendet, supaya tidak terjadi hal yang buruk karena sifat fighternya. Kerodong adalah sejenis kain yang digunakan untuk menutupi sangkar burung. Kain kerodong saat ini juga sudah naik daun, banyak sekali kain kerodong yang dijual di pasaran dengan corak yang beraneka ragam.

Sehingga pemilik burung kicau tinggal memilih saja kain-kain tersebut. Namun, bagi anda yang tidak menyukai corak, tetap ada pilihan kain yang polos. Mengapa sangkar burung kicau perlu di tutupi kain kerodong? Karena burung cendet adalah makhluk hidup, sudah pasti dapat merasakan panas dan dingin.

Fungsi kain kerodong untuk burung cendet yaitu untuk melindunginya dari kedinginan dan kepanasan. Setiap sangkar mempunyai ukuran yang berbeda-beda, oleh sebab itu ukuran kain kerodong juga sangat bervariasi. Jika membeli kain kerodong jangan lupa sesuaikan dengan ukuran sangkar dirumah. Lebih baik jika anda memilih kain kerodong yang agak lebar, supaya tidak terlalu rapat.

Mendengar betapa pentingnya kerodong untuk burung cendet membuat sebagian kicau mania bertanya-tanya, apakah burung cendet harus dikerodong pada siang hari? Pertanyaan seperti ini sudah banyak terdengar di kalangan kicau mania.

Baca Juga: Jenis Cendet di Jawa yang Bagus Untuk Dipelihara

Khususnya bagi kicau mania yang masih pemula. Seolah-olah mereka membutuhkan kepastian tentang metode pengrodongan tersebut. Daripada penasaran dengan jawabannya, di bawah ini akan saya jelaskan. Jika anda penasaran dengan jawaban dari pertanyaan tersebut, simak penjelasannya dibawah ini ya.

Apakah Burung Cendet Wajib Dikerodong Pada Siang Hari?

Karena pentingnya metode kerodong untuk burung cendet, banyak mitos dari kalangan kicau mania yang mengatakan bahwa jika menginginkan burung cendet menjadi jawara di lapangan, maka harus dikerodong full. Pengrodongan tersebut harus dilakukan dari siang hari hingga besok paginya.

Dari mitos cendet dikerodong kelabakan tersebut, burung cendet seolah-olah seperti harus di isolasi dan di proteksi dari berbagai gangguan. Mungkin pengembunan cendet memang bertujuan baik yaitu untuk menjaga stamina dan mental fighter burung cendet.

Tetapi banyak pula para kicau mania senior tidak mempercayai mitos tersebut, sebab mereka mempunyai berbagai pertimbangan lain yang memang di dasarkan pada logika serta berbagai fakta yang ada di lapangan seperti ciri cendet kurang jemur.

Namun jika anda berminat untuk melakukan pengrodongan di siang hari diperbolehkan atau cendet tanpa kerodong. Tetapi, anda harus waspada karena pada pengrodongan di siang hari terdapat kelebihan dan kekurangan yang wajib anda ketahui.

Keuntungan dan Kekurangan Metode Full Kerodong Pada Burung Cendet

Kelebihan, kekurangan, dan cara mengkrodong burung cendet tersebut tidak hanya terjadi saat burung dikerodong pada siang hari saja tetapi juga pada metode cendet tidak dikerodong full. Berikut dibawah ini efek samping kerodong pada cendet.
  • Burung cendet akan mempunyai kebiasaan buruk, yaitu mematuk-matuk kain kerodong untuk berusaha mengintip keluar.
  • Jika dikerodong full, sebagai pemilik anda akan kesusahan untuk memantau kondisi cendet di dalam sangkar.
  • Burung cendet yang selalu full kerodong akan menjadi gemuk karena kerjaannya hanya makan dan tidur. Tidak melakukan aktivitas layaknya burung kicau yang tidak dikerodong full.
  • Burung cendet jadi tidak bisa membedakan kapan dia harus berbunyi dan kapan harus beristirahat. Semuanya akan tetap dianggap sama dan burung cendet tetap gacor dalam sangkar.
Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan jika menggunakan metode kerodong full. Namun jika anda menggunakan metode kerodong pada sore hari saja atau hanya seperlunya. Inilah keuntungan yang akan burung anda dapatkan.
  • Burung cendet akan mendapatkan tanda atau alarm bahwa kapan dia harus gacor dan kapan harus beristirahat.
  • Dengan melakukan metode kerodong sore hari, anda dapat memantau kondisi burung cendet selama sehari penuh dan kebiasaannya. Jadi, saat ada masalah yang menyerang burung cendet, anda bisa langsung memberikan penanganan.
  • Sebagai pemilik anda jadi tahu kapan burung cendet akan bersiap untuk istirahat dengan tandai mekarnya bulu pada dada burung cendet. Inilah yang menjadi alasan mengapa kicau mania jarang melakukan pemandian di malam hari.
Apabila burung cendet sudah terbiasa merasakan kerodong full, burung cendet akan tetap gacor meskipun kerodong yang digunakan sangat gelap atau di rangkap 3 sekaligus. Tetapi hal seperti ini akan terasa masalahnya saat sedang lomba atau menunggu jadwal lomba burung berkicau. Dikhawatirkan burung cendet akan terus gacor sehingga tidak dapat menyimpan tenaganya.

Ada beberapa pertimbangan dari saya ketika melakukan pengrodongan pada burung cendet yaitu pada sore hari sekitar jam 16.30 atau sedang melakukan persiapan untuk tidur, dan apabila sedang melakukan persiapan lomba mulai H-2 atau saat masa mabung




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url