Berapa Lama Ekor Burung Cendet Tumbuh Setelah Dicabut? Simak Ulasannya!

BERAPA LAMA EKOR CENDET TUMBUH SETELAH DICABUT

Berapa Lama Ekor Cendet Tumbuh Setelah Dicabut - Halo sahabat kicau dimanapun anda berada! Jumpa lagi dengan saya di blog Bangparid. Seperti biasa, saya akan mengulas artikel septura burung berkicau yang mana pada kesempatan kali ini saya akan membahas berapa lama ekor cendet tumbuh setelah dicabut.

Mengapa saya tertarik membahas pertanyaan tersebut? Karena pertanyaan itu menunjukkan betapa penasarannya pemilik ketika menunggu bulu ekor cendet mulai tumbuh. Burung cendet adalah salah satu burung kicau predator yang sering salting ketika dilihat orang. Sehingga tingkah saltingnya membuat burung cendet grabakan dan terbang tidak jelas dalam sangkar yang mengakibatkan ekornya patah dan rusak.

Selain dari sifat agresif burung cendet, ada beberapa kesalahan yang menyebabkan bulu ekornya patah yaitu ketika membawa burung cendet pergi ke tempat lain. Selain itu burung cendet ditempatkan pada sangkar yang sempit, sehingga menyulitkannya ketika bergerak. Gerakan di tempat yang sempit tanpa disadari dapat merusak bulu ekornya.

Menurut pendapat dari kicau mania tentang cara mempercepat pertumbuhan ekor pentet, ekor burung cendet yang patah membuat tampilannya tidak lagi menarik. Sehingga pemiliknya memutuskan untuk mencabut bulu ekornya dan diharapkan dapat bertumbuh lagi menjadi lebih rapi dan sesuai dengan panjang maksimal ekor cendet .

Baca Juga: Cara Menumbuhkan Ekor Cendet yang Patah

Namun setelah mencabut bulu ekor cendet, pemilik masih saja merasa gelisah karena burung cendet mendadak bisu dan ekor cendet tidak tumbuh. Apakah masalah seperti ini dapat terselesaikan? Lalu, berapa lama bulu ekor cendet akan tumbuh kembali? Yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Berapa Hari Ekor Burung Cendet Tumbuh Setelah Dicabut? Berikut Penjelasannya

Menurut penelitian dan perkiraan pertumbuhan bulu ekor burung cendet tergantung pada kecukupan gizi burung, vitamin K, vitamin E, magnesium, lemak tak jenuh dan fosfor serta berbagai unsur mineral lain. Karena itulah, disini saya akan menyampaikan bahwa bulu ekor burung cendet yang baru saja di cabut atau rontok secara alami dapat tumbuh kembali tergantung dari nilai gizi burung itu sendiri.

Nah, untuk mencukupi kebutuhan gizinya anda harus memberikan ekstra fooding pada burung cendet. Pemberian ekstra fooding pada masa mabung harus dilakukan secara rutin dan porsinya ditambah. Mengapa diberikan ekstra fooding? Karena ekstra fooding sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bulu cendet.

Ekstra fooding yang diberikan berupa serangga, sebab serangga merupakan kesukaan burung cendet. Serangga yang biasanya diberikan sebagai ekstra fooding adalah jangkrik dan kroto. Sebelum memberikan jangkrik pada burung cendet, pastikan jangkrik yang anda berikan masih segar dan jangkrik harus diberi makan sayur agar tidak terkena efek mencabut ekor cendet.

Selain jangkrik, anda bisa memberikan kroto segar. Kandungan yang dimiliki jangkrik dan kroto dapat merangsang pertumbuhan bulu ekor burung cendet supaya terlihat segar dan mulus. Itulah perawatan yang harus diberikan untuk burung cendet untuk mempercepat pertumbuhan bulu ekornya. Selain yang saya sebutkan diatas, perawatan harian burung cendet juga wajib dijalankan.

Pemberian pakan harian juga sangat penting untuk memenuhi asupan nutrisinya. Apalagi jika anda ingin mengombinasikan makanannya itu juga sangat bagus untuk cendet. Jika anda merasa pemberian ekstra fooding saja kurang maksimal, anda dapat menambahkan multivitamin untuk burung cendet.

Multivitamin burung cendet bisa anda dapatkan di toko penjual pakan burung. Tips dari kami yaitu saat bulu mulai tumbuh, penjemuran jangan sampai dilakukan lebih dari 10 jam karena dapat membuat bulunya kusam.

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang berapa lama ekor cendet tumbuh setelah dicabut. Anda sudah mengerti kan sekarang? Bahwa pertumbuhan bulu ekor cendet tergantung dari nutrisi dan gizi burung cendet itu sendiri. Apabila stamina dan daya tubuhnya baik birahinya stabil dan burung cendet sehat, maka pertumbuhan bulunya juga akan semakin cepat.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama