Cara Menumbuhkan Ekor Burung Cendet yang Patah

Cara Menumbuhkan Ekor Cendet yang Patah - Burung cendet selain dikenal mempunyai suara yang merdu, juga dikenal sebagai burung yang sangat agresif. Kemampuannya dalam bertarung jangan diragukan lagi, burung cendet sangat ahli karena cendet mempunyai sifat petarung yang hebat. Pada saat burung cendet hidup di alam liarnya, mereka akan lebih bersikap agresif dan galak.

Namun, saat di pelihara di rumah burung cendet juga bisa berubah menjadi manja. Apalagi jika sudah terlalu jinak dengan majikannya. Makanan kesukaan burung cendet adalah serangga. Serangga yang paling sering diberikan sekaligus untuk ekstra fooding yaitu jangkrik dan kroto.

Jangkrik dan kroto mengandung protein yang sangat baik untuk memenuhi nutrisi burung cendet. Dengan memberika pakan ekstra fooding di harapkan birahi burung cendet tetap stabil dan mudah gacor. Tetapi, ada beberapa sifat burung cendet yang sangat disayangkan yaitu mudah salting. Burung cendet juga sering salting saat ada banyak orang yang menghampirinya.

Pada saat burung cendet salting, mereka akan terbang tidak jelas di dalam sangkar dan menabrakkan tubuhnya ke jeruji sangkar hingga terjatuh. Jika sangkar yang digunakan sangat sempit, dapat dipastikan ekor cendet akan mudah patas saat bergerak. Jadi, ukuran sangkar memang sangat memengaruhi pergerakan burung cendet.

Banyak juga kasus ekor burung cendet patah akibat sangkar yang digunakan terlalu sempit. Sehingga menyebabkan burung cendet susah bergerak karena ekornya yang panjang, nabrak-nabrak ke jeruji sangkar. Dalam kasus ini ekor burung cendet yang cantik menjadi rusak dan patah. Apabila tidak dicabut paksa, maka akan memperlambat pertumbuhan ekor baru.

Lalu, bagaimana cara menumbuhkan ekor cendet yang patah? Caranya sangat mudah, anda cukup anda cukup memberikan makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang lengkap. Karena pertumbuhan ekor cendet akan semakin cepat jika kebutuhan nutrisinya terpenuhi dan seimbang.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan cara mencabut ekor cendet anda harus memberikan makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan serangga. Serta makanan harian utama yang mengandung protein tinggi supaya dapat menjaga stamina dan daya tubuhnya.

Selain dapat memberikan efek mencabut ekor cendet, memberikan makanan kaya nutrsi juga dapat menjaga birahinya tetap stabil berdasarkan jumlah ekor burung cendet. Berikut ini akan saya jelaskan cara mengatasi ekor cendet yang tidak tumbuh.

Cara Menjaga Bulu Ekor Cendet Agar Tidak Patah

Burung cendet adalah burung kicau yang mempunyai suara kicauan merdu dan menarik dengan cara cepat menumbuhkan bulu sayap cendet. Kelebihannya inilah yang menjadi daya tarik kicau mania untuk memiliki burung kicau yang satu ini. Selain memiliki suara merdu, cendet juga mempunyai fisik yang sangat cantik, seperti bulu ekor yang panjang.


Apabila burung cendet mengalami patah ekor, dapat dipastikan burung cendet akan macet bunyi atau malas berkicau karena penampilannya tak lagi cantik seperti semula. Kerusakan ekor burung cendet ini tidak hanya terjadi karena sangkar sempit, namun ada kesalahan dalam pemberian pakan serta kualitas nutrisinya. Di bawah ini ada beberapa cara untuk melindungi ekor burung cendet.

1. Menyesuaikan ukuran sangkar dengan burung cendet

Burung cendet adalah burung kicau yang sangat lincah dan agresif. Jika burung cendet memiliki ukuran tubuh yang besar karena sudah dewasa, sebaiknya sediakan sangkar yang lebih lebar dan luas agar cendet dapat bergerak dengan leluasa.

Apabila burung cendet ditempatkan di sangkar yang sempit, maka akan kesulitan bergerakj dan menyebabkan luka pada ekor serta dapat mematahkannya. Jika anda memberikan sangkar yang lebih besar dan lebar, burung cendet akan mudah bergerak dengan bebas serta leluasa dan ekornya pun akan tetap aman karena tidak tersangkut di jeruji sangkar.

2. Pilih tenggeran burung cendet yang tepat

Memiliki burung kicau dirumah memang sedikit ribet dalam perawatan dan juga perlengkapan yang diberikan. Selain memperhatikan ukuran sangkar, anda juga harus memperhatikan jumlah dan ukuran tenggeran, karena hal ini bertujuan untuk melindungi ekor burung cendet.

Tata letak juga perlu diperhatikan apakah burung cendet dapat mencengkramkan kakinya pada tangkringan terlalu dekat dengan lantai atau dasar sangkar. Jika tenggeran terlalu dekat dengan lantai dasar, naikkan tenggeran agak tinggi.

Sebab jika terlalu dekat, cendet akan mudah stres karena melihat tumpukan kotorannya. Anda bisa memberikan tenggeran 2 buah yang dibentuk silang atau juga bisa menggunakan obat penumbuh ekor burung cendet.

3. Membasahi bulu cendet ketika kepanasan

Bulu ekor burung cendet jika diperhatikan lebih jelas mempunyai beberaoa susunan yang terdiri dari beberapa helai serta bulunya yang sedikit kaku dan tidak lentur, Dengan susunan ekor yang demikian dapat dipastikan ekornya mudah sekali patah.

Apalagi saat tersangkut di jeruji sangkar, saat menghantam juga akan patah secara langsung, karena menurut deskripsi ekornya sangat keras. Apalagi saat kondisi musim panas, bulu ekor burung cendet akan rentan sekali patah dna rusak.

Oleh sebab itu, anda harus rajin menyemprotkan air di bagian sayap, ekor dan tubuh burung cendet. Lakukanlah penyemprotan tersebut secara rutin, karena hal ini bertujuan supaya kandungan vitamin D serta minyak pada bulu-bulu burung cendet tidak hilang diserap oleh sinar matahari yang menyengat.

4. Melakukan penjemuran rutin

Untuk melindungi bulu ekor burung cendet dari penyakit dan kerusakan, anda dapat menjemur burung cendet secara rutin di pagi hari. Penjemuran di pagi hari banyak manfaatnya yaitu dapat menyerap vitamin D. Vitamin D dapat membantu memperkokoh bulu ekor burung cendet.

Tidak hanya itu saja, penjemuran yang dilakukan burung cendet juga dapat memperbaiki kualitas bulunya. Namun, saat cuaca sangat panas sebaiknya penjemuran dihentikan. Agar burung cendet tidak mudah stres dengan cara cara mengatasi bulu sayap cendet patah.

5. Rajin membersihkan sangkar cendet

Menjaga kebersihan sangkar memang wajib dilakukan. Jika sangkar burung cendet kotor dan tidak terawatt maka akan menjadi sarang bakteri dan kuman yang berbahaya untuk burung cendet. Sangkar yang kotor bisa menjadi sarang kutu yang nanti akan menyerang burung cendet.

Selain menjadi sarang bakteri dan kuman, sangkar yang kotor akan membuat burung cendet tidak nyaman dan malas berkicau. Sehingga burung cendet akan menjadi stres.

Penutup

Selain melakukan perawatan seperti diatas, pemberian pakan dan ekstra fooding juga sangat berpengaruh untuk menjaga pertumbuhan ekor burung cendet tersebut. Oleh sebab itu, lakukanlah cara diatas untuk melakukan perawatan menjaga ekor cendet tetap rapi dan panjang.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama