Cara Ampuh Mengatasi Burung Cendet Miyik dan Mbagong

CARA MENGATASI CENDET MIYIK DAN MBAGONG

Cara Mengatasi Cendet Miyik dan Mbagong - Halo sobat kicau! Seperti yang saya jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa merawat burung cendet memang tidaklah mudah. Bukan hanya burung cendet saja, namun hal ini juga mengarah pada perawatan burung kicau lainnya. Jika anda adalah seorang pemula yang tentu saja masih awam dan belum mengetahui apapun.

Sebaiknya jangan pernah menyerah untuk belajar, agar bisa merawat burung cendet dengan benar. Contohnya seperti merawat burung cendet. Merawat burung kicau yang satu ini harus luar biasa sabarnya. Sebab sebagai pemilik anda harus mengetahui mana yang tidak baik dan mana yang baik untuk burung cendet.

Menjadikan burung peliharaan jinak memang harapan setiap pemilik, namun pemberian perawatan secara berlebihan dapat membuat cendet menjadi miyik dan mbagong. Miyik dan mbagong itu apasih? Miyik merupakan suatu kondisi burung cendet mengeluarkan suara ciet ciet ciet sambil membuka sayapnya selebar mungkin.

Dilihat dari beberapa kasus, burung cendet yang mbagong, gembung dan miyik dalah permasalahan yang cukup sulit diselesaikan. Padahal anda semua tahu bahwa burung cendet masuk dalam kategori burung kicau yang galak. Bahkan sangking ganasnya, burung cendet pernah dijuluki sebagai jagal pengintai.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cendet Stres Gak Bunyi

Masalah miyik dan mbagong pada cendet memang harus segera diatasi dengan cara mengatasi cendet macet bunyi, supaya tidak semakin parah dan menyebabkan tindakan buruk pada burung cendet tersebut. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya tertarik membahas kasus ini agar anda semua mengerti bagaimana cara mengatasinya dengan benar.

Bukan untuk menggurui atau mengajari, namun ini semua asli dan murni melalui pengalaman saya sendiri. Jadi jika menurut anda terdapat kesalahan atau kekurangan mohon koreksi melalui komentar ya, berikut cara menghilangkan miyik pada cendet trotol.

Cara Mengatasi Miyik dan Mbagong Pada Burung Cendet

Memberikan pakan yang cukup

Jika burung cendet dewasa sudah mulai mengalami miyik, hal yang harus anda lakukan yaitu pastikan semua kebutuhan pakannya telah dipenuhi dengan baik. Bukan hanya makanan utama saja seperti voer, namun burung cendet juga membutuhkan makanan lain seperti ekstra fooding yang menjadi penyeimbang untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.

Tetapi jika burung cendet sudah terbiasa miyik dan mbagong sejak umur berapa cendet berhenti miyik, sebaiknya anda harus melakukan cara mengatasi cendet mbagong, hal ini untuk menghilangkan kebiasaan buruknya tersebut.

Melakukan terapi kejut

Cara selanjutnya yaitu dengan memberitahu burung bahwa tindakan yang mereka lakukan adalah hal yang salah. Bagaimana cara mengarahkannya? Banyak cara yang bisa anda lakukan.  Biasanya kicau mania melakukan terapi kejut.

Jadi saat burung cendet bersikap demikian anda bisa menyiramnya dengan air dingin atau bisa menggebrak sangkar saat cendet mulai miyik. Bukankah burung cendet bisa trauma? Memang bsia trauma, tapi dengan begitu burung cendet tidak akan mengulang kesalahan yang sama lagi. Untuk kedepannya anda bisa menghilangkan traumanya secara perlahan.

Melakukan metode pengrodongan

Ketika anda ingin menghilangkan trauma pada burung cendet, cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan pengrodongan pada burung cendet. Ini adalah bagian dalam proses menghilangkan trauma dan ketakutan yang dialami burung cendet.

Anda bisa mengkerodong burung cendet lalu menggantungnya ditempat yang sepi atau jauh dari keramaian. Pada saat itulah anda bisa menyetel suara air dengan suasana terapi agar pemulihan menjadi lebih maksimal dengan cara mengatasi cendet nyekukruk.

Memasukkan burung emprit kedalam sangkar

Apabila anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, setelah mental burung cendet kembali. Anda bisa memasukkan burung emprit dalam kandang burung cendet. Cara ini bisa mnejadi pilihan anda untuk mengatasi cendet miyik.

Tujuannya untuk mengembalikan sifat fighter pada burung cendet dengan cara mengatasi cendet miyik dan macet bunyi. Jika ada burung emprit dalam sangkarnya otomatis burung cendet akan menyerang burung kecil tersebut.

Namun jika anda tidak tega bisa berganti dengan cicak, kadal atau binatang lainnya yang pasti berukuran kecil. Karena hanya untuk mengembalikan jiwa predatornya dengan cara mengatasi cendet muntah voer.

Penutup

Perawatan diatas harus anda lakukan supaya sikap miyik dan mbagongnya dapat dihilangkan. Sikap miyik dan mbagong seharusnya tidak dimiliki burung cendet, sebab dapat mempengaruhi performanya. Sekian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk sobat semuanya.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama