Cara Jitu Menambah Durasi Kerja Burung Cendet



CARA MENAMBAH DURASI KERJA CENDET

Cara Menambah Durasi Kerja Cendet - Siapa sih yang tidak kenal dengan burung cendet? Pasti semua komunitas pecinta burung kicau sudah mengenal salah satu burung fighter ini. Burung cendet merupakan salah satu burung kicau yang disukai oleh kicau mania. Kemampuannya dalam berkicau tidak perlu diragukan lagi, sebab itulah banyak kicau mania yang ingin memeliharanya.

Selain suara kicauan yang mantap, burung cendet juga memiliki fisik yang mendukung. Tubuhnya yang profesional dan gagah, membuatnya terlihat garang di lapangan. Dikenal sebagai burung fighter di saat bertarung dengan burung lainnya. Burung cendet tidak mudah jinak, apalagi ketika didapatkan dari hasil tangkapan hutan. Dibutuhkan waktu untuk penyesuaian dan adaptasi agar burung cendet jinak. 

Sebenarnya habitat aslinya saja burung cendet merupakan burung predator, seringkali memangsa serangga dan burung kecil. Setiap kicau mania pasti menginginkan burung cendet gacoannya memiliki suara yang dan gaya yang memukau saat dirumah. Apalagi ketika dilombaan, pasti menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta burung kicau.

Ditambah lagi volume suara yang cukup dasyat, sehingga dapat membuat semua peserta kagum ketika mendengar suara kicauan cendet tersebut. Lalu, bagaimana caranya meningkatkan volume durasi dan mental pada burung cendet? Tenang, tidak perlu bingung untuk caranya akan saya jelaskan dibawah ini.

Cara Meningkatkan Volume Durasi dan Mental Pada Cendet

Untuk meningkatkan volume suara dan durasi kerja burung cendet, anda harus melatihnya sejak kecil. Namun, terkadang ada juga yang memberikan perawatan maksimal dari sejak trotol hingga dewasa dan hasilnya tidak memuaskan. Tenang, tidak perlu panik atau gelisah pada pembahasan kali ini akan saya kupas tuntas caranya.

Latih nafas cendet dengan diumbar

Burung cendet atau burung kicau jenis lainnya mempunyai kotak suara yang berwarna syrinx yang dapat berguna seperti peluit tukang parker, ketika ditiup atau dihembuskan maka akan menghasilkan suara yang panjang. Sama halnya dengan burung cendet, apabila mereka pandai mengatur nafas maka dapat berpengaruh ke panjang dan pendeknya suara kicauan yang dihasilkan.

Jaga fisik cendet

Selain itu jika fisik burung cendet bagus tentu saja akan menghasilkan suara kicau yang bervariasi dengan durasi volume yang lebih maksimal. Untuk meningkatkan powernya, caranya yaitu dengan memberikan makanan yang kaya akan nutrisi seperti mineral, vitamin, dan kroto.

Rutin melakukan pengembunan dan pengumbaran

Apabila burung cendet telah mendapatkan nutrisi dan perawatan yang seimbang serta konsisten. Maka power burung cendet akan terus bertambah. Melakukan pengembunan pada burung cendet juga dapat meningkatkan kestabilan pikiran yang dapat mencegah stres dan dapat meningkatkan kekuatan nafas pada burung cendet dan burung kicau lainnya.


Selain melakukan perawatan pengembunan, kalian juga bisa melakukan metode pengumbaran. Sebab metode pengumbaran bisa meningkatkan durasi nafas burung cendet. Akan lebih bagus lagi jika burung cendet melakukan pengembunan diimbangi dengan pengumbaran, sebab udara di pagi hari sangat sejuk dan tinggi kadar oksigennya.

Rutin melakukan penjemuran

Selanjutnya, selain metode pengembunan dan pengumbaran kalian bisa juga menggunakan metode penjemuran. Penjemuran pada pagi hari dapat memberikan vitamin D pada burung cendet. Untuk durasi penjemuran disesuaikan saja dengan karakter burung cendet atau seperti penjemuran biasanya.

Karena panjang pendeknya durasihi penjemuran tidak berpengaruh terhadap volume suara kicauan burung cendet. Penjemuran bertujuan untuk menstabilkan suhu burung cendet. Sehingga saat pergantian musim, burung cendet dapat menyesuaikan suhunya.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan cara menambah durasi kerja cendet. Memang sangat mudah sebenarnya untuk menambahkan durasi kicauan dan volumenya. Perawatan yang saya jelaskan diatas bisa kalian terapkan semaksimal mungkin agar hasilnya dapat lebih maksimal, disini kuncinya adalah konsisten karena dengan konsisten pasti hasilnya akan memuaskan.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url