Cara Jitu Mengatasi Burung Cendet Botak Dengan Mudah

CARA MENGATASI CENDET BOTAK

Cara Mengatasi Cendet Botak - Halo cendet mania Indonesia! Berjumpa lagi dengan saya di blog Bangparid. Seperti biasa saya akan membahas seputar burung kicau. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas cara mengatasi burung cendet botak. Burung cendet merupakan burung kicau yang menjadi primadona di kalangan pecinta kicau.

Kemampuan kicauan yang merdu dan unik membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya. Burung cendet adalah burung petarung yang hebat, selain mempunyai suara merdu cendet juga mempunyai fisik yang sangat menarik. Sebagai jenis burung kicaun, memang saat perlombaan yang paling ditonjolkan adalah suara kicauannya.

Namun, sebagai pemilik pastinya juga memperhatikan penampilan fisik burung cendet gacoannya. Perawatan dan pemeliharaan burung cendet tersebut bertujuan untuk menjaga kondisi stamina dan kesehatannya tetap terjaga. Merawat burung kicauan memang tidak semudah itu, tapi jika semua dilakukan dengan hati yang senang pasti akan mudah melakukannya.

Permasalah memang kerap kali datang, salah satu permasalahan yang sering menganggu burung cendet adalah kerontokan pada bulunya. Kerontokan bulu burung cendet memang sangat meresahkan pemiliknya. Pada umumnya, kerontokan tersebut bisa terjadi karena burung cendet sedang dalam masa mabung.

Namun banyak juga pemilik burung cendet yang mengeluhkan bahwa bulu cendet tidak tumbuh kembali, inilah yang membuat mereka kebingungan dengan cara mengatasi cendet kelabakan. Karena jika bulu cendet tidak kunjung tumbuh maka kepala cendet botak. Bahkan yang lebih fatalnya lagi, burung cendet bisa saja mati.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cendet Nyekukruk

Oleh sebab itu, permasalahan seperti ini yang meskipun dianggap sepele tapi harus tetap di tangani atau ditindak lanjuti. Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi cendet cabut ekor, simak ulasannya sebagai berikut.

Cara Menumbuhkan Bulu Kepala Burung Cendet

Cara menumbuhkan bulu burung cendet yang akan saya jelaskan di bawah ini, sebenarnya bisa di terapkan untuk burung kicau lainnya. Pada umumnya burung cendet memang membutuhkan nutrisi yang berasal dari pakan hariannya. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah cara mengatasi burung cendet lemas yang bisa anda terapkan.

1. Memandikan burung cendet

Memandikan burung cendet juga daapt mempercepat pertumbuhan bulu. Namun, memandikannya pada saat sudah nyulam bulu. Tujuan memandikan burung cendet pada saat mabung adalah untuk membuat bulu-bulu barunya terlihat berkilau dan juga bagus.

Pada saat memandikan burung cendet, anda bisa memberikan sedikit shampoo pada airnya. Namun perlu diingat, bahwa memandikan burung cendet ini harus bertahap yaitu saat bulunya mulai terlihat dan sampai bulunya semakin banyak.

2. Memberikan ekstra fooding burung cendet

Cara menumbuhkan bulu burung cendet selanjutnya yaitu dengan memberikan pakan tambahan yang biasa disebut ekstra fooding. Pada saat mengalami mabung, pemberian ekstra fooding seperti jangkrik dan kroto bisa diperbanyak melebihi porsi hariannya.

Cara alternatif lainnya yaitu anda dapat menggunakan vitamin untuk burung cendet agar bulunya tumbuh lebih cepat. Vitamin untuk mempercepat pertumbuhan bulu seperti minyak ikan. Penggunaannya juga sangat mudah, cukup campurkan dua biji minyak ikan pada pakan utama.

Lakukanlah cara mengatasi cendet salto galak tersebut secara rutin, selama seminggu penuh sampai hasilnya maksimal. Jika anda sudah melakukannya selama satu minggu, sebaiknya pemberian ekstra fooding diberhentikan.

3. Melakukan terapi full kerodong

Cara selanjutnya untuk menumbuhkan bulu burung cendet yaitu dengan melakukan terapi full kerodong. Terapi full kerodong baiknya dilakukan pada malam hari, tujuan pengrodongan ini untuk memaksimalkan waktu istirahat burung cendet.

Jadi, anda dapat meletakkan burung cendet di tempat yang aman, nyaman dan sepi dari keramaian. Lakukanlah cara mengatasi cendet kurus seperti ini setiap hari sampai bulunya mulai tumbuh.

4. Rutin membersihkan kandang burung cendet

Penyebab kerontokan bulu yang dialami burung cendet adalah karena kurangnya perawatan dari pemiliknya. Salah satunya yaitu kurangnya perhatian kebersihan terhadap sangkar burung cendet.

Oleh sebab itu, bersihkanlah kandang atau sangkar burung cendet secara rutin. Jangan lupa juga untuk membersihkan tempat pakannya supaya tidak ada jamur yang tumbuh atau kutu.

5. Jangan dijemur terlalu lama

Selain melakukan pemandian untuk burung cendet, tak lupa juga anda harus melakukan penjemuran untuk burung cendet. Untuk ciri cendet kurang jemur bisa dilakukan dibawah sinar matahari yang tidak terlalu panas.

Jadi, penjemuran ini dilakukan pada jam 08.00 sampai jam 09.00. Setelah melakukan penjemuran, burung cendet harus diangin-anginkan selama 10 menit hingga 20 menit sebelum dikerodong kembali.

Akhir Kata

Dari pembahasan diatas tentang cara mengatasi cendet botak dapat diambil kesimpulan bahwa cara menumbuhkan bulu burung cendet terletak pada perawatan yang diberikan. Apabila burung cendet tidak mengalami stres, dapat dipastikan dalam waktu dekat bulu burung cendet akan mulai tumbuh kembali.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url