Cara Jitu Mengatasi Burung Cendet Takut Kerodong

CARA MENGATASI BURUNG CENDET TAKUT KERODONG

Cara Mengatasi Cendet Takut Kerodong - Halo sobat kicau! Burung cendet merupakan burung kicau yang sangat disukai semua orang. Kemerduan suara yang di milikinya membuat banyak orang menyukai burung cendet tersebut. Suara kicauan burung cendet sangatlah unik dan bervariasi. Tidak hanya memiliki suara kicauan yang merdu, namun penampilan fisik burung cendet juga sangat menarik dipandang.

Banyak sekali orang yang ingin memelihara burung cendet. Meskipun merawat burung kicau tidak mudah, tapi jika dilakukan dengan sepenuh hati semuanya akan lancar. Untuk mendapatkan burung cendet sangatlah mudah. Anda bisa membelinya di toko burung terdekat dengan rumah anda.

Selain di toko burung, anda juga bisa mendapatkan burung cendet di hutan atau membelinya di marketplace seperti facebook. Di marketplace facebook, anda bisa bergabung dengan angota grub burung kicau di daerah anda. Jika anda bergabung di komunitas tersebut, mungkin anda akan mendapatkan teman baru dan juga mendapat informasi jika ada anggota yang menjual burung gacoannya.

Menurut saya, membeli burung cendet dari teman se komunitas jauh lebih terjamin daripada membeli di toko burung. Mengapa demikian? Sebab, jika membeli pada teman sudah pasti burung cendet tersebut terlatih dengan baik dan dapat dipastikan sudah benar-benar jinak. Syukur-syukur burung cendet pernah menjadi juara, pasti kualitasnya tidak main-main.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cendet Takut Sama Pemiliknya

Namun, perlu diperhatikan meskipun membeli melalui teman sekomunitas penipuan di facebook sering terjadi. Untuk menghindari masalah tersebut sebaiknya anda menggunakan sistem COD. Jika anda dan teman sekomunitas masih satu kota, lebih baik melakukan pertemuan saja. Dengan begitu anda bisa berkomunikasi dan berjumpa secara langsung dengan pemiliknya.

Sehingga bisa sambil sharing-sharing tentang pengalaman merawat burung cendet. Tetapi, jika anda tertarik untuk mendapatkan burung cendet dari hasil tangkapan. Anda bisa menangkapnya di hutan. Namun, masalah yang sering dihadapi pemilik burung cendet liar adalah pada saat dikerodong.

Mungkin masalah seperti ini tidak semua orang mengalami, tetapi ada juga burung cendet yang takut kerodong. Lalu, bagaimana cara mengatasi burung cendet takut kerodong? Simak penjelasan cara mengatasi cendet salto dibawah ini ya.

Cara Mengatasi Burung Cendet Takut Dikerodong Dengan Mudah

Memang sangat wajar sekali burung cendet liar menolak ketika di kerodong. Biasanya mereka akan sering berontak saat dipasangkan kain kerodong di sangkarnya. Kerodong sangat penting untuk burung cendet dan salah satu cara mengatasi cendet kelabakan. Oleh karena itu, meskipun burung cendet anda menolak untuk di kerodong tetap lakukan saja pengrodongan tersebut.

Hanya saja anda harus menggunakan kain yang berwarna cerah dan usahakan bahannya jangan terlalu tebal. Kain kerodong yang tipis apalagi kainnya berwarna putih, burung cendet akan lebih mudah melihat sekelilingnua melalui celah pori-pori kain tersebut. Jika burung cendet yang anda pelihara adalah hasil tangkapan di hutan, memang membutuhkan waktu untuk jinak.

Karena burung cendet juga harus beradaptasi serta menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Untuk membuatnya lebih dekat dengan anda, yang harus anda lakukan adalah melakukan kerodong di siang hari tetapi tidak di tutup secara full. Bukalah sebagian sisi sangkar dari kain kerodong, membuka resleting kain kerodong atau menaikkan kain kerodong ke atas sangkar.

Mengapa hanya sebagian? Jika anda sudah menyimak artikel sebelumnya, pasti anda mengerti mengapa burung cendet tidak boleh di kerodong di siang hari. Pengrodongan full hanya bisa dilakukan pada sore hari atau malam hari saja. Pada malam hari burung cendet membutuhkan waktu untuk istirahat dengan tenang dan nyaman.

Selain itu, jika dalam ruangan tempat burung digantung terdapat lampu anda bisa menyalakannya namun jangan terlalu terang dengan perawatan cendet full kerodong. Cukup menggunakan lampu 7 watt saja sudah cukup menerangi burung cendet. Dengan membiasakan burung cendet liar dikerodong, cendet dapat terhindar dari stres dan cendet dikerodong kelabakan.

Apalagi saat burung cendet sedang dibawa ke arena lomba atau arena latber burung cendet tidak akan mudah takut karena mentalnya sudah kuat. Melatih burung cendet yang tidak biasa dikerodong yaitu menggunakan kain yang tipis. Pada malam hari juga harus tetap dikerodong dan resleting harus dibuka. Cara tersebut hanya berlaku bagi cendet yang belum terbiasa di kerodong saja.

Jika burung takut dikerodong dan sudah mulai tenang dikerodong selama beberapa hari kedepan, anda bisa mencoba melakukan kerodong secara full. Apabila burung cendet kelabakan saat di kerodong, maka sebelum itu harus dimandikan sampai burung cendet basah. Setelah itu anda bisa memberikan jangkrik terlebih dahulu dan juga ulat hongkong kemudian baru dikerodong.

Gunakanlah kain kerodong yang agak tipis tapi ketat di sangkar agar tidak terjadi cendet stres ketakutan. Hal ini bertujuan supaya burung tidak ngrusak karena ngruji. Dengan begitu dapat dipastikan kerodong dapat membantu menjinakkan burung cendet liar sampai cendet tanpa kerodong.

Penutup

Demikian artikel pada hari ini tentang cara mengatasi burung cendet takut di kerodong. Burung cendet liar memang sangat wajar bersikap demikian, karena mereka sebelumnya selalu hidup dengan bebas tanpa aturan. Sehingga pada saat di pelihara di rumah dan bertemu lingkungan baru yang sebelumnya belum pernah mereka lihat, maka cendet membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama