Cara Ampuh Mengatasi Burung Cendet Takut Sama Pemiliknya

CARA MENGATASI CENDET TAKUT SAMA PEMILIKNYA

Cara Mengatasi Cendet Takut Sama Pemiliknya - Halo sahabat kicau mania! Berjumpa lagi dengan saya di blog Bangparid. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengatasi burung cendet takut dengan pemiliknya. Bagimana, apakah sobat pernah mengalami masalah diatas. Memelihara burung cendet memang tak semudah yang dibayangkan.

Adanya kesalahan sedikit saja dapat merubah total hasil kerja keras di awal, padahal perawatan yang diberikan juga sudah maksimal. Masalah yang sering terjadi pada pemilik burung cendet adalah burung cendet takut dengan pemiliknya. Mengapa masalah seperti ini sering terjadi? Padahal secara logika, burung cendet peliharaan sering dirawat oleh pemiliknya dan selalu bertemu dengan pemiliknya.

Lalu, mengapa justru merasa ketakutan? Terkadang sebagai pemilik burung cendet sobat belum benat-benar memahami perilaku apa saja yang membuat burung cendet ketakutan dan merasa tidak aman saat berada di dekat sobat. Burung cendet yang mengalami trauma akibat perilaku pemilik atau benda yang ada disekitarnya.

Sehingga menyebabkan burung cendet menjadi ketakutan saat di dekati dan mendadak berubah seperti liar. Burung kicau jenis apapun, tentunya juga bisa mengalami trauma yang berlebihan meskipun hal tersebut terjadi secara langsung atau tidak langsung. Akibat ulah pemiliknya yang bersikap kasar dan tidak sabaran membuat burung cendet takut dengan majikannya.

Pada saat didekati oleh majikannya, burung cendet akan kabur dan membenturkan badannya di sangkar lalu terjatuh. Burung cendet yang mengalami trauma pada pemiliknya justru akan lebih merugikan pemiliknya. Karena mereka tidak akan bisa berkicau saat berada di rumah.

Sebagai pemilik tentunya sobat akan sangat kesal karena kicauannya tak kunjung keluar. Apalagi jika burung cendet dilombakan, di sana mereka akan diam dan tidak akan gacor seperti biasanya. Sehingga peluang untuk menang sangat kecil. Untuk mengatasi hal ini, saya akan membagikan tips mengatasi cendet takut dengan pemiliknya akan kembali jinak.

Namun sebelum itu, saya akan membahas penyebab burung takut sama pemiliknya agar sobat mengerti dan mengetahui perilaku atau tindakan seperti apa yang dapat membuat cendet ketakutan. Bagi Anda yang ingin mengetahui tentang perawatan kucing yang baik dan benar, bisa mengunjungi jendelapet.com.

Penyebab Burung Cendet Takut Dengan Pemiliknya

Burung cendet sering diperlakukan kasar

Sebagai pemilik burung kicauan, sobat seharusnya bersikap baik dan tenang saat berada di dekat burung cendet. Karena jika perbuatan sobat baik maka burung cendet juga akan jinak. Pemilik yang baik adalah yang selalu bersikap sabar dengan burung gacoannya, seperti memberi makan, memandikan dan membuat burung tidak merasa takut maka burung akan semakin jinak dan dekat dengan sobat.

Saat burung cendet sudah terlalu jinak dan dekat dengan majikannya, burung cendet akan langsung berkicau nyaring ketika melihat manjikannya. Namun, saat burung cendet diperlakukan buruk oleh majikannya, maka yang terjadi adalah sebaliknya mengatasi kacer takut sama pemiliknya.

Ketika melihat majikannya dari kejauhan burung cendet akan merasa ketakutan dan selalu diam. Bahkan jika sudah terlalu parah, burung akan terus terbang dan menabrakkan tubuhnya ke dalam kandang hingga terjatuh.

Ketakutan dengan sesuatu yang dibawa majikan

Tanpa sobat sadari, terkadang burung cendet ketakuta dengan barang yang dibawa pemiliknya. contohnya yaitu pada saat pemilik memberikan makan dan sedang menggunakan topi yang berwarna mencolok atau membawa pisau serta gunting. Pada saat itu juga burung cendet yang merasa takut akan menjauh dan tidak mau didekati pemiliknya.


Apabila pemilik tidak menyadari hal tersebut, maka secara perlahan burung cendet akan mengalami trauma dengan apapun yang dibawa dan dipakai oleh pemiliknya. Sehingga saat didekati pemiliknya burung cendet akan menunjukkan sifat liarnya dengan cara mengatasi burung murai takut bunyi bila ada orang.

Cara Mengatasi Burung Takut Bunyi Bila Ada Orang

Burung cendet diasingkan

Cara menjinakkan burung cendet yaitu dengan mengasingkan burung cendet sobat. Pengasingan yang dimaksud bukanlah diasingkan pada tempat yang jauh dari jangkuan manusia, namun pengasingan yang dimaksudkan adalah dengan menitipkan burung cendet ke saudara atau teman sampai trauma yang dialaminya hilang.

Burung cendet bisa dibawa pulang kembali saat mentalnya sudah kembali normal dan tidak takut lagi dengan majikan. Namun, pengasingan tersebut juga bisa dilakukan di rumah dengan mengasingkan burung cendet di ruangan terpisah seperti pada bagian belakang rumah.

Pada saat burung cendet melakukan pengasingan untuk mengatasi murai takut keramaian, pemilik jangan sampai terlihat oleh burung cendet. Karena hal ini akan membuat burung semakin ingat dan traumanya susah hilang. Saat membersihkan kandang atau memberikan pakan, usahakan burung cendet sudah dalam keadaan di kerodong.

Ketika burung cendet tidak lagi melihat wajah pemiliknya, maka lama kelamaan trauma yang dirasakan akan hilang. Setelah trauma yang di alami burung cendet hilang, perawatan cara mengatasi trucukan gagal jinak bisa sobat lakukan kembali.

Burung cendet dikerodong

Burung cendet yang berubah menjadi liar dan takut dengan majikannya bisa kerodong terlebih dahulu. Saat majikan tidak ada kerodong pada sangkar dapat dilepaskan dan jangan sampai hal yang ditakuti burung cendet ada dihadapannya secara langsung.


Jika bisa saat melakukan pembersihan kandang atau pemberian pakan harus digantikan oleh orang lain. Hal ini harus dilakukan sampai burung cendet lupa dengan perilaku majikannya. Setelah beberapa waktu burung cendet dikerodong, cendet akan semakin senang.

Sehingga pada saat melihat majikannya burung cendet tidak akan bertingkah liar di dalam kandangnya. Jika burung cendet sudah jinak dan bisa berkicau lagi serta keadaan mentalnya sudah kembali normal dan sembuh. Burung cendet dapat dirawat dan di pajang di rumah.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi cendet takut sama pemiliknya  Jadi, baagimana sudah paham sekarang tentang penyebab burung cendet takut dengan pemiliknya? Jika sudah paham, maka jangan dilakukan lagi supaya burung cendet bisa dekat dengan sobat. Ketika burung cendet merasa aman dan nyaman di dekat pemiliknya, dapat dipastikan tanpa cara apapun cendet akan jinak dengan sendirinya.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url