Cara Ampuh Mengatasi Cendet Salto Dengan Cepat

Cara Ampuh Mengatasi Cendet Salto Dengan Cepat - Halo sobat kicau mania Indonesia! Apa kabar sobat semuanya? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara ampuh untuk mengatasi cendet salto dengan cepat dan mudah. Saya tertarik untuk membahas permasalahan ini karena banyak para cendet mania yang mengalami burung cendet miliknya sering salto ketika bunyi.

Memang burung cendet awalnya dikenal sebagai burung sawahan yang memiliki harga murah. Namun, karena memiliki suara kicauan yang merdu dan bagus burung cendet tersebut harganya menjadi lebih mahal. Tidak hanya suaranya yang bagus, burung cendet ini juga dikenal sangat agresif dan galak. Tapi, tanpa sobat sadari burung cendet juga dapat membuat resah pemiliknya yaitu ketika burung cendet salto.


Dampak Burung Cendet Salto

Cendet salto adalah perilaku pada burung cendet yang sangat tidak disukai pemiliknya karena memberikan dampak buruk bagi burung. Perilaku tersebut dapat membuat burung cendet tidak aktif berkicau dan bulunya pun menjadi rusak, terutama pada ekornya. Sebenarnya dampak tersebut tidak hanya di alami oleh burung cendet saja. Tapi juga dapat memberikan dampak buruk yang sama pada burung jenis lain yang tidak salto menjadi salto karena menirukan cendet yang salto.

Perilaku salto tersebut membuat para pemilik burung cendet merasa jengkel. Karena, jika burung cendet sedang salto cara untuk mengubah perilakunya membutuhkan ketelatenan dan kesabaran penuh. Tentu perawatan tersebut membutuhkan waktu banyak agar perilaku cendet kembali normal. Jika burung cendet sobat sedang mengalami masalah tersebut, lebih baik untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum masuk ke cara mengatasinya.

Karena setiap masalah yang terjadi pada burung peliharaan pasti ada penyebabnya. Tidak mungkin terjadi begitu saja, dalam mengatasi burung cendet salto memanglah tidak semudah yang dibayangkan apalagi jika sudah menjadi kebiasaan. Sangat sulit sekali mengontrol burung cendet salto dalam kesehariannya.

Penyebab Burung Cendet Salto

  • Penyebab salto pada burung cendet yaitu karena kebiasaan mereka ketika di alam liar. Sehingga hal tersebut sudah menjadi karakter alami mereka, burung cendet tersebut akan menampilkan aksi akrobatik salto saat bertemu dengan mangsa lainnya.
  • Penyebab selanjutnya yaitu terjadi salto pada burung cendet dikarenakan burung sedang mengalami stress. Stress yang terjadi pada burung cendet disebabkan karena faktor lingkungan, pakan, dan birahi atau penyebab lain yang membuat obat harus berhati-hati ketika merawatnya.
  • Penyebab salto pada burung cendet juga disebabkan oleh perubahan perawatan dan pakannya. Karena perubahan itu biasanya terjadi ketika burung cendet sudah berpindah tangan. Jadi, tidaklaj heran jika burung cendet tersebut seringkali salto setelah dibeli oleh orang lain.
  • Burung cendet adalah burung yang sangat sensitif, jadi kalau sampai ada perubahan dalam tubuhnya mereka akan salto. Jika sobat ingin mengatasi kebiasaan salto tersebut, perhatikan dahulu apakah burung dalam keadaan baik atau tidak.
  • Terlalu banyak memberikan EF juga dapat membuat burung cendet salto. Jadi, sobat harus benar-benar bisa memperhatikan takaran dalam memberikan EF pada burung cendet supaya tidak berlebihan.
Itu adalah beberapa penyebab burung cendet salto. Lalu, bagaimana cara yang mudah untuk mengatasi burung cendet salto? Lebih lengkapnya, sobat bisa simak caranya dibawah ini.

Berikut Cara Mudah Mengatasi Burung Cendet Salto

1. Mengubah posisi tenggeran

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jika saat burung salto dan terhalang oleh tenggeran maka sobat perlu mengubah tempat tenggeran tersebut agar burung cendet tidak memiliki ruang yang luas untuk salto.

2. Lebih sering dimandikan

Memandikan burung peliharaan memanglah sangat penting, terutama untuk burung cendet yang salto. Namun ada juga orang yang mengatakan bahwa mandi bukanlah cara yang efektif. Padahal ketika sobat memandikan burung peliharaan dapat menghilangkan stres. Namun ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan agar burung tidak merasa takut yaitu dengan terapi mandi malam.

3. Full kerodong

Cara paling efektif agar burung cendet tidak mudah salto adalah selalu memastikannya full kerodong sampai seminggu atau 2 minggu, setelah itu sobat bisa melihat perubahannya. Jika keadaan burung cendet sudah mulai membaik dan sedikit mendingan pengrodongan bisa dilakukan saat malam hari saja.


4. Mengurangi pemberian EF

Burung cendet bisa menjadi aktif salto karena memiliki tenaga yang cukup banyak dari pemberian EF yang berlebihan. Sehingga burung akan banyak aktivitas dan membuatnya menjadi salto. Maka dari itu kurangilah pemberian EF pada burung cendet, supaya burung tidak banyak tingkah karena memiliki tenaga ekstra.

5. Pengembunan

Proses pengembunan juga sangat dianjurkan saat burung mengalami salto atau saat saltonya tidak parah. Pengembunan tersebut bisa sobat lakukan pada waktu shubuh sebelum matahari terbit. Proses pengembunan tersebut jangan dilakukan terlalu lama, karena jika terlalu lama kebiasaan salto tersebut akan semakin parah.

Penutup

Demikian itulah cara mengatasi burung cendet yang salto, berikanlah perawatan dengan baik dan lakukanlah dengan sabar agar burung cendet bisa segera pulih. Sekian artikel pada hari ini, jika ada pertanyaan, saran atau ingin request artikel langsung tulis dikolom komentar ya.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url