Cara Memandikan Burung Cendet Takut Air yang Benar

CARA MEMANDIKAN CENDET TAKUT AIR

Cara Memandikan Cendet Takut Air - Halo sahabat kicau! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara memandikan burung cendet takut air. Seperti yang kita semua tahu, burung cendet merupakan burung kicau yang dikenal mempunyai suara kicauan merdu dan bervariasi. Burung cendet sudah terkenal di kalangan kicau mania.

Karena kelebihan yang dimilikinya, burung cendet selalu mendapatkan juara di perlombaan. Namun, tanpa kalian sadari burung cendet tidak memiliki suara kicauan yang khas. Jadi semua kicauan yang dikeluarkan ketika berbunyi adalah hasil dari suara isian masteran. Tapi, semua itu tidak perlu dipermasalahkan.

Meskipun suara tersebut berasal dari suara isian masteran, tetapi burung cendet mampu menirukannya dengan cengkok khas cendet dan tentunya dengan perawatan cendet yang benar. Sehingga membuat kicauan tersebut semakin enak didengar. Burung cendet mempunyai sifat fighter yang kuat. Kemampuannya dalam bertarung tidak perlu diragukan lagi.

Di alam liarnya yaitu hutan, burung cendet sering bertarung dengan burung cendet lainnya hanya untuk mempertahankan daerah kekuasaannya. Sehingga burung kicau yang satu ini merupakan burung predator yang sangat agresif dan galak. Ketika kalian memeliharanya hasil dari tangkapan liar, maka cara mengatasi cendet nyekukruk perlu kalian ketahui.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cendet Stres Karena Pindah Sangkar

Dapat dipastikan burung cendet membutuhkan waktu untuk jinak. Beradaptasi dengan lingkungan baru dan bertemu orang asing terkadang membuat burung cendet merasa ketakutan. Tapi semua itu hanya berjalan di awal-awal pemeliharaan, jika cendet sudah cukup lama di rumah dan mendapatkan perawatan yang baik maka cendet akan menjadi jinak dalam waktu dekat.

Tips Memandikan Burung Cendet Takut Air

Saat di alam liarnya burung cendet sangat merasa bebas, namun saat dipelihara cendet harus mengikuti segala aturan perawatan yang diberikan majikannya termasuk manfaat sauna untuk cendet. Namun, ada beberapa burung cendet yang menolak ketika dimandikan dengan alasan mereka takut air.

Oleh sebab itu manfaat mandi malam buat cendet trotol perlu diketahui, simak penjelasan dibawah ini tentang cara memandikan burung cendet takut air. Langkah-langkah yang akan saya jelaskan dibawah ini, dapat kalian lakukan setiap hari secara rutin dengan shampo burung cendet sebagai berikut:

  • Sebelum memandikan burung cendet, sebaiknya jemurlah terlebih dahulu sat sinar matahari masih sangat dan nyaman. Kalian bisa menjemur burung cendet sekitar pukul 7 hingga 9 pagi. Karena pada jam tersebut, burung cendet akan merasa senang sinar matahari masih terasa hangat dan nyaman. Jangan terlalu berlebihan ketika menjemur burung cendet. Apalagi melebihi jam 10 siang, matahari yang panas dapat membuat burung cendte lemas dan bisa saja mati.
  • Lakukan penjemuran sekitar 1 jam pada burung cendet. Selagi menunggu burung cendet dijemur, kalian bisa menbersihkan sangkar burung cendet. Bersihkan juga tempat minum dan tempat makanannya. Jika sudah bersih jangan lupa di refil atau ganti dengan pakan dan minuman baru.

Cara Memandikan Burung Cendet Giras

Metode mandi yang digunakan untuk burung cendet takut air, sebaiknya menggunakan penyemprotan. Setelah burung cendet selesai dijemur, langkah selanjutnya yaitu melakukan penyemprotan yang dilakukan dari ketinggian sekitar 1 hingga 2 meter diatas permukaan sangkar. Semprotan air bisa kalian setting seperti air pancuran, sehingga penampakannya seperti air hujan ringan.

Pemandian dengan penyemprotan bisa kalian lakukan sampai burung cendte basah kuyup. Setelah itu, biarkan burung cendet mengibaskan sayapnya dari air-air tersebut. Nantinya cendet akan mulai diam sendiri dan tenang. Kemudian, lanjutkan penyemprotan dengan pengaturan lembut. Lakukan lagi penyemprotan sampai cendet basah kuyup.

Jika sudah selesai, kalian bisa menjemurnya lagi tapi tergantung cuaca didaerah masing-masing pada saat itu. Usahakan jangan menjemur burung cendet di matahari yang terlalu terik karena akan menyebabkan pentet malas bunyi, untuk waktu maksimalnya sekitar jam 10 siang.

Setelah dijemur, jangan lupa berikan ekstra fooding seperti jangkrik atau kroto sesuaikan seperti biasanya. Kemudian burung cendet boleh dikerodong atau dimasteri, fungsi kerodong untuk cendet yaitu agar lebih tenang ketika dimasteri. Metode pemandian sangat penting untuk burung cendet tersebut, karena mandi juga sangat berpengaruh untuk performanya nanti.

Penutup

Itulah pembahasan kali ini tentang cara memandikan burung cendet takut air. Perawatan mandi sangat penting untuk meningkatkan performa burung cendet. Ketika burung cendet dimandikan, tenaga dan staminanya akan kembali pulih dan tidak malas. Sekian artikel pada hari ini, semoga penjelasan diatas dapat dipahami dan bermanfaat.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama