Cara Mengatasi Burung Cendet Stres Karena Pindah Sangkar

CARA MENGATASI CENDET STRES KARENA PINDAH SANGKAR

Cara Mengatasi Cendet Stres Karena Pindah Sangkar - Halo sahabat kicau! Burung cendet merupakan burung kicau yang sangat disukai para kicau mania. Burung kicau yang satu ini sangat populer di kalangan kicau mania. Hal itu dikarenakan sebab burung cendet mempunyai banyak kelebihan salah satunya adalah suara yang merdu.

Suara kicauan burung cendet memang sangat merdu dan menarik, kelebihan yang dimilikinya dapat menarik semua orang untuk memperhatikannya saat berkicau. Selain memiliki suara yang merdu, burung cendet juga mempunyai tampilan fisik yang menarik dengan ekor panjang menjuntai.

Burung cendet dikenal sebagai burung fighter, di habitat aslinya burung cendet sangat agresif apalagi dengan burung predator lainnya. Mereka bersikap agresif karena melindungi wilayahnya dari gangguan burug kicau lain. Burung cendet hasil tangkapan liar memang membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Selain beradaptasi dengan lingkungan sekitar, cendet juga akan membiasakan dirinya berada dalam sangkar. Karena pada kehidupan sebelumnya, cendet hidup dengan bebas jadi perlu penyesuaian saat sudah menjadi peliharaan orang.

Baca Juga: Pantangan Memelihara Burung Cendet

Tanpa kalian sadari mengganti sangkar juga dapat menyebabkan burung cendet stres. Mungkin bagi sebagian kicau mania menganggap bahwa stres yang dialami burung cendet adalah hal yang wajar. Apalagi stres sering dialami oleh burung cendet yang sensitif. Jadi, saat kalian berfikir untuk mengganti sangkarnya, burung cendet akan sulit berkicau karena membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi.

Namun apabila kalian mengetahui ciri-ciri cendet stres dan cara mengobatinya serta dapat memberikan perawatan yang terbaik tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk membuat cendet bisa berkicau kembali. Perawatan terbaik adalah perawtaan khusus yang dapat menghilangkan tekanan mental dan dapat merefresh otak burung cendet agar bisa lebih tenang dan nyaman.

Diperlukan penanganan yang tepat untuk membuatnya gacor kembali dalam waktu singkat. Jika kalian bingung dengan perawatan khusus yang harus diberikan untuk cendet stres karena pindah sangkar, dibawah ini akan saya jelaskan apa saja langkah-langkah cara mengatasi burung cendet stres karena pindah sangkar. Oleh sebab itu, simak pembahasannya sampai selesai ya.

Langkah-Langkah Mengatasi Cendet Stres Karena Pindah Sangkar

1. Melakukan metode full kerodong

Burung cendet atau burung kicau lainnya yang sedang mengalami stres sampai cendet nabrak sangkar, sebaiknya memang harus di kerodong full. Pengrodongan harus dilakukan terlebih lagi saat burung cendet sedang diganti sangkarnya.

Karena apabila burung cendet dikerodong, akan merasa lebih tenang dan bisa mempercepat masa adaptasi. Saat burung cendet dikerodong, mereka akan cepat melupakan masalahnya sehingga akan lebih cepat berbunyi kembali.

2. Menambah porsi pemberian jangkrik

Apabila biasanya kalian memberkan jangkrik 3/3 setiap pagi dan sore, maka sekarang porsinya harus lebih ditingkatkan. Kalian bisa menambahkan beberapa jangkrik lagi menjadi 5/5 atau 6/6 dan seterusnya hingga cendet kenyang. Selain menambahkan porsinya, jika kalian ingin lebih cepat maka jangkrik bisa diberikan sepuasnya. 

Sampai burung cendet tidak mau lagi memakannya. Metode seperti ini memang sangat dianjurkan, karena kandungan protein pada jangkrik dapat mengendalikan emosi serta mental burung, sehingga burung cendet gacor kembali.

3. Rutin melakukan pengembunan

Pengembunan sudah menjadi hal yang wajib dilakukan, sebab telah menjadi salah satu rangkaian perawatan harian untuk burung cendet. Metode pengembunan bisa menjadi solusi bagi kalian untuk mengatasi burung cendet stres. Saat burung cendet stres sebaiknya harus diembunkan setiap pagi.

Sebab, pengembunan memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan burung cendet. Pengembunan sangat efektif untuk memulihkan mental burung cendet sehingga nantinya cendet akan lebih cepat pulih dan gacor. Jadi, metode pengembunan sangat penting dilakukan.

4. Terapi suara burung cendet

Membuat burung cendet stres menjadi rileks cukup mudah yaitu dengan memutarkan suara-suara alam. Contohnya seperti suara aliran sungai, suara angin, dan suara gemricik air dengan volume sedang dan burung cendet dalam keadaan di kerodong. Dalam posisi ini maka cendet akan semakin tenang dan merasa rileks saat mendengarkan suara tersebut.

Ketika burung cendet merasa nyaman dan tenang, nantinya proses penyembuhan akan semakin cepat. Oleh sebab itu, pemutaran suara-suara alam dapat menenangkan fikiran burung. Kalian bisa mencari suara-suara tersebut di youtube.

5. Memberikan ulat hongkong dan kroto

Selain memberikan jangkrik yang banyak, kalian juga boleh menambahkan ulat atau kroto. Serangga tersebut menjadi kesukaan burung cendet, jadi jika kalian berikan otomatis akan dihabiskan semuanya. Untuk ulatnya terserah kalian mau menggunakan ulat hongkong atau ulat ulat kandang.

Ekstra fooding yang satu ini mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi dibandingkan jangkrik. Oleh sebab itu, pemberiannya sangat direkomendasikan untuk mengatasi cendet stres dan salto.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi cendet stres akibat pindah sangkar. Cara yang saya jelaskan diatas, hampir sama seperti cara mengatasi cendet stres akibat sangkar jatuh dan cara mengatasi burung cendet stres karena perjalanan jauh. Jadi, terserah kalian mau menggunakan cara yang mana.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url