Jangan Dilakukan! Pantangan Memelihara Burung Cendet

PANTANGAN MEMELIHARA BURUNG CENDET

Pantangan Memelihara Burung Cendet - Halo sobat cendet mania! Berjumpa lagi dengan saya di blog Bangparid. Seperti biasa saya akan membahas seputar burung cendet. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi seputar pantangan dalam memelihara burung cendet.10 pantangan yang akan saya jelaskan disini semoga dapat membantu sobat ketika merawat burung cendet.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel-artikel sebelumnya, bahwa merawat burung cendet memang tidak mudah untuk semua orang bahkan sobat kicau yang sudah senior sekalipun. Mereka pastinya juga tetap mengalami masalah atau kendala dalam perawatannya.

Memelihara burung kicau jenis apapun pasti memiliki kendalanya masing-masing, namun ketika memelihara burung cendet yang dibutuhkan adalah ketelatenan dan konsisten terhadap perawatan yang terbaik. Dengan memberikan perawatan yang maksimal pada burung cendet, tidak perlu diragukan lagi burung cendet sobat akan semakin berkualitas.

Baca Juga: Cara Merawat Burung Cendet Dorong Ekor

Ketika memelihara burung cendet ada beberapa pantangan yang harus sobat jauhi. Pantangan adalah suatu tindakan yang harusnya dihindari atau tidak dilakukan. Karena ketika pantangan ini dilanggar, maka anda akan menjumpai berbagai masalah dalam perawatan burung cendet. Oleh sebab itu, pantangan tersebut wajib diketahui oleh seluruh pecinta burung kicau.

Pantangan ini tidak hanya berlaku pada burung cendet saja, namun juga dapat berlaku untuk semua jenis burung kicau lainnya. Sebagai pemilik sobat harus mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk untuk burung kicau peliharaan. Nah, berikut ini adalah beberapa pantangan dalam memelihara burung cendet yang harus sobat ketahui.

Berikut Pantangan Memelihara Cendet

1. Jangan memberi jangkrik langsung dari tangan

Pantangan yang pertama yaitu jangan memberikan pakan jangkrik langsung dari tangan. Tidak hanya memberikan jangkrik saja, namun untuk semua jenis pakan jangan diberikan langsung dari tangan. Mengapa hal ini dilarang dan menjadi pantangan? Padahal cara seperti ini adalah salah satu cara untuk menjinakkan burung kicau.

Memang benar mitos memelihara burung cendet, cara tersebut dapat menjinakkan burung cendet. Namun hanya berlaku untuk burung cendet yang galak atau baru saja di tangkap. Tetapi, jika burung cendet sobat sudah jinak dan tidak galak saat didekati pastinya mereka bisa makan sendiri tanpa di loloh.

Jika sobat sudah terbiasa memberikan jangkrik melalui tangan berarti itu sudah menjadi kebiasaan buruk bagi burung cendet. Kebiasaan buruk seperti inilah yang membawa dampak negatif dan menjadi kelemahan burung cendet yaitu burung cendet menjadi manja, tentu saja masalah ini sangat berpengaruh terhadap kualitasnya di perlombaan.

2. Jangan menyinari cendet dengan lampu tanpa dikerodong

Jangan pernah sobat menyalakan lampu dengan pencahayaan yang terlalu terang di dekat burung cendet tanpa kerodong. Karena pencahayaan yang terlalu terang akan mengundang serangga seperti kleper atau kupu. Tingkah burung cendet yang semakin lincah dan agresif akan berusaha untuk menangkap kleper tersebut, padahal serangga itu sangat beracun.

Dalam waktu dekat burung cendet akan mati jika memakan serangga tersebut. Selain dapat keracunan akibat serangga, pencahayaan yang terlalu terang dan dekat dapat menyebabkan penyakit retina mata, sebab itulah hal ini menjadi pantangan.

Pada malam hari cukup kerodong burung cendet menggunakan kain yang tipis agar tidak terlalu gelap. Jika dalam sangkar terlalu gelap cendet tipe dingin akan klabakan dan nabrak-nabrak ke dalam sangkarnya yang dapat berakibat fatal.

3. Jangan membangunkan cendet ketika sedang tidur

Pantangan selanjutnya adalah jangan membangunkan burung cendet yang sedang tidur secara mendadak. Jika sobat ingin membangunkannya, cukup ketuk-ketuk besi sangkarnya supaya cendet tidak terlalu kaget, karena jika sobat membangunkannya secara dadakan burung cendet bisa stress.

Selain dapat menjadi penyebab cendet stres, jika burung cendet terlalu kaget juga dapat menyebabkan cendet mati mendadak. Oleh sebab itu cara seperti ini memang tidak dianjurkan, karena sangat berbahaya bagi kesehatan burung cendet.

4. Jangan memberikan minuman manis atau asam

Usahakan jangan memberikan minuman yang terlalu manis untuk burung cendet. Mungkin minuman panas dan manis dapat membuat burung cendet gacor, karena mereka memang sangat menyukai minuman manis. Namun mitos burung pentet dalam islam, jika minuman tersebut terlalu manis jangan diberikan untuk burung cendet, karena sangat berbahaya sekali.

Minuman yang terlalu manis dapat menyebabkan kerontokan pada bulu, meningkatkan birahi atau over birahi, dan jika terlalu sering mengonsumsi minuman manis cendet justru akan cepat serak. Meskipun minuman manis tersebut mengandung madu asli dan murni tetap tidak dianjurkan untuk burung cendet.

5. Jangan menyemprot air ke area wajah cendet

Pantangan selanjutnya yaitu ketika memandikan burung cendet menggunakan sprayer atau semprotan, jangan langsung di semprot ke arah wajah burung cendet apalagi dengan tekanan yang kencang. Mengapa dilarang? Karena air yang sobat semprotkan tersebut dapat masuk ke hidung burung cendet dan menyebabkan pilek.

Apalagi burung cendet dalam islam adalah salah satu burung kicau yang rentan terhadap penyakit. Jadi, saat memandikannya cukup semprotkan pada bagian samping tubuh burung cendet.

6. Jangan sering menggoda cendet

Jangan terlalu sering menggoda burung cendet, karena dikhawatirkan nantinya dapat memberikan efek yang buruk ke depannya. Burung cendet yang terlalu sering digoda oleh pemiliknya justru akan semakin bersikap manja, sikapnya ini akan berdampak buruk untuk kualitasnya nanti diperlombaan.

Ketika tidak digoda burung cendet tidak akan berbunyi atau berkicau, namun mitos burung cendet bagi orang jawa pada saat digoda burung cendet akan berbunyi. Jadi, jangan sampai sobat yang malu sendiri akibat bersuara di lapangan perlombaan nanti karena cendet tidak mau berkicau.

7. Jangan menyiuli cendet

Pantangan selanjutnya yaitu dilarang bersiul ketika memanggil burung cendet. Hal ini meskipun sepele ternyata juga dapat memberikan dampak negatif untuk burung cendet. Burung cendet memang dikenal sebagai burung yang cerdas dan pandai menirukan suara isiannya.

Apalagi setiap suara kicau yang ia dengar akan tersimpan langsung dalam otaknya lalu akan ditirukan dan akhirnya cendet dapat menirukan suara siulan sobat yang tidak menarik tersebut. Tentu saja hal ini sama sekali tidak direkomendasikan untuk menyiuli cendet.

8. Jangan membawa cendet berkendara saat malam hari

Selanjutnya pantangan yang harus diperhatikan adalah jangan membawa burung cendet berkendara pada malam hari. Dan kenyataannya sekarang ini masih banyak orang yang membawa cendet berkeliaran di malam hari menggunakan sepeda monto, karena hal ini masih diangap sepele.

Padahal burung cendet sangat mudah sekali mengalami stres yang lebih fatalnya dapat menyebabkan kematian. Meskipun saat di perjalanan burung cendet di kerodong full tetap saja burung cendet mendengar suara-suara kendaran lain. Cendet juga mudah sekali kaget, jadi lebih baik jangan membawanya berkeliaran di malam hari.

9. Jangan mendekatkan dengan burung lain yang sering salto

Selanjutnya yaitu jangan mendekatkan burung cendet dengan burung kicau yang sedang salto. Karena hal ini juga sangat berbahaya untuk kelanjutan burung nanti. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa cendet dapat menirukan burung kicau lainnya.

Dikhawatirkan dalam hal ini cendet menirukan salto yang dialami burung tersebut. Jadi sangat penting ya menghindari burung kicau yang sedang salto, hal itu sudah terbukti menjadi fakta burung cendet.

10. Jauhkan cendet dari benda yang terlalu berwarna mencolok

Jangan sesekali memberikan burung cendet atau mendekatkan burung cendet dengan warna-warna yang mencolok. Karena warna-warna yang terlalu cerah dapat menyebabkan burung cendet bertingkah laku aneh dan menimbulkan masalah yang sangat parah nantinya.

Warna yang dilarang yaitu seperti warna cerah sunkis atau merah. Selain itu warna-warna cerah juga dapat menyebabkan over birahi pada burung cendet, hal ini sudah banyak terbukti bahwa cendet tidak bisa melihat warna yang terlalu cerah.

Kesimpulan

Setiap memelihara burung kicau pasti ada beberapa larangan atau pantangan yang memang harus dihindari agar tidak terjadi suatu masalah yang tidak di inginkan. Oleh sebab itu, penting sebagai pemilik mengetahui hal ini agar tidak salah dalam perawatannya. Jadi selalu waspada dalam merawat burung cendet dan jangan lupa tetap konsisten merawatnya dengan baik.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url