Cara Mencabut Bulu Sayap Burung Cendet yang Susah Mabung

CARA MENCABUT BULU SAYAP CENDET

Cara Mencabut Bulu Sayap Cendet - Halo sahabat kicau mania indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mencabut bulu sayap cendet. Perlu diperhatikan, di artikel sebelumnya saya sudah jelaskan bahwa burung cendet merupakan hewan peliharaan yang sangat lincah dan agresif.

Selain memiliki suara kicauan yang merdu dan bervariasi, burung cendet juga sangat pintar bertarung dengan cendet lainnya. Sehingga burung cendet sangat cocok dijadikan burung gacoan, sebab burung cendet mempunyai sifat fighter.

Penampilan fisik burung cendet sangatlah menarik mata, cendet mempunyai ekor yang panjang dan bulu yang berkilau. Namun, tidak jarang bulu burung cendet yang menarik tersebut sering patah dan kotor. Kejadian seperti ini membuat burung cendet menjadi stres dan tidak mau berbunyi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Ekor Burung Cendet Patah

Banyak sekali faktor penyebab bulu burung cendet patah salah satunya adalah kurang perhatian dalam perawatan serta kurangnya nutrisi. Pada dasarya bulu burung cendet bertekstur keras dan kaku. Jadi tidak bisa lentur, saat burung cendet dimasukkan ke dalam sangkar yang tidak begitu lebar dapat dipastikan burung cendet tidak dapat bergerak dengan leluasa.

Bulu-bulunya akan menyangkut di jeruji sangar dan mengakibatkan patah. Bulu burung cendet yang patah tersebut tidak akan tercabut dengan sendirinya, sehingga dalam hal ini sobat yang harus bertindak untuk mencabut bulu tersebut. Teknik pencabutan bulu burung cendet tidak boleh sembarangan, karena jika dilakukan asal-asalan burung cendet akan merasa kesakitan dan menjauhi sobat ketika didekati.

Jadi, ketiak mencabut bulu ekor burung cendet membutuhkan teknik dan trik khusus supaya cendet tidak merasakan bahwa bulunya sudah tercabut. Lalu, bagaimana tips dan trik mencabut bulu burung cendet? Di bawah ini akan saya jelaskan beberapa tips dan trik ketika mencabut bulu ekor burung cendet dan cara mencabut bulu yang benar.

Tips Mencabut Bulu Sayap Burung Cendet Dengan Benar

Burung cendet yang sedang mengalami kerusakan bulu tidak dapat tempur dengan maksimal karena merasa tidak percaya diri dengan penampilannya yang botak. Jika sobat penasaran dengan tips dan triknya, simak penjelasannya di bawah ini.

Harus dilakukan ketika burung cendet ngurak

Pencabutan bulu sayap burung cendet harusnya dilakukan saat masa ngurak. Selain itu, pencabutan juga boleh dilakukan saat bulu burung cendet sudah ada beberapa yang rontok dan berjatuhan. Hal ini bertujuan, nanti pada saat burung cendet bulunya sudah kembali tumbuh dan masak nguraknya selesai berapa lama sayap burung tumbuh.

Maka bulunya tidak akan mudah rusak, karena berapa lama bulu burung tumbuh setelah dicabut tergantung pada cara mencabut bulu ekor burung cendet dipercaya dapat mempercepat perontokan bulu dan masa ngurak.

Ketahui masa ngurak burung cendet

Pada masa ngurak, sebaiknya sobat harus mencatat. Karena masa ngruak pada burung cendet hanya akan terjadi selama satu tahun sekali. Jika burung cendet tidak mengalami perubahan dan pergantian musim serta lingkungan masa ngurak akan tetap terjadi pada bulan yang sama. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar burung cendte dapat tampil dengan maksimal.

Cara Mencabut Bulu Sayap Burung Cendet Dengan Aman

  1. Pertama saat akan melakukan pencabutan pada burung cendet. Sobat harus memegang burung cendet terlebih dahulu. Namun, saat memegang jangan sampai terlalu erat supaya burung cendet dapat bernafas secara normal. Pemegangan dilakukan dengan tangan sebelah kanan dan tangan kiri menyemptot bagian sayap yang rusak atau patah tersebut. Jika sudah lanjut mencabut dengan tangan kanan dan cabut lagi, lakukan cara seperti itu terus. Apabila bulu cendet sudah tercabut, selanjutnya semprot tubuh burung cendet sampai basah kuyup dan diangin-anginkan.
  2. Apabila bulu burung cendet sudah agak mengering, sobat boleh saja memberikan jangkrik dan kroto. Jika sudah lanjut kerodong full lagi sampai besok hari dan burung cendet diberikan ekstra fooding lagi sesuai dengan porsi biasanya. Setelah itu burung cendet harus di kerodong lagi hingga 3 hari dan tetap diberikan jangkrik. Pada hari ke empat sobat melakukan pengumbaran untuk burung cendet dan pakan voer tetap diberikan.
  3. Sebaiknya pada saat melakukan pencabutan pada bulu sayap dilakukan pada malam hari saja. Apabila bulu sayap burung cendet belum rontok atau belum tuntas jangan pernah menjemur burung cendet secaar berlebihan, dan jangan menarungkan burung cendet dengan cendet lainnya, hal ini akan membuat burung cendet menjadi stress. Saat bulu sayap belum tuntas penjemuran cukup dilakukan selama 15 menit saja.
  4. Saat selesai melakukan pencabutan dan burung cendet sobat mendadak banyak tingkah serta macet bunyi hal ini memang wajar terjadi. Jadi sobat tidak perlu panik sebab burung cendet juga masih merasakan kesakitan pada sayapnya akibat pencabutan dan juga dalam tahap pertumbuhan bulu baru.
  5. Jika semakin hari burung cendet semakin banyak tingkah, dan tidak mau berbunyi. Sobat cukup melakukan pencolekan pada sayapnya saja, maka dipastikan burung cendet akan diam dan tidak bergerak.
Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai cara mencabut bulu sayap burung cendet. Sebenarnya, pencabutan bulu sayap burung cendet hampir sama dengan bulu ekor cendet dan hal ini harus dilakukan perlahan. Apabila bulu burung cendet sudah tercabut, tetap lakukan perawatan sebaik mungkin agar bulu cepat tumbuh dan cendet tidak botak.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url