Cara Mengatasi Burung Cendet Ciak Ekor Dengan Benar

CARA MENGATASI CENDET CIAK EKOR

Cara Mengatasi Cendet Ciak Ekor - Selain dikenal mempunyai suara yang merdu saat berkicau dan dianggap sebagai burung kicau paling agresif, ternyata burung cendet yang satu ini memiliki kebiasaan buruk yang sering terjadi loh. Kebiasaan buruk yang sering dialami burung cendet adalah ciak ekor. Apa sih yang dimaksud ciak ekor?

Ciak ekor adalah suatu keadaan dimana burung cendet mematuk bulu ekornya sendiri hingga rusak parah. Keadaan seperti ini sering dikeluhkan oleh pemilik burung cendet. Kebiasaan buruk semacam ini harus dihilangkan dengan setingan cendet ciak ekor agar tidak keterusan dan semakin menjadi-jadi. Burung cendet memiliki tampilan ekor yang tidak kalah cantik dari burung kicau lainnya.

Namun apa jadinya jika mereka mematuki ekornya sendiri hingga rusak? Pasti dapat mempengaruhi perfomanya ketika dilombakan. Sebagai pemilik sobat harus pengertian, jika cendet peliharaan mengalami masalah seperti ini sebaiknya segera ditangani dengan cara mempercepat cendet dorong ekor.

Selain menyebabkan burung cendet rusak, jika cendet terus menerus mematuki ekornya maka ekor akan patah dan tidak bisa menjuntai kembali. Perlu waktu untuk cara menumbuhkan ekor cendet yang patah, jadi jangan dibiarkan ya apabila cendet mengalami ciak ekor.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Birahi Pada Burung Cendet

Mengatasi ciak ekor pada burung cendet sebenarnya tidak mudah, butuh waktu untuk melakukannya hingga pulih total. Cara untuk mengatasinya yaitu disesuaikan saja dengan penyebab ciak ekor tersebut. Apa saja penyebabnya dan jika sudah mengetahui sobat bisa langsung mencari penanganan yang tepat agar masalah buruk tersebut bisa hilang dari diri burung cendet.

Cara Mengatasi Cendet Ciak Ekor Dengan Mudah

Berikan vitamin dan mineral yang cukup

Apabila ciak ekor yang dialami burung cendet terjadi karena kekurangan vitamin dan mineral, untuk mengatasinya sobat harus memberikan makanan yang mengandung vitamin dan bergizi tinggi untuk burung cendet. Contoh makanan yang memiliki protein dan gizi yang tinggi yaitu kroto, jangkrik, ulat hongkong dan lain sebagainya.

Jangan lupa pula untuk memberikan multivitamin pada burung cendet, dengan begitu kebutuhan mineral serta vitaminnya sudah tercukupi. Sebab burung yang biasanya dipelihara manusia asupan nutrisinya kurang terpenuhi.

Beda lagi jika burung hidup dialam bebas, mereka dapat memenuhi kebutuhannhya sendiri. Jika hidup dalam sangkar seluruh hidupnya kedepan tergantung pada pemiliknya saat ini. Jadi sobat harus benar-benar memperhatikannya sebaik mungkin, untuk cara mengatasi cendet kanibal.

Memulihkan mental cendet

Burung cendet sering mengalami kalah mental yang dapat mengakibatkan stress dan drop pada dirinya. Sehingga masalah lain dapat muncul seperti ciak ekor, untuk mengatasinya sobat harus melakukan isolasi pada burung cendet. Carilah ruangan yang sepi dan tidak pernah dikunjungi orang atau jauh dari keramaian.

Biarkan cendet berada disana selama beberapa hari hingga pulih. Sembari melakukan karantina dirumah, sobat boleh memberikan ekstra fooding untuk burung cendet. Dan porsi yang diberikan sebaiknya ditambah agar burung cendet merasa senang dan melupakan masalahnya. Untuk perawatan hariannya, tetap harus dilakukan seperti biasa.

Menstabilkan birahinya

Jika ciak ekor disebabkan karena burung cendet over birahi, maka untuk mengatasinya sangat mudah sekali yaitu dengan mengatasi burung cendet over birahi seperti mengurangi pemberian ekstra fooding seperti kroto, jangkrik, ulat hongkong dan lain sebagainya.

Durasi pemandian bisa sobat tambah dan penjemuran dikurangi, atau mungkin juga bisa tidak melakukan penjemuran terlebih dahulu. Namun, jika khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan dengan kesehatan burung cendet, sebaiknya dikurangi saja penjemurannya.

Bersihkan sangkar dan bulu agar terbebas dari kutu

Biasanya ciak ekor yang terjadi pada burung cendet karena adanya kutu yang menyerang tubuh cendet terutama bagian ekor. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian terhadap kebersihan sangkar dan tangkringan yang menyebabkan kutu bersarang. Untuk mengatasinya, sobat harus sering mencuci kandang minimal sekali dalam seminggu.

Apabila sudah terlanjur banyak kutu yang menyerang cendet, mandikan burung cendet menggunakan air dari sari daun sirih atau bisa juga sobat menggunakan air bekas cucian beras, lakukan cara diatas sampai berapa lama ekor cendet tumbuh setelah dicabut.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi cendet ciak ekor dan cara mengatasi cendet botak. Bagaimana sudah paham kan? Setiap masalah yang dialami burung cendet, pasti penyebabnya ada pada burung cendet itu sendiri atau perawatan sobat yang salah. Oleh karena itu koreksi perawatan yang telah dilakukan dan segera benahi.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url