Cara Mengatasi Burung Cendet Dikerodong Kelabakan

CARA MENGATASI CENDET DIKERODONG KELABAKAN

Cara Mengatasi Cendet Dikerodong Kelabakan - Burung cendet dikenal sebagai burung kicau yang mempunyai karakter petarung yang hebat dan garang. Tidak jarang burung cendet selalu menang saat bertarung dengan burung kicau lainnya. Memiliki lingkaran hitam disekitar mata membuat burung cendet terlihat sangat galak.

Selain dikenal galak dan agresif, ternyata cendet mempunyai kelebihan yaitu memiliki suara kicauan yang merdu dan menarik. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak sekali kicau mania yang ingin memeliharanya. Sebenarnya memelihara burung cendet tidak hanya untuk dijadikan burung gacoan saja.

Tetapi kalian juga bisa memeliharanya dirumah dengan burung kicau saja. Meskipun dikenal agresif dan bersuara merdu, ternyata burung cendet juga sering bersikap miyik dan salto tidak jelas. Apalagi burung cendet hasil tangkapan liar yang belum jinak full pasti sering kelabakan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cendet Salto

Burung cendet yang baru saja ditangkap memang memerlukan adaptasi terlebih dahulu. Permasalahan seperti ini sering terjadi ketika melakukan perawatan kerodong pada burung cendet. Karena burung cendet yang awalnya hidup dengan bebas, sekarang berubah drastis dengan hidup dalam sangkar.

Burung cendet seperti ini akan sering kelabakan saat melalui proses perawatan. Kelabakan sering terjadi saat melakukan metode kerodong. Lalu, bagaimana cara mengatasi cendet kelabakan? Apakah cendet kelabakan bisa disembuhkan? Tentu saja bisa, sebab hal ini terjadi karena beberapa penyebab.

Salah satu penyebabnya adalah burung cendet belum terbiasa dengan perawatan tersebut. Dibawah ini akan saya jelaskan cara mengatasi burung cendet kelabakan saat di kerodong, namun sebelum itu kalian perlu mengetahui ciri-ciri cendet stres dan cara mengobatinya.

Cara Mengatasi Cendet Giras Saat Dikerodong

Burung cendet yang mengalami kelabakan sebenarnya ada penyebabnya yang mungkin belum kalian ketahui. Salah satu faktor penyebab kelabakan pada burung cendet yaitu karena cendet sedang giras. Namun, jika kelabakan terjadi saat melakukan perawatan tertentu berarti burung cendet masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perawatan tersebut.

Biasanya perawatan yang digunakan oleh kicau mania tidak pernah dialami burung cendet sebelumnya. Contohnya seperti metode kerodong pada burung cendet, oleh sebab itu tidak heran jika burung cendet menolaknya dengan cara kelabakan. Saat burung cendet kelabakan, sebaiknya jangan dihentikan perawatannya. Namun jangan terlalu dipaksa juga supaya cendet tidak stres.

Membeli kerodong tembus pandang

Cara pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan membeli kain kerodong yang tipis dan berwarna cerah. Mengapa harus berwarna cerah? Sebab, burung cendet masih dalam tahap pengenalan. Dengan warna yang cerah dan berbahan tipis, cendet masih bisa melihat keadaan sekitar melalui pori-pori dari serat kain tersebut.

Apalagi saat ini sudah mulai maju dan berkembang, banyak sekali orang yang menjual kain kerodong burung dengan berbagai motif dan warna yang cantik. Sehingga kalian bisa memilih warna yang cerah dan polos atau warna cerah bermotif. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, jadi kalian tidak perlu khawatir untuk mengoleksinya.

Resleting kerodong jangan ditutup

Pada tahap awal pengrodongan, sebaiknya resleting dibuka sebagian atau kain dinaikkan separuh. Pada saat malam hari juga begitu, lakukan dengan cara yang sama dan jangan lupa taruh cendet di ruangan yang tenang dan sepi dari keramaian.

Pasang lampu

Pasangkan lampu juga dibagian atas supaya cendet merasa hangat. Proses kerodong seperti ini harus kalian lakukan hingga beberapa hari kedepan atau sampai burung cendet terbiasa dengan kerodong. Jika sudah terbiasa, saatnya kalian mengganti kerodong dengan warna yang lebih gelap dan berbahan tebal.

Mulai ganti kerodong yang tebal

Kain kerodong yang tebal sangat cocok untuk menjaga burung cendet dari gangguan hewan predator lain dan membuatnya lebih aman. Pilih juga kerodong yang pres bodi agar tidak ada celah untuk melihat kearah luar.

Akhir Kata

Kerodong sangat bermanfaat untuk burung kicau salah satunya burung cendet. Meskipun pada awalnya burung cendet menolak untuk dikerodong, bukan berarti kalian menghentikan perawatannya. Kalian harus membiasakan burung cendet dengan kerodong supaya terbiasa.
Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama