Cara Mengatasi Burung Cendet Stres Akibat Sangkar Jatuh



CARA MENGATASI CENDET STRES AKIBAT SANGKAR JATUH

Cara Mengatasi Cendet Stres Akibat Sangkar Jatuh - Halo sobat kicau mania! Jumpa lagi dengan saya di blog Bangparid. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengatasi burung cendet stres akibat sangkar jatuh. Masalah seperti ini kerap sekali terjadi pada kicau mania. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa merawat burung cendet atau burung kicau lainnya tidaklah mudah seperti yang dibayangkan, masalah apapun bisa saja terjadi begitu saja.

Burung cendet yang awalnya sangat gacor tak terhenti tiba-tiba mendadak diam seketika. Tentu hal ini mengundang tanya pemilik nya, mengapa burung cendet mendadak macet. Burung cendet macet mendadak biasanya disebabkan oleh sangkar yang jatuh, dan kasus seperti ini sudah sering terjadi dan dapat menyebabkan burung cendet stres.

Masalah seperti ini memang benar adanya, meskipun kejadian sangkar jatuh adalah masalah sepele tapi dapat menyebabkan burung stres mendadak loh. Bagaimana tidak stres, sangkar yang jatuh ibarat tubuh dijatuhkan dari atas gedung yang tinggi. Dan jika burung digantung pada ketinggian 3 – 4 meter, saat terjatuh pasti akan terasa sakitnya.

Selain itu belum lagi nanti ada bagian tubuh yang patah atau terluka. Sehingga wajar saja jika setelah sangkar terjatuh burung cendet menjadi macet bunyi. Lalu, bagaimana cara mengatasi cendet stres dan giras akibat terjatuh dari sangkar? Bagaimana cara memulihkan suaranya?.

Proses penyembuhan atau pemulihan burung cendet yang stres akibat sangkar jatuh memang membutuhkan waktu yang cukup lama, sebab setelah mengalami kejadian tersebut burung cendet sedang mengalami trauma dan hidupnya diambang maut. Tidak hanya burung, manusia saja jika terjatuh dari ketinggian pasti ketakutan dan kaget.

Baca Juga: Ciri Ciri Cendet Stres dan Cara Mengatasinya

Hewan seperti burung cendet pun juga merasakan hal tersebut. Dibawah ini ada beberapa langkah cara mengatasi cendet stres akibat kandang jatuh dengan obat burung stres paling ampuh.

Cara Mengatasi Burung Stres Akibat Sangkar Jatuh

1. Meletakkan burung di tempat yang tenang

Setelah mengalami tragedi buruk, tentu saja cendet merasakan trauma pada dirinya. Dalam hal ini anda sebaiknya mencari tempat yang aman dan tenang untuk tempat burung cendet. Anda bisa mencari tempat atau ruangan dirumah yang menurut anda cukup tenang dan jauh dari keramaian.

Jika sudah menemukan ruangan yang cocok, selanjutnya anda bisa menggantung burung di tempat tersebut. Gantung burung cendet selama beberapa hari kedepan tanpa bertemu burung lain dan mendengar suara burung lain.

Cara ini paling lama dilakukan selama 7 hari atau semingguan. Setelah itu anda bisa melihat perkembangannya, apabila kondisinya sudah membaik cendet bisa diajak keluar. Tetapi, jika masih stres biarkan cendet tetap di dalam dan tunggu kondisinya pulih.

2. Lakukan metode full kerodong

Jika burung cendet sedang dikarantina selama beberapa hari kedepan, usahakan anda harus melakukan full kerodong. Pastikan ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang bagus dan pencahayaan dari lampu agak remang-remang.

Karena pada saat burung cendet stres, mereka membutuhkan waktunya untuk menyendiri. Burung kicau yang stres akan mulai membaik jika didiamkan dalam kondisi full kerodong dengan arti sangkar burung jatuh.

3. Memutarkan musik relaksasi

Burung cendet yang stres akan terus memikirkan hal yang tidak-tidak tentang dirinya sendiri. Apalagi setelah kejadian tersebut biasanya membuat burung cendet mengalami trauma yang cukup mendalam, sehingga perlu waktu untuk sendiri sebagai bentuk penenang. Saat burung cendet menyendiri dalam suatu ruangan, anda bisa memutarkan alunan lagu relaksasi.

Contohnya seperti suara hujan, suara aliran sungai, suara angin dan suara alam yang hijau seperti dihutan. Putarkan music tersebut dengan volume yang sedang, agar burung cendet dapat menikmati setiap alunan tersebut dan membuatnya semakin rileks.

4. Lakukan metode mandi malam

Untuk mengatasi burung cendet macet bunyi karena stres, metode mandi malam bisa menjadi solusinya. Biasanya metode seperti ini sering dilakukan setelah sholat maghrib, sebaiknya metode mandi malam jangan dilakukan terlalu malam hari karena udaranya semakin dingin. Karena jika dilakukan saat malam hari burung cendet bukannya sembuh malah semakin parah.

Pada saat melakukan mandi malam, anda cukup menyemprot tubuhnya dengan ringan dan lembut cukup sampai bulunya basah kuyup. Hal ini dilakukan agar tubuhnya menjadi segar, setelah itu letakkan burung cendet dibawah lampu agar merasa sedikit hangat.

5. Rutin melakukan pengembunan

Metode pengembunan sering dilakukan oleh para kicau mania, dan metode ini sudah menjadi salah satu rangkaian perawatan harian yang wajib dilakukan. Pengembunan biasanya dilakukan setelah sholat shubuh atau sebelum matahari muncul. Karena udara saat pagi hari terasa sangat sejuk dan bisa membangkitkan semangat burung cendet untuk terus berkicau.

Udara pagi juga mampu menghilangka stres, jadi metode ini cocok untuk cendet yang macet bunyi dan stres. Pengembunan biasanya dilakukan dibawah pohon atau menggantung sangkar burung cendet dibagian teras rumah, lakukan metode pengembunan hingga matahari muncul.

6. Memberikan pakan atau EF sepuasnya

Saat burung cendet stres, sebaiknya berikanlah makanan yang enak-enak sepuasnya hingga cendet merasa kenyang dan puas. Karena menurut kicau mania, saat perut cendet kenyang maka cendet stres ganti sangkar pun akan hilang.

Jika anda memiliki ekstra fooding kesukaan cendet, maka berikanlah sepuasnya hingga cendet kenyang. Pemberian makanan sepuasnya bertujuan untuk membuat burung cendte merasa senang, sehingga nanti stresnya akan hilang.

Cara Memulihkan Mental Cendet yang Hilang

Dekatkan dengan burung lain

Mencoba mendekatkan burung cendet yang stress dengan burung kicau lainnya. Jika mentalnya sudah mulai membaik dan naik, mulailah mempertemukan burung cendet dengan burung kicau lain. Dengan begitu anda bisa melihat perkembangannya, apakah cendet sudah berani melawan atau justru diam.

Ajak cendet jalan-jalan

Mengajak burung cendet pergi ke gantangan juga bisa mengembalikan perfomanya yang hilang akibat stress. Jika perfoma burung cendet sudah meningkat dan terlihat sangat fighter, waktunya anda menguji burung cendet di gantangan.

Untuk masalah menang atau tidaknya, tidak perlu dipikirkan karena hal ini bertujuan untuk mengetes apakah cendet sudah tidak stres dengan mengetahui ciri-ciri cendet stres.

Berikan masteran cendet

Memperdengarkan suara burung sejenis bisa menjadi pilihan anda untuk mengembalikan performa cendet. Dengan memperdengarkan suara burung kicau sejenis, menggunakan volume yang pelan supaya burung tidak drop mental.

Usahakan untuk tidak melakukan tatap muka dahulu dengan burung cendet lain, cukup melalui suara-suaranya saja. Untuk suaranya anda bisa memutarkan suara cendet dari mp3 atau video yang ada di youtube.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan tentang cara mengatasi cendet stres akibat jatuh dari sangkar. Pemulihan cendet stres akibat jatuh dari sangkar membutuhkan waktu yang lama, sehingga anda harus sabar dan lakukan cara mengatasi burung cendet stres karena perjalanan jauh diatas dengan konsisten untuk memulihkannya.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url